Cara Memperbaiki Error Yang Sering Terjadi Pada Android Studio

Berikut ini yakni beberapa persoalan error yang paling sering terjadi pada Android Studio :



  1. Cara Memperbaiki error ActivityNotFoundException


Biasanya, Error ini terjadi ketika Anda lupa mendeklarasikan Aktivitas dalam Manifes projek Anda.



  1. ClassCastException


Java memungkinkan Anda mentransmisikan variabel dari satu jenis ke tipe yang lain, selama proses ini terjadi, di antara tipe data yang kompatibel. ClassCastException mengatakan bahwa Anda telah mencoba mentransmisikan objek ke subkelas sehingga bukan merupakan instance , contohnya mencoba mentransmisikan String ke Integer. Untuk mengatasi kesalahan ini, navigasikan ke potongan isyarat Anda yang ditunjukkan didalam pesan kesalahan tersebut .



  1. Error converting byte to dex


Jika Anda mengalami kesalahan ini, maka cobalah membersihkan (Clean> Build Project) dan buat kembali proyek Anda (Build> Rebuild Project). Jika ini tidak berhasil, periksa apakah nama paket yang Anda gunakan sudah sesuai dengan nama paket dalam Manifest proyek Anda.



  1. INSTALL_FAILED_INSUFFICIENT_STORAGE


Kesalahan ini sanggup terjadi dikala Anda mencoba menginstal suatu proyek di perangkat Android Virtual Device (AVD) atau perangkat Android fisik, dan perangkat tidak mempunyai cukup penyimpanan.


Jika Anda memakai AVD, tutup dan luncurkan kembali ‘AVD Manager’. Temukan AVD yang ingin Anda gunakan, kemudian klik ikon ‘Edit’. Pada jendela yang muncul, pilih ‘Show Advanced Settings’, gulir ke potongan ‘Memori dan Penyimpanan’ dan tingkatkan jumlah ruang yang tersedia untuk AVD Anda. Jika Anda memakai tablet atau smartphone Android fisik, maka inilah saatnya membersihkan file yang tidak mempunyai kegunaan pada perangkat Anda untuk menambah kapasitas memori Android Anda, contohnya dengan mencopot pemasangan aplikasi atau membersihkan beberapa file media yang sudah tak terpakai.



  1. NullPointerException


Pesan “NullPointerException” terjadi dikala Anda memakai rujukan yang menunjuk ke ‘no location’ di memori (null) seakan-akan Anda merujuk sebuah objek. Sebagai contoh, mungkin Anda mencoba memanggil metode instance dari objek null, atau memodifikasi slot dari nol seakan-akan itu yakni array.


Aplikasi Anda kemudian akan mencoba untuk memakai null dimana sebuah objek dibutuhkan, menghasilkan NullPointerException.


Untuk memperbaiki NullPointerException, Anda biasanya perlu mengidentifikasi nilai yang menjadikan pengecualian, kemudian cari di mana nilai-nilai ini harus ditetapkan, dan disesuaikan.



  1. R.layout.main Cannot Be Found / Cannot resolve symbol R


Ada banyak sekali persoalan yang sanggup menjadikan kesalahan ini, namun solusinya biasanya cukup mudah: cukup bersihkan (Build> Clean) dan buat kembali project Anda (Build> Rebuild Project). Anda mungkin perlu mengulangi proses ini beberapa kali sebelum pesan kesalahan berhenti muncul.


Jika perbaikan cepat ini tidak berhasil, periksa apakah Anda merujuk semua file sudah sesuai atau belum. Jika Anda melihat kesalahan ini muncul  setelah memindahkan beberapa file atau direktori Java, sebab IDE menyimpan gosip ihwal struktur proyek Anda, pilih ‘File> Invalidate Cache / Restart’ dan kemudian klik tombol ‘Invalidate and Restart’. Bersihkan dan rebuild kembali proyek Anda.



  1. OutofMemoryError


Ada banyak penyebab potensial munculnya error OutOfMemoryError, namun penyebab yang paling umum diantaranya yakni , memuat bitmap besar dan kebocoran memori. Cara perbaikannyapun akan bervariasi tergantung pada penyebab terjadinya OutOfMemoryError, jadi Anda harus melacak masalahnya sebelum Anda sanggup menuntaskan solusinya. Misalnya, kalau kesalahan ternyata terkait dengan bitmaps memory-hogging yang besar, kemungkinan perbaikan yang akan Anda lakukan yakni untuk memuat bitmap pada skala yang lebih rendah.


Android Studio hadir dengan banyak sekali alat yang sanggup membantu Anda menganalisis cara aplikasi memakai memori, termasuk Monitor Memori, Pelacak Alokasi, Penampil HPROF, dan tab ‘Heap’ dari Device Android, gunakan fitur ini.



  1. Only the original thread that created a view hierarchy can touch its views


Error ini terjadi dikala Anda mencoba mengupdate view dari thread manapun selain thread UI. Untuk mengatasi persoalan ini, pastikan Anda melaksanakan tindakan apa pun yang melibatkan antarmuka pengguna aplikasi Anda di untaian UI saja.


Jika Anda perlu mengakses thread UI dari line lainnya, Anda sanggup memakai runOnUiThread.



  1. Too many field references


Pesan ini akan ditampilkan setiap kali project Anda menyertakan lebih dari 65536 referensi, sebab ini yakni jumlah rujukan maksimum yang sanggup dipanggil oleh satu file bytecode dex tunggal.


Cara memperbaiki error ini, Anda mempunyai dua pilihan:



  1. mengurangi jumlah rujukan dalam proyek Anda

  2. atau mengonfigurasi aplikasi Anda untuk memakai lebih dari satu file dex.


     10.  NetworkOnMainThreadException


Cara memperbaiki error NetworkOnMainThreadException yakni Anda perlu memindahkan isyarat yang bekerjasama dengan Internet ke thread terpisah. Sebagai alternatif, Anda sanggup memakai AsyncTask atau IntentService untuk membungkus operasi jaringan Anda di thread .



  1. Activity has leaked window that was originally added here


Error ini berarti Anda telah keluar dari Aktivitas sebelum obrolan ditutup. Untuk mengatasi persoalan ini, pastikan Anda menghentikan () untuk menutup obrolan sebelum keluar dari Aktivitas Anda.



Sumber https://bacolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Memperbaiki Error Yang Sering Terjadi Pada Android Studio"

Posting Komentar