1000+ Modifikasi Motor Drag 2019 Paling Keren
Modifikasi Motor Drag – Di internet banyak sekali pecinta otomotif yang mencari isu mengenai foto motor drag. Hal ini menerangkan kepopuleran drag race sebagai salah satu balapan motor paling terkenal di Indonesia. Sayangnya drag race sering dilaksanakan pada tempat yang tidak semestinya. Pasalnya banyak anak simpel yang rela mempertaruhkan nyawananya di arena balapan liar yang notabennya merupakan jalan raya. Padahal setiap tahunnya ada Kejurnas Drag Race yang diselenggarakan secara resmi yang otomatis lebih kondusif dibandingkan balapan liar.
DAFTAR ISI ARTIKEL
Resiko balapan liar memang sangat besar. Tak hanya membahayakan sang pembalap, namun juga pengguna jalan lainnya. Oleh lantaran itulah pihak Kepolisian selalu rutin melaksanakan razia balapan liar untuk mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan balapan liar. Walaupun begitu, drag race tetap saja diminati dan selalu menjadi hiburan bagi anak muda yang tak lagi takut terciduk polisi. Semangat anak muda yang menggebu-gebu memang sering disalah gunakan. Terlebih banyak orang yang menjadikan balapan liar sebagai ajang taruhan.
Bagi yang serius menekuni dunia drag race, niscaya tak segan-segan melaksanakan modifikasi motor drag biar menjuarai banyak sekali velg balap drag yang sering diselenggarakan di banyak sekali daerah. Modifikasi motor drag gampang-gampang susah. Butuh pengetahuan lebih soal mesin biar bisa memaksimalkan kinerja mesin biar bisa melaju dijalanan track lurus dengan cepat. Tak jarang mesin jebol, lantaran salah setting dan menjadikan jokinya mengalami kecelakaan. Beberapa cuilan motor juga harus dirubah biar motor lebih nyaman dan performanya semakin optimal.
Cara Modifikasi Motor Drag
- Untuk merubah motor biasa menjadi motor drag, langkah pertama yang bisa masbro lakukan yaitu mengganti sasis atau merubahnya menjadi lebih ringan dan pendek. Pastikan sasis yang masbro gunakan mempunyai bobot ringan, lantaran apabila terlalu berat akan mengurang performa motor. Di pasaran sudah banyak penjual sasis khusus motor drag yang dijual sekitar 2 Jutaan. Selain itu, tersedia pula sasis import yang berasal dari Jepang dengan harga mencapai Rp. 10-25 Jutaan. Apabila budgetnya terbatas, lebih baik tetap mempertahankan sasis bawaan motor dan melaksanakan pemotongan beberapa cuilan untuk mengurangi bobot motor.
- Kaki-kaki motor terutama shockbreaker juga harus dirubah biar motor drag lebih stabil dikala dipacu pada kecepatan tinggi. Rata-rata motor drag menggunakan shock tabung yang bisa meredam getaran lebih baik. Tidak hanya cuilan depan, masbro juga harus merubahan suspensi depan dengan shockbreaker yang mendukung stang jepit.
- Modifikasi motor drag selanjutnya yaitu merubah ukuran ban yang biasanya menggunakan ban depan berukuran 50/90 dan ban belakang 60/80. Itu artinya motor drag menggunakan ban cacing yang otomatis harus merubah ukuran velg. Perubahan velg dan ban harus diperhitungkan secara matang biar sesuai dengan mesin motor yang di bore-up.
- Inilah yang paling penting dalam modifikasi motor drag, yaitu mengoptimalkan performa mesin dengan melaksanakan penyetelan pada cuilan Noken As, Karburator, Piston, Saher, Kabel Busi, Gear Ratio, hingga knalpot serta sistem pengapian. Masih banyak spare part lain untuk bore-up mesin motor drag biar bisa mengeluarkan tenaga dan torsi lebih besar.
- Selanjutnya masbro harus melaksanakan pembiasaan terhadap badan serta gaya berkendara joki motor drag. Setiap joki niscaya mempunyai postur berbeda-beda, sehingga butuh pembiasaan biar joki bisa merasa nyaman. Yang perlu diperhatikan yaitu cuilan pegangan tangan yang bisanya menggunakan stang jepit. Selain itu, masbro harus menyesuaikan tempat duduk dan pijakan kaki biar sesuai dengan gaya pembalap.
