Cara Budidaya Tanaman Hias Kantong Semar

Tanaman kantong semar atau yang berjulukan latin Nepenthes (di luar negeri dikenal sebagia monkey cup plant atau pitcher plant) merupakan salah satu tumbuhan hias yang banyak dibudidayakan alasannya bentuknya yang unik dan berbeda dengan tumbuhan hias lain.


Kantung semar juga dikenal sebagai tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat, salah satunya sebagai obat herba. Hampir semua bab tumbuhan ini mempunyai khasiatnya masing-masing, misalnya:



  1. Cairan atau nektar yang ada di bibir kantong sanggup dipakai sebagai obat luka bakar dan radang mata.

  2. Daun kantong semar sanggup dipakai untuk menyembuhkan sakit kulit dan penahan darah.

  3. Akarnya sanggup dimanfaatkan sebagai obat penyakit disentri.

  4. Dan batangnya sanggup dipakai untuk obat batuk dan demam.


Alasan Budidaya Nepenthes: Mengapa Harus Nepenthes?


 merupakan salah satu tumbuhan hias yang banyak dibudidayakan alasannya bentuknya yang unik da Cara Budidaya Tanaman Hias Kantong Semar
Budidaya nepenthes itu menantang alasannya ada begitu banyak kultivar nepenthes di seluruh dunia dan masing-masing punya karakteristik sendiri. Disini kami akan membahas nepenthes secara umum.

Memiliki banyak fungsi dan bentuk yang unik menciptakan tumbuhan kantong semar mempunyai nilai lebih daripada tanaman hias lainnya. Banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan tumbuhan ini dan menimbulkan kantong semar sebagai sumber penghasilan mereka.


Konon tumbuhan kantong semar mempunyai harga jual yang tinggi, apalagi jikalau dijual ke luar negeri. Indonesia sendiri dikenal sebagai kawasan endemik beberapa jenis nepenthes yang banyak diburu kolektor kelas dunia, varietas kantong semar ini tumbuh di hutan-hutan di Indonesia.


Jika Anda tertarik untuk membudidayakan tumbuhan kantung semar, mari kita simak cara membudidayakan kantung semar di bawah ini:


Cara Memilih Bibit Nepenthes


Ada berbagai jenis tumbuhan kantung semar yang ada di dunia ini. Namun jikalau Anda ingin menjual tumbuhan ini, Anda sanggup menentukan bibit kantung semar jenis gracillis atau reinwardtiana atau ampullaria. Ketiga jenis kantung semar ini banyak dicari orang terutama bagi pemula yang gres tertarik menanam alasannya relatif mudah. Tapi ada banyak sekali jenis kantong semar yang dibedakan dari bentuk daun maupun kantong atau pitchernya, selengkapnya kami buatkan satu artikel sendiri yang membahas ihwal jenis-jenis nepenthes.


Cara Menyiapkan Media Tanam Nepenthes


Untuk menanam kantong semar, Anda membutuhkan media tanam berupa tanah dan sekam bakar yang lembap dan tidak terlalu padat. Usahakan media tanam tidak terlalu kering atau terlalu banyak air. Media lain yang sanggup dipakai untuk menanam kantung semar yaitu cocopeat yang dicampur dengan sekam bakar memakai perbandingan 1:1.


Cara Budidaya Nepenthes


Ada dua cara yang sanggup dipakai untuk membudidayakan tumbuhan kantung semar:


a) Menggunakan biji


 merupakan salah satu tumbuhan hias yang banyak dibudidayakan alasannya bentuknya yang unik da Cara Budidaya Tanaman Hias Kantong Semar



  • Isi pot dengan media di atas kemudian basahi dengan sedikit air

  • Tabur biji dan tekan ke dalam tanah secara perlahan

  • Tutup pot memakai plastik tembus cahaya dan beri lubang-lubang kecil memakai jarum

  • Biji akan mempunyai tunas sekitar 1-3 minggu, jikalau sudah tumbuh sekitar 3-5 cm gres dipindah ke pot baru

  • Potong ujung pucuk biar kantung cepat muncul


b) Menggunakan stek batang


 merupakan salah satu tumbuhan hias yang banyak dibudidayakan alasannya bentuknya yang unik da Cara Budidaya Tanaman Hias Kantong Semar



  • Pilih tumbuhan kantung semar yang berumur satu tahun dan minimal tingginya sekitar 1 meter

  • Potong batang sepanjang 15 cm dan sisakan 3-4 ruas daun

  • Potong setengah helai daun untuk mencegah penguapan, dan potong hingga pangkal daun biar stek gampang masuk

  • Tanam batang stek memakai polybag ukuran normal yang dasar dindingnya sudah dilubangi. Sebelum menanam stek olesi dulu bab bawah stek batang dengan hormon pemacu akar dan pencegah jamur.


Cara Merawat Nepenthes


 merupakan salah satu tumbuhan hias yang banyak dibudidayakan alasannya bentuknya yang unik da Cara Budidaya Tanaman Hias Kantong Semar
Jika merawat nepenthes dengan anggun maka tumbuhnya akan indah ibarat di gambar.

Merawat kantung semar tergolong mudah. Kantong semar tidak membutuhkan pupuk dan nutrisi, alasannya nutrisi tumbuhan ini berasal dari serangga yang ditangkapnya. Karena itu letakkan kantung semar di luar ruangan atau di tempat yang sekiranya banyak terdapat serangga. Atau jikalau Anda tinggal di kawasan yang jarang ditemukan serangga, Anda sanggup secara manual menawarkan nutrisi berupa fosfor, garam, dan kalium untuk tumbuhan Anda.


Untuk tumbuhan kantung semar yang ditanam memakai biji, Anda tetap butuh pupuk yang tidak mengandung urea dan ammonium yang tinggi. Untuk mencegah hama Anda sanggup memakai sedikit pestisida biar kantung semar tumbuh dengan baik. Beberapa jenis tumbuhan kantung semar membutuhkan sinar matahari langsung, lainnya tidak. Untuk itu kenali dulu jenis kantung semar yang Anda tanam dan letakkan di tempat yang tepat.


Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membudidayakan kantung semar? jikalau iya, silahkan membeli bibit tumbuhan tersebut disini.


Semoga cara budidaya tumbuhan kantong semar di atas bermanfaat. Selamat mencoba.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Budidaya Tanaman Hias Kantong Semar"

Posting Komentar