12 Cara Menanam Mata Kucing (Torenia Ungu) Dari Biji Dan Tips Merawatnya!

Apa yang terlintas di kepala ketika mendengar kata mata kucing 12 Cara Menanam Mata Kucing (Torenia Ungu) dari Biji dan Tips Merawatnya!Apa yang terlintas di kepala ketika mendengar kata mata kucing? Bagi pecinta sepeda mata kucing akan diartikan sebagai lampu hias, sedangkan untuk pecinta tumbuhan hias mata kucing yaitu sebuah tumbuhan.


Kali ini kita akan membahas mengenai tumbuhan mata kucing khususnya cara menanam biji mata kucing. Bunga mata kucing atau Torenia ungu yaitu jenis tumbuhan hias yang umum di Indonesia Cara Menanam Bunga Zodia Dari Biji Beserta Cara Merawatnya.


Warnanya yang cantic menciptakan banyak orang ingin menghias seluruh area halaman rumahnya dengan tumbuhan ini, berikut cara yang sanggup dilakukan untuk memperbanyak tumbuhan Mata Kucing.


Tips dan Trik Cara Menanam Biji Mata Kucing (Torenia Ungu)


Hampir sama dengan beberapa jenis tumbuhan yang lain, Mata Kucing ini sanggup diperbanyak melalui cara yang lain selain menanam bijinya (contoh : stek) Cara Memperbanyak Tumbuhan Tanpa menanam Biji. Tapi dikesempatan ini kita akan berguru cara menanam Mata Kucing dari bijinya.



  1. Langkah pertama yaitu kita persiapkan beberapa materi yang diharapkan untuk menyemai biji Mata Kucing ibarat pot (pilih pot yang mempunyai drainase yang baik dengan adanya lubang pada dasar pot), tanah humus atau tanah, kompos, atau media tanam siap pakai (campuran tanah, sekam bakar, pakis, cocopea, dan lain-lain), dan terakhir tak kalah penting dari materi lainnya yaitu biji tumbuhan Mata Kucing yang sanggup dibeli di toko-toko perlengkapan perkebunan atau toko bibit tumbuhan Bagaimana Cara Membuat Bibit Tanaman Hias Agar Kualitasnya Bagus Bagi Para Pemula?.

  2. Masukkan tanah humus atau tanah yang dicampur dengan pupuk kompos kedalam pot berukuran sedang hingga besar (direkomendasikan untuk menentukan pot dengan diameter 40 cm). media gabungan tanah tersebut juga sanggup diganti dengan media tanam siap pakai yang sanggup dibeli di toko-toko juga.

  3. Setelah media tanam berada dalam pot, basahi dengan air. Dapat dicampur dengan air bertahap untuk memperlihatkan kelembaban yang rata hingga ke dasar tanah.

    Atau dengan memakai spray kemudian diaduk kembali untuk memperlihatkan kelembaban yang merata tanpa air berlebihan di media tanam.

  4. Setelah media tanam dirasa sudah mempunyai kelembaban yang pas, kita sanggup menaburkan biji-biji Mata Kucing di permukaan tanah tanpa perlu dimasukkan ke dalam tanah.

    Pastikan bahwa biji yang ditabur tidak melekat satu sama lain, alasannya hal tersebut sanggup mengganggu pertumbuhan dari biji ketika akan tumbuh tunas nantinya.

  5. Untuk memperlihatkan kelembaban pada biji Mata Kucing, sehabis ditaburkan diatas tanah jangan lupa untuk menyemprotkan biji Mata Kucing dengan spray supaya air yang didapat tidak berlebihan.

  6. Untuk frekuensi santunan air dengan spray pada biji Mata Kucing ini cukup dua kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari. Penyemprotan dengan spray bertujuan untuk memperlihatkan kelembaban tanpa menciptakan air menggenang dalam pot.

    Karena kalau air menggenang dalam pot dikhawatirkan sanggup merusak biji Mata Kucing yang akan disemai Manfaat Air Cucian Beras Untuk Tanaman Kacang Agar Subur.

  7. Kemudian letakkan pot yang berisi biji-biji Kumis Kucing di daerah yang terlindung dari sinar matahari dan hujan. Bukan berarti tumbuhan ini tidak membutuhkan sinar matahari, sinar matahri secara eksklusif akan menciptakan biji menjadi kekeringan dan tunas yang diharapkan tidak sanggup tumbuh.

    Pastikan bahwa Mata Kucing mendapat sinar matahari pagi, alasannya matahari pagi baik bagi tumbuhan tetapi juga tidak terlalu panas. 






  8. Membutuhkan waktu ekitar 14 hari atau 2 ahad lamanya hingga biji-biji yang sudah ditabur tumbuh tunas atau berkecambah. Jika tunas dirasa sudah cukup kokoh, cukup tinggi, dan cukup besar lengan berkuasa kita gres sanggup memindahkan di media tanam yang lebih luas dan besar.

  9. Bunga dari tumbuhan Mata Kucing ini membutuhkan waktu sekitar 8 – 12 ahad atau 2 – 3 bulan lamanya untuk tumbuh besar dan memunculkan kuncup-kuncup bunga.

  10. Tips supaya ketika sudah sampaumur tumbuhan Mata Kucing mempunyai bunya yang banyal dan rimbun yang sanggup dilakukan yaitu mempruning pucuk-pucuk daun yang pertama sehabis tumbuh dua pasang true leaves Cara Agar Bunga Aster Cepat Berbunga dan Selalu Merekah. Nantinya tumbuhan akan mempunyai cabang lain yang akan memperbanyak pucuk bunga.

  11. Saat Mata Kucing sudah sampaumur nanti, perawatannya juga terbilang sederhana dan gampang dilakukan. Penyiraman pada tumbuhan bunga hias ini cukup dilakukan sehari sekali yaitu di pagi hari atau sore hari. Untuk penyiramannya pun hanya hingga tanahnya berair saja, tidak perlu hingga air menggenang di dalam pot.

  12. Pemberian pupuk kompos atau sangkar sanggup dilakukan rutin setiap satu bulan sekali. Sedangkan untuk santunan anti hama, anti jamur, atau obat kimia tumbuhan lainnya cukup diberikan seperlunya saja. Zat kimia meskipun terbilang obat untuk tumbuhan akan mengakibatkan dampak jelek pada tumbuhan kalau pemberiannya berlebihan 4 Alasan Pupuk Kimia Bermanfaat Tapi Membahayakan Tanah. Jika ingin memperlihatkan pupuk buatan pabrik, pilihlah pupuk yang mengandung tinggi fosfor alasannya sangat baik untuk tumbuhan Jenis Pupuk yang Mengandung Fosfor Tinggi dan Manfaatnya untuk Tanaman.


Itulah beberapa langkah yang sanggup dilakukan untuk cara menanam Mata Kucing dari biji atau Bunga Torenia Ungu. Kunci dalam keberhasilan dari pertumbuhan tumbuhan ini cukuplah sinar matahari dan air atau kelembaban yang sesuai.


Selama sinar matahari terpenuhi dan kelembaban serta air mencukupi, akan menjadi kunci keberhasilan tumbuhan Mata Kucing untuk tumbuh.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "12 Cara Menanam Mata Kucing (Torenia Ungu) Dari Biji Dan Tips Merawatnya!"

Posting Komentar