√ “Gethuk” : Masakan Sederhana Sang Penyelamat Jutaan Nyawa!

Gethuk atau getuk merupakan salah satu makanan tradisional yang telah banyak dikenal oleh  √ “Gethuk” : Makanan Sederhana Sang Penyelamat Jutaan Nyawa!Gethuk atau getuk merupakan salah satu makanan tradisional yang telah banyak dikenal oleh masyarakat. Makanan tradisional ini berasal dari Jawa Tengah tepatnya tempat Magelang. Selain alasannya rasanya yang nikmat, gethuk juga digemari masyarakat luas alasannya harganya yang sangat terjangkau.


Sejarah Gethuk berawal pada jaman penjajahan Jepang, konon pada masa itu beras yang merupakan makanan pokok Indonesia, merupakan barang langka yang sulit untuk di temukan, sehingga penduduk lokal (asli) Magelang berupaya mengganti makanan pokok mereka dengan ketela, yang ketika itu banyak terdapat di sekitar rumah dan gampang ditemukan di pasar.


Pionirnya ialah mbah Ali Mohtar yang berasal dari Desa Karet, Magelang yang pertama kali menciptakan getuk, ia mencoba berinovasi dengan ketela sehingga menjadi satu makanan yang menarik untuk dihidangkan dan tak membosankan untuk dimakan.


Gethuk atau getuk merupakan salah satu makanan tradisional yang telah banyak dikenal oleh  √ “Gethuk” : Makanan Sederhana Sang Penyelamat Jutaan Nyawa!


Filosofi dari getuk singkong ialah melambangkan kesederhanaan dan mempergunakan potensi yang kita miliki secara aktif dan kreatif sehingga menciptakan kita lebih berdikari dalam aneka macam macam situasi. Pada dasarnya Getuk Singkong itu melambangkan kesederhanaan, tulus ing pandum, qona’ah, apa adanya, dan jauh dari perilaku konsumerisme atau gagah-gagahan semata.


Di saat-saat bangsa sedang dilanda krisis ekonomi yang berimbas pada fluktuasi harga barang dan sembako, dan berujung pada rendahnya daya beli masyarakat, maka rakyat diajak untuk mengeratkan tali pinggang meskipun hanya dengan mengkonsumsi singkong.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Dalam kondisi yang demikian, singkong pun sanggup menjadi pilihan yang sempurna untuk bertahan alasannya memang harganya yang murah dan sanggup didapatkan di mana saja. Tanaman ‘kaum alit’ ini pun menjadi alternative penyelamat nyawa.


Gethuk atau getuk merupakan salah satu makanan tradisional yang telah banyak dikenal oleh  √ “Gethuk” : Makanan Sederhana Sang Penyelamat Jutaan Nyawa!Filosofi ihwal singkong telah mengajarkan kepada kita bahwa kesederhanaan dan kerendah-hatian dan dibarengi dengan aneka macam macam potensi diri yang memadai, akan menyebabkan hidup kita lebih acceptable di segala ruang dan waktu. Jadi, janganlah gengsi bersentuhan dengan singkong khususnya olahan gethuk di tengah-tengah modernitas.


Untuk menciptakan gethuk yang nikmat relative gampang dan sederhana. Berikut resepnya buat kamu!


Bahan- Bahan:



  • Air untuk mengukus

  • 1/2 kg singkong, kupas, potong-potong

  • 150 gr gula pasir/Gula Jawa

  • 1/2 sdt garam dapur

  • 1/2 buah kelapa, parut dan kukus


*Jika ingin getuk yang berwarna putih, sebaiknya menggunakan gula pasir, untuk warna merah menggunakan gula jawa sedangkan warna hijau didapat dari perasan daun Suji.


Cara Pembuatan:



  • Singkong dikupas kulitnya, lalu dicuci higienis dan dipotong-potong sekitar 5 cm.

  • Rebus singkong hingga matang. Angin-anginkan hingga uapnya hilang.

  • Campur singkong – sedikit Garam – Gula. Hancurkan hingga lumat.

  • Beri pewarna sesuai selera.

  • Sajikan hangat dengan taburan parutan kelapa.


Gethuk atau getuk merupakan salah satu makanan tradisional yang telah banyak dikenal oleh  √ “Gethuk” : Makanan Sederhana Sang Penyelamat Jutaan Nyawa!

Cake box juga cocok dipakai sebagai kemasan gethuk.


Selain gampang untk dibuat, jajanan gethuk juga mempunyai prospek bisnis yang cukup bagus. Hal ini tak lepas dari mulai populernya kembali jajanan-jajanan lawas. Tak ayal kalau gethuk menjadi salah satu yang paling banyak diburu konsumen.


Konsep gethuk premium quality juga sanggup jadi pandangan gres anggun untuk usaha. Dibuat dengan materi kualitas terbaik dan dimodifikasi dengan aneka macam macam topping. Jika biasanya hanya dengan topping parutan kelapa, getuk juga sanggup diberikan topping-topping lain menyerupai serutan keju cheddar, keju mozzarella, pecahan buah dll.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



Untuk menyempurnakan produk, jangan lupa gunakan kemasan yang menarik ya!. Gunakan cake box untuk menambah kesan langsung dan kesan mahal produk. Dengan kuaitas premium dari segi produk dan kemasan, tentu harga jual produk juga akan naik. Paling tidak sanggup 3-4 kali lipat dari harga gethuk pada umumnya.


Demikian artikel ihwal gethuk, sang jajanan tradisional yang harus dilestarikan. Semoga bermanfaat!



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ “Gethuk” : Masakan Sederhana Sang Penyelamat Jutaan Nyawa!"

Posting Komentar