- Tampilan motor drag juga harus diperhatikan. Untuk drag race resmi lebih baik tampil trondol tanpa adanya bodi yang akan menambah bobot motor.
- Menggunakan ban bakar yang mempunyai kadar Oktan tinggi, ibarat Bensol, Pertamax Plus, atau bahkan ELF Racing Fuel yang seliternya mempunyai harga mencapai Rp. 85 Ribu. Sebagai perbandingan Pertamax Plus mempunyai kadar Oktan 95 dan Bensor berwarna biru serta serta hijau mempunyai nilai oktan 102 dan 104. Kemudian untuk ELF Racing Fuel mempunyai kadar Otan mulai dari 101 hingga 115. Makara bisa dikatakan materi bakar terbaik untuk motor drag yaitu Elf Racing Blue. Sayangnya Elf Racing Blue sulit didapatkan, sehingga rata-rata lebih menentukan Bensol atau Pertamax Plus
Biaya Modifikasi Motor Drag
Selanjutnya mari kita membahas mengenai biaya modifikasi motor drag. Untuk menciptakan motor drag standar kita hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 3-5 Jutaan. Namun biaya bisa membengkak, apabila kita menggunakan komponen-komponen terbaik yang menyelimuti cuilan mesin, sasis, dan kaki-kaki. Makara jangan heran apabila ada orang yang membangun motor drag dan menghabiskan dana hongga Rp. 10-20 Jutaan, terutama motor drag kelas profesional yang mengikuti ajang kejurnas drag race.
Apabila ingin modifikasi motor drag dengan harga terjangkau, kami sarankan menggunakan motor matic. Pasalnya kita hanya perlu memperbesar diameter silinder serta memperpanjang langkahnya tanpa perlu mengganti gigi dan ratio transmisi yang biasanya membutuhkan biaya cukup mahal. Sebenarnya membangun motor drag tergantung dari kelas balapan yang akan diikuti. Untuk dikala ini tersedia 4 kelas yang diperlombakan di Kejuaraan Nasional Drag Bike. Nah untuk mengetahuinya silahkan simak tabel di atas.
Kumpulan Foto Modifikasi Motor Drag
Semua jenis dan tipe motor bisa dirubah menjadi motor drag. Tinggal masbro yang menentukan ingin turun di kelas yang mana. Bahkan dikala ini banyak anak muda yang menjadikan motor drag sebagai motor harian, namun perubahannya tidak se-ekstrim motor drag profesional. Nah bagi masbro yang ingin mencoba fatwa modifikasi motor drag dan resah untuk menerapkannya, silahkan lihat beberapa foto motor drag berikut ini yang bisa menjadi referensi.
Foto Motor Drag Luar Negeri
Berbeda dengan di Indonesia, kalu diluar negeri modifikasi motor drag menggunakan moge yang mempunyai kapasitas mesin sangat besar, ibarat Suzuki Hayabusa, Kawasaki ZX-14R, dan masih banyak motor custom lainnya yang menggunakan mesin di atas 1000cc, sehingga sering kali mendapat predikat sebagai motor drag tercepat di dunia. Desainnya juga tergolong ekstrem dan terlihat sangar layaknya sebuah jet. Andai saja motor drag di Indonesia ibarat foto di atas, tentu balapan motor drag akan terasa semakin berkelas.
Foto Motor Drag Mio
Yamaha Mio sering kali dijadikan sebagai motor drag, terutama Yamaha Mio yang masih menggunakan sistem pembakaran karburator. Bore-Up mesin Yamaha Mio karburator memang lebih simpel dibandingkan varian Injeksi, sehingga lebih cocok dijadikan sebagia motor drag. Terlebih motor ini mempunyai performa mesin cukup responsif dan bobotnya sangat ringan. Beberapa modifikator juga menjadikannya sebagai motor kontes dengan mengadopsi konsep Thailook yang menggunakan ban cacing, knalpot racing, dan banyak sekali aksesoris lainnya.
Sumber https://www.otomotifo.com
0 Response to "1000+ Modifikasi Motor Drag 2019 Paling Keren"
Posting Komentar