Besaran Dan Satuan

Pengertian Besaran
Apa itu Besaran? Definisi besaran yakni segala sesuatu yang sanggup diukur atau dihitung, dinyatakan dengan angka dan mempunyai satuan.
Berdasarkan definisi tersebut, maka sesuatu sanggup disebut besaran kalau memenuhi 3 syarat:
1.    Bisa diukur
2.    Memiliki nilai
3.    Memiliki satuan
Contohnya, panjang disebut besaran alasannya yakni sanggup diukur (menggunakan alat ukur meteran), sanggup dinyatakan dengan angka, serta mempunyai satuan (misalnya meter, millimeter, kilometer, dsb.)

 Definisi besaran yakni segala sesuatu yang sanggup diukur atau dihitung Besaran dan Satuan

Besaran Fisika dan Besaran Non Fisika
Berdasarkan cara mendapatkannya, besaran dikategorikan menjadi dua jenis yaitu besaran fisika dan besaran non fisika. Besaran fisika yakni besaran yang didapatkan dengan pengukuran memakai alat ukur.  Contoh besaran fisika yakni panjang alasannya yakni besaran ini diperoleh dengan pengukuran memakai meteran. Besaran non fisika yakni besaran yang didapatkan dari perhitungan. Contoh besaran non fisika yakni jumlah alasannya yakni didapatkan dari penghitungan.

Pengertian Satuan
Apa Itu Satuan? Definisi satuan yakni pembanding yang dipakai dalam pengukuran besaran, yang ditentukan dengan konvensi atau hukum tertentu sebagai standar pengukuran besaran yang sama.
Contohnya, besaran panjang mempunyai satuan meter. Meter tersebut telah ditentukan panjangnya menurut suatu akad yang berlaku secara internasional. Jika kita mempunyai hasil pengukuran contohnya 15 meter, maka besaran ini merupakan 15 kali standar panjang yang disebut “meter”.


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Besaran Dan Satuan"

Posting Komentar