6 Jenis Media Tanam Untuk Menciptakan Taman Di Rumah

Media tanam merupakan elemen penting yang dipakai untuk melangsungkan kehidupan bibit tumbuhan ataupun bibit bunga pada taman rumah Anda. Unsur-unsur yang terkandung didalamnya sangat berkhasiat untuk perkembangan organ-organ tanaman. Media tanam bukan hanya wacana tumbuhan yang ditanam didalam wadah pot saja, melainkan untuk semua perkembangan dan pertumbuhan seluruh tanaman.

Media tanam yang baik untuk tumbuhan terdapat unsur hara dan materi mineral yang sanggup cukupi kebutuhan tanaman. Yang mana media tanam yang baik banyak mengandung mikro organisme yang berkhasiat untuk menguraikan banyak sekali unsur-unsur yang ada pada media tanam, sehingga media tanam sanggup diserap oleh penggalan akar. Oleh lantaran itu, Arsitur akan merekomendasikan beberapa media tanam yang biasa dipakai oleh petani bunga asal bandung. Berikut uraiannya:

1. Tanah subur

Media tanam merupakan elemen penting yang dipakai untuk melangsungkan kehidupan bibit ta 6 Jenis Media Tanam untuk Membuat Taman di Rumah
1. Tanah subur

Orang-orang sering memakai tanah subur sebagai media tanam tumbuhan didalam wadah pot, lantaran tanah subur sanggup menyimpan sezumlah zat yang dibutuhkan untuk tanaman. unsur yang terdapat pada tanah subur sanggup meningkatkan produktifitas daun dan bunga.

Di dalamnya kandungan tanah subur terdapat terdapat sebuah zat mineral, zat hara dan jasad renik yang sangat berkhasiat untuk pertumbuhan tanaman. Tanah subur yang banyak dipakai oleh petani bunga kebanyakan berasal dari tempat pegunungan, lantaran tanah yang berasal dari gunung mempunyai tekstur gembur sehingga memudahkan akar untuk bernapas.

2. Humus

Humus merupakan tanah yang paling subur untuk tumbuh- tumbuhan termasuk dengan tumbuhan hias, lantaran mempunyai komposisi yang menyerupai dengan pupuk kompos. Hal ini disebabkan MEDIA TANAM HUMUS merupakan tanah yang terbentuk dari pelapukan- pelapukan dedaunan dan juga batang pohon, serta ada percampuran dari kotoran binatang yang terbuat secara alami maupun manipulasi

Media tanam humus biasanya berwarna gelap yakni: coklat kehitaman dan juga mempunyai tekstur yang lembut dan gembur yang didalamnya banyak mengandung zat- zat menyerupai fenol, asam karboksilat, hidroksida serta alifatik. Tentunya dengan banyak zat tersebut, tanah humus akan sangat cocok jikalau dijadikan sebagai media tanam khususnya media tanam didalam wadah pot.

3. Sekam hitam

Sekam merupakan limbah padi yang telah banyak dipakai oleh petani tumbuhan hias bandung sebagai media tanam. yang mana penggunaannya mencapai 90%, ini lantaran petani beropini “sekam merupakan salah satu media tanam yang sangat cocok untuk banyak sekali jenis tumbuhan hias maupun bibit bunga. Tapi yang dimaksud dengan sekam yang dimaksud disini yakni sekam hitam atau sekam yang dibakar. Sekam hitam sebagai media tanam bisa memperbaiki struktur fisik, kimia dan biologi di dalam tanah yang sebagiannya mengenal dengan sebutan arang sekam

Media tanam ini bisa mempunyai dan meningkatkan porositas tanah sehingga tanah menjadi gembur dan bisa menyerap nutrisi dengan baik. Karena media tanam sekam bakar sangat mempunyai pourositas tinggi maka untuk itu ibad garden sangat merekomendasikannya sebagai media tanam tumbuhan bunga ataupun tumbuhan berjenis daun

4. Pupuk Kandang

Media tanam pupuk sangkar yang banyak dipakai untuk tumbuhan pot yakni pupuk sangkar yang berasal dari limbah/kotoran kambing. Namun kebanyakan petani yang memakai media tanam tersebut akan menunggu sampai kering. Pasalnya media tanam pupuk sangkar terdapat unsur nitrogen tinggi. yang efek bila pribadi dipakai sangat beresiko tumbuhan menjadi kering.

Pupuk sangkar yang sudah kering/matang bisanya berwarna cokelat dengan tekstur yang sangat keras. Biasanya dalam media tanam tanah, pupuk sangkar dipakai sebanyak 20% pada wadah pot, dan ini sangat berkhasiat untuk menumbuhkan daun dan percabangan.

5. Cocopeat

Cocopeat sering disebut sebagai Limbah kelapa, lantaran media tanam ini berasal dari industri yang kemudian masuk dalam proses pencucian, pemanasan, penyaringan kemudian investigasi teliti. Sebelum diproses menjadi media tanam cocopeat akan dibagi ke dalam banyak sekali tingkat butiran dan kepadatan kemudian masuk dalam tahap pengemasan.

Pada umumnya media tanam ini dikemas dalam bentuk kemasan plastik, karunga, atau sudah tercampur dengan media tanam lain. Namun sebagian sering mengimprovisasinya dengan membuatnya sebagai lempengan papan atau lempengan cakram. Penggunaan cocopeat sebagai media tanam hendaknya dicampurkan dengan media tanam lain biar kesudahannya lebih maksimal.

6. Sekam padi mentah

Sekam padi mentah merupakan lapisan keras yang mencakup kariopsis yang terdiri dari dua belahan yang disebut lemma dan palea yang saling bertautan. Ketika proses penggilingan beras berlangsung, sekam akan terpisah dari butiran beras dan menjadi materi sisa atau limbah penggilingan.

Dengan adonan materi kimiawi yang sangat banyak tentu Anda sanggup membayangkan sendiri jikalau sekam mentah dijadikan sebagai media tanam untuk tanaman. Untuk itu tidak salah jikalau petani tumbuhan hias bandung menggunakannya sebagai media tanam utama.

Demikianlah mengenai Jenis media tanam yang terkenal untuk pembuatan taman. Semoga artikel ini bermanfaat dan sanggup menjadi wawasan embel-embel bagi Anda yang suka menciptakan taman di rumah.
Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "6 Jenis Media Tanam Untuk Menciptakan Taman Di Rumah"

Posting Komentar