Cara Efektif Melaksanakan Rekrutmen Karyawan Di Zaman Digital

hari di mana calon kandidat mengirim surat lamaran kerja via pos dengan resume dan CV berb Cara Efektif Melakukan Rekrutmen Karyawan di Zaman Digital

Hari –hari di mana calon kandidat mengirim surat lamaran kerja via pos dengan resume dan CV berbasis kertas tampaknya sudah berakhir. Kini, sudah banyak alat – alat digital yang lebih modern mengatakan sejumlah cara gres untuk mengevaluasi potensi dan keterampilan para calon kandidat pekerja.

Jika di masa lalu, sulit memilah calon karyawan hanya menurut surat riwayat hidup di atas kertas, di masa modern, tim HR cukup menyeleksi calon pekerja potensial dalam beberapa klik dengan pertolongan aneka macam aplikasi. Selamat tiba di zaman digital, di mana ada beberapa cara efektif dan inovatif untuk melaksanakan rekrutmen terhadap karyawan terbaik bagi perusahaan Anda:

1. Uji keterampilan Calon Kandidat

Dalam proses lamaran kerja konvensional, para calon kandidat diminta mengirimkan portofolio atau sampel kerja, maupun menjalani tes singkat selama proses wawancara.

Namun, beberapa perusahaan yang modern, mencoba melaksanakan cara rekrutmen yang lebih kreatif. Sebagai contoh, para calon kandidat sanggup mengirimkan atau mengajukan surat lamaran kerja ke dalam bentuk halaman isyarat (landing pages) yang dibangun di atas platform perusahaan. Hal ini untuk memastikan bahwa calon karyawan sudah terbiasa dengan produk dan bisa memasarkan produk perusahaan dengan gampang kepada orang lain.
2. Menggunakan Teknologi Digital

Bukan bermaksud “memata-matai” calon kandidat yang potensial, tetapi tim HR sanggup memakai media umum untuk menemukan dan mengetahui kepribadian calon kandidat.
Bahkan, tim HR sanggup meminta calon karyawan memakai pengenalan diri dengan video biar bisa melihat karakteristik individu. Seperti bahasa tubuh, selera humor, dan cara berbicara si kandidat. Selain itu, dari sini juga sanggup diketahui sejauh mana keterampilan karyawan memakai teknologi berbasis digital.
3. Pasang Iklan di Situs – Situs yang Relevan

Selain menemukan calon kandidat yang cerdas dan berketerampilan tinggi di bidang teknologi, yang tidak kalah penting yaitu menemukan kandidat yang tertarik atau berminat dengan perusahaan Anda. Cobalah untuk memasang iklan lowongan kerja di situs – situs yang berkaitan dengan bidang teknologi atau bidang yang digeluti perusahaan. Mendapat kandidat yang bersemangat, antusias dan tertarik secara vertikal terhadap perusahaan jauh lebih berharga, ketimbang kandidat yang bertalenta tetapi tidak tertarik berkembang bersama perusahaan.


4. Jujur dan Natural


Opsi lain untuk merekrut calon kandidat terbaik yaitu membuat video perihal perusahaan Anda. Video ini menampilkan manajer, pewawancara dan karyawan atau staf yang berbicara perihal perusahaan apa adanya. Bagaimana deskripsi pekerjaan dan kiprah – kiprah mereka, serta bagaimana perusahaan sanggup melibatkan karyawan dalam membuat budaya kerja yang kondusif. Sehingga, siapa saja yang ingin bergabung dalam perusahaan akan menjadi rekan kerja yang solid dan berkiprah dengan baik.
 5. Media Sosial

Patut diingat, kadang kandidat terbaik sudah pernah bekerja alias mempunyai pengalaman kerja bertahun – tahun. Tetapi, tidak ada salahnnya mencoba menjangkau dan memperlihatkan pekerjaan melalui akun media umum masing – masing kandidat. Banyak situs jejaring sosial menyerupai Facebook atau LinkedIn yang memungkinkan tim HR mencari kandidat potensial menurut jabatan, perusahaan atau minat.

Dengan menambahkan teknik-teknik di atas ke dalam taktik perekrutan Anda, Anda sanggup memperluas jangkauan dan meningkatkan peluang untuk menemukan kandidat yang sempurna. Manfaatkan fitur Aplikasi rekrutmen karyawan dari Software LinovHR yang fleksibel dan efektif menjaring bakat terbaik bagi perusahaan. Hubungi tim LinovHR kini juga untuk uji coba gratis. [bt]

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Efektif Melaksanakan Rekrutmen Karyawan Di Zaman Digital"

Posting Komentar