10 Alat Gratis Google Untuk Content Marketing Yang Wajib Digunakan

10 Alat Gratis Google untuk Digital Marketing – Jika Anda mempunyai bisnis yang memakai internet sebagai salah satu wadah pemasarannya, maka online marketing ialah salah satu metode pemasaran yang harus segera Anda terapkan. Jika tidak maka cepat atau lambat Anda akan ketinggalan.


Dengan banyaknya pengguna internet kini ini, dibantu dengan banyak sekali platform untuk mengaksesnya, maka kini ini digital marketing atau online marketing menjadi salah satu metode pemasaran yang selain populer, juga wajib dilakukan, terlepas dari apakah bisnis Anda berbasis internet atau tidak.


Di internet, konten ialah raja. Alhasil, bila Anda menganggap diri Anda seorang content marketer, istilah content is king niscaya sudah sangat sering Anda dengar. Sangkin seringnya, mungkin Anda sudah bosan dengan istilah tersebut.


Kenapa Konten itu Sangat Penting?


Sebab bila tidak ada konten, bagaimana cara Anda menarik calon pelanggan untuk mengenal bisnis Anda lebih dalam? Dengan apa Anda mendapat daya tarik mereka sehingga pada kesudahannya tertarik untuk membeli produk/jasa yang Anda jual?


Konten itu sendiri terdiri dari banyak sekali bentuk, mulai dari yang paling umum yakni tulisan. Selain itu, gambar juga bisa disebut sebagai konten, begitu pula dengan video dan multimedia lain yang mungkin sudah sering Anda nikmati secara online.


Nah, content is still the king. Jadikanlah itu prinsip untuk bisnis online Anda.


Sekarang permasalahannya adalah, kebanyakan orang berhasil membuat konten berkualitas tetapi konten tersebut menjadi mubazir alasannya ialah tidak bisa meraih pengguna internet ibarat yang diharapkan.


Bagaimana caranya semoga konten berkualitas yang sudah dibentuk tersebut sanggup meliputi audiens (pengguna internet) di luar sana? Untuk mengatasi dilema ini, muncullah metode pemasaran yang kini kita kenal sebagai content marketing.


Pengaplikasian content marketing memang mempunyai banyak jalan. Jika Anda belum ingin memakai jasa dari agensi online khusus bidang ini yang kian menjamur jumlahnya, baik lokal maupun luar negeri, Anda bisa mencobanya sendiri.


Dalam hal ini, kita fokus dengan tools atau alat untuk content marketing. Banyak alat yang berbayar, namun tidak sedikit pula yang gratis. Salah satu penyedia alat yang bisa kita gunakan untuk content marketing dengan gratis ialah Google. Apa saja itu? Simak selengkapnya.


10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan


1. Google AdWords: Keyword Planner


Bagi saya pribadi, Google AdWords Keyword Planner merupakan salah satu alat gratis Google untuk content marketing yang sangat penting, sangat wajib untuk digunakan. Alat ini pada umumnya berfungsi untuk mencari sasaran keyword untuk kepentingan Search Engine Marketing (SEM) melalui Google Adwords, yang merupakan salah satu jasa periklanan Google.


Namun, Google mengizinkan kita untuk memakai alat ini secara cuma-cuma meskipun pada kesudahannya kita tidak memakai jasa periklanan melalui Adwords.


Alat ini menawarkan kita akomodasi untuk melaksanakan riset terhadap keyword yang berafiliasi dengan bisnis online kita.


Selain menawarkan data mengenai angka total keyword yang mungkin dipakai untuk mencari suatu informasi melalui mesin pencari Google, alat ini juga menawarkan keyword alternatif yang berpotensi untuk dipakai oleh pengguna.


Misalnya, Anda bisa meriset keyword “content marketing”, alat ini akan memperlihatkan data mengenai seberapa sering kata kunci tersebut dipakai per bulan, begitu pula dengan kata kunci alternatif lainnya yang berafiliasi dengan kata kunci utama tersebut.


 Alat Gratis Google untuk Digital Marketing 10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan


 


Boleh dibilang, Google AdWords memang hanya menawarkan data standar mengenai kata kunci, tetapi bila Anda sebagai content marketer bisa menggunakannya dengan baik, besar kemungkinan Anda bisa berhasil menerapkan content marketing dengan SEO dari hasil pencarian Google.


2. Google Search Console / Google Webmaster Tool

 Alat Gratis Google untuk Digital Marketing 10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan


Setiap kali membuat sebuah website dan berhasil di-online-kan, hal yang kerap direkomendasikan untuk pertama sekali dilakukan ialah memverifikasikan website ke Google Search Console (atau yang dulu dikenal sebagai Google Webmaster Tool).


Ketika website Anda berhasil diverifikasi, Anda kemudian bisa melihat data-data yang berkaitan dengan website Anda di mesin pencari Google, mulai dari halaman error sampai mobile usability.


Selain menilai ‘kesehatan’ website Anda secara keseluruhan, di alat ini Anda juga bisa melihat bagaimana tampilan website Anda di mesin pencari (Sitelinks dan sebagainya), bagaimana Google harusnya mereferensikan website Anda di hasil pencarian (menggunakan www. atau non-www.), mengecek mobile-friendliness website Anda, submit sitemap, robots.txt, menentukan sasaran audiens menurut lokasi dan bahasa (href lang), dan masih banyak lagi.


