√ Bika Ambon Bukan Berasal Dari Ambon?! Ini Kisah Lengkapnya!

Anda pernah merasakan legitnya camilan manis Bika Ambon √ Bika Ambon Bukan Berasal dari Ambon?! Ini Cerita Lengkapnya!Anda pernah merasakan legitnya camilan manis Bika Ambon? Mungkin sebagian dari anda akan mengira bahwa camilan manis ini berasal dari Ambon. Namun ternyata, camilan manis ini bukan berasal dari ambon lho! Kue bika ambon atau yang mempunyai sebutan lain camilan manis bingka ini merupakan camilan manis khas asal Medan.


Lalu bagaimanakah bantu-membantu asal-usul bika ambon? Kenapa terdapat kata “Ambon” padahal camilan manis ini berasal dari Medan? Berikut ulasannya.


Menurut seorang budayawan dan sejarawan M Muhar Omtatok, menyampaikan bahwa camilan manis berwarna kuning nan manis ini terinspirasi dari camilan manis khas Melayu ialah bika atau bingka. Dalam perjalanannya, camilan manis ini mengalami proses modifikasi dengan memakai materi pengembang berupa ragi. Bahan tersebutlah yang menciptakan hidangan bika ambon berongga dan seolah-olah dengan martabak manis.


Anda pernah merasakan legitnya camilan manis Bika Ambon √ Bika Ambon Bukan Berasal dari Ambon?! Ini Cerita Lengkapnya!


Lalu kenapa namanya Bika Ambon?

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Berdasarkan dongeng yang beredar di masyarakat, penggunaan kata ambon ini sendiri merujuk dari dimana daerah camilan manis ini pertama kali di jual, tepatnya di jalan Ambon-Sei Kera Medan. Selain itu, terdapat pula dongeng lain ihwal asal-usul camilan manis ini. Diceritakan, nama bika ambon berasal dari seorang warga Ambon yang merantau ke Malaysia. Ketika mengetahui rasa camilan manis bika yang begitu nikmat, ia kembali ke tanah air dengan membawa camilan manis bika tersebut.


Semenjak ketika itu, ia mencoba peluang perjuangan dengan membuka perjuangan camilan manis bika tersebut di Medan dan  mendapat respons yang baik dari masyarakat. Seiring berjalannya waktu, camilan manis tersebut menjadi sangat terkenal di Medan, bahkan kini sudah menjadi salah satu buah tangan khas Medan.


Nah bagi anda yang ingin menikmati lezatnya Bika Ambon, anda tidak perlu jauh-jauh ke Medan dulu untuk menikmatinya. Anda juga sanggup membuatnya sendiri dirumah lho!. Berikut resep membuatnya:


Bahan Utama



  1. Santan 225 ml

  2. Daun Jeruk 5 lembar

  3. Serai 1 batang, memarkan

  4. Daun Pandan 1 lembar, simpulkan

  5. Garam 1/2 sdt

  6. Tepung terigu protein sedang 80 gr

  7. Tepung sagu 90 gr

  8. Ragi instan 1 sdt

  9. Telur ayam 4 butir

  10. Kuning telur ayam 2 butir

  11. Gula pasir 125 gr

  12. Blue Band Serbaguna 2 sdm, cairkan

  13. Blue Band Serbaguna 2 sdm, untuk olesan


Cara Membuat:



  1. Rebus sampai mendidih santan, daun jeruk, daun pandan, serai dan garam. Jangan lupa diaduk supaya santan tidak pecah. Angkat, saring dan dinginkan.

  2. Di dalam mangkuk, campur tepung terigu, tepung sagu, ragi instan sampai rata. Sisihkan

  3. Masukkan santan yang sudah hangat ke dalam mangkuk berisi tepung kemudian aduk rata sampai campuran rata. Pastikan campuran halus tanpa ada gumpalan tepung. Diamkan 10 menit.

  4. Kocok telur dan gula sampai mengembang dan putih.

  5. Masukkan kocokan telur ke dalam campuran tepung kemudian aduk rata memakai spatula.

  6. Tambahkan Blue Band Serbaguna cair kemudian aduk rata. Diamkan campuran sekitar 30 menit.

  7. Panaskan wajan anti lengket/teflon dengan diameter 20 cm atau cetakan camilan manis lumpur berdiameter 6 cm yang telah diolesi dengan Blue Band Serba Guna. Masukkan campuran dan panggang di atas api kecil biarkan sampai permukaan bergelembung kemudian tutup wajan/teflon.

  8. Jika sudah matang, balik sebentar untuk mendapat warna kecoklatan di bab atas. Angkat dan sajikan.


Anda pernah merasakan legitnya camilan manis Bika Ambon √ Bika Ambon Bukan Berasal dari Ambon?! Ini Cerita Lengkapnya!Selain rasanya yang nikmat, Bika Ambon juga salah satu dari beberapa camilan manis yang laku manis untuk dijadikan perjuangan lho!. Rasa nikmat dipadukan dengan pengemasan yang bagus dijamin bikin camilan manis ini jadi buruan para konsumen.


Karena bentuk dan tekstur Bika Ambon tidak jauh berbeda dengan cake, maka pengemasan dengan konsep cake packaging akan menambah nilai jual Bika Ambon. Pengemasan dengan box sanggup menjadi pilihan yang bagus lho!.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



Kemasan box dengan desain yang unik dan lucu juga sanggup menjadi daya pikat konsumen untuk membeli. Anda harus tahu bahwa penampilan suatu produk akan mensugesti nilai jual produk tersebut, mensugesti ketertarikan  konsumen untuk membeli dan tentunya akan mensugesti tingkat kepuasan konsumen terhadap produk kita.


Jadi tunggu apa lagi, tertarik untuk mencoba?.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Bika Ambon Bukan Berasal Dari Ambon?! Ini Kisah Lengkapnya!"

Posting Komentar