Baca Juga:



  1. Lengkap: Cara Setting Plugin Yoast SEO

  2. Lengkap: Cara Setting Plugin All in One SEO Pack

  3. Lengkap: Tips Memilih Theme WordPress Untuk Blog Anda

  4. 11 Tips Agar Blog Cepat Terindeks Google

  5. 5 Taktik Efektif Dalam Mempromosikan Blog

  6. Menggunakan Custom Domain atau Top Level Domain (TLD)


Alat gratis Google ini juga bisa Anda gunakan untuk menyidik bagaimana sebuah query pencarian yang dipakai kuat pada hasil pencarian website Anda, ibarat impressions, jumlah klik, dan juga posisi website Anda (pada halaman ke berapa) untuk kata kunci tertentu.


3. Google Analytics 


 Alat Gratis Google untuk Digital Marketing 10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan


Google Analytics bisa dibilang sebagai salah satu alat gratis Google untuk content marketing yang paling kuat sampai kini. Anda bisa menganalisa content marketing yang Anda lakukan dengan mengetahui demografis pembaca, dari mana mereka tiba ke konten Anda, perangkat yang digunakan, bahkan OS yang digunakan.


Anda juga bisa melihat seberapa besar page views untuk tiap pengunjung yang kemudian kuat besar pada bounce rate website Anda.


Anda juga bisa membuat sebuah campaign khusus untuk suatu konten di website Anda, dan memakai Google Analytics untuk melihat performanya bagi para audiens.


4. Google Sheets

 Alat Gratis Google untuk Digital Marketing 10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan


Google Sheets sangat terkenal dan sudah sangat banyak penggunanya. Tidak terbatas pada kebutuhan yang berafiliasi dengan akutansi saja, Google Sheets juga bisa Anda gunakan untuk keperluan content marketing.


Contoh dasarnya ialah mengumpulkan keyword ke dalam sebuah dokumen dan kemudian mengklasifikasikannya ke dalam banyak sekali data ibarat volumen pencarian bulanan, kategori, target, dan sebagainya.


Jika Anda memakai Goole AdWords untuk mengekspor data-data keyword yang telah terkumpul, Google Sheets bisa dipakai untuk menampungnya, terutama untuk file dokumen yang berekstensi .xlsx maupun .csv.


Tak hanya terbatas pada hal di atas, Google Sheets juga memudahkan untuk menyimpan data-data email marketing outreach, mengumpulkan email pengunjung/customer, dan masih banyak lagi.


5. Google Docs

 Alat Gratis Google untuk Digital Marketing 10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan


Google Docs, dalam hal ini, sama fungsinya dengan Microsoft Word atau pun post editor di dalam dashboard website Anda. Google Docs kerap saya gunakan lantaran artikel yang saya tulis untuk content marketing bisa eksklusif tersimpan dan tersingkronisasi dengan akun Gmail yang saya gunakan untuk Google Drive.


Dengan tampilan yang lebih minimalis dan ringan, Google Docs saya sarankan untuk menulis konten. Meski memang tidak secara spesifik kuat pada content marketing, paling tidak alat ini gratis dan memudahkan dalam banyak sekali aspek.


6. Google Trends


 Alat Gratis Google untuk Digital Marketing 10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan


Sebagai content marketer, Anda harus ‘fasih’ bila berbicara ihwal tren ketika ini. Karena tujuan kita untuk meliputi khalayak ramai dengan konten yang menarik, sampai pada kesudahannya bisa membuat engagement dengan audiens, tren menjadi salah satu senjata terbaik bagi kita.


Google Trend menyediakan data untuk pencarian yang paling banyak dicari ketika ini. Dengan alat ini Anda bisa melihat data statistik pencarian untuk tema tertentu menurut lokasi.


Google melalui Google Trend akan merangkum beberapa informasi yang memang paling banyak dicari untuk pengguna, sehingga Anda bisa lebih gampang memanfaatkannya untuk keperluan online marketing.


 Alat Gratis Google untuk Digital Marketing 10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan


Anda bahkan bisa memantau kata kunci apa yang ketika ini paling dicari orang memakai Google secara live atau real time dengan visualisasi yang menarik. Alat ini masih merupakan kepingan dari Google Trend, diberi nama Google Trend Hot Searches.


7. Gmail


 Alat Gratis Google untuk Digital Marketing 10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan


Salah satu acara online marketing yang mempengaruhi tingkat penjualan ialah terhubung dengan audiens. Gmail merupakan salah satu produk favorit dari Google yang secara gratis bisa kita lakukan untuk menyimpan dan menyingkronkan kontak email ke berbagai perangkat.


Ada kalanya Anda memakai email untuk terhubung dengan pelanggan potensial. Anda bahkan bisa menghubungkan alamat email lain, terutama alamat email perusahaan dengan Gmail.


8. Google+


 Alat Gratis Google untuk Digital Marketing 10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib DigunakanGoogle+ bukanlah salah satu media umum favorit di Indonesia ibarat yang dibutuhkan oleh Google sebagai pemiliknya. Namun, tidak ada salahnya tetap memakai media umum ini untuk meningkatkan keberadaan Anda secara online.


Apalagi, Google+ sangat mempengaruhi hasil di mesin pencari. Contoh kasusnya ibarat ini. Jika Anda membagikan sebuah konten ke Google+, dan ketika seseorang mencari informasi di Google yang berkaitan dengan konten Anda, maka hasil di Google+ bisa menjadi laba bagi Anda.


Ketika seseorang mengklik hasil pencarian yang mengarah ke Google+ (yang isinya ialah konten website Anda), pengunjung tersebut kemudian akan mengklik link konten Anda yang kemudian akan mengarah ke website Anda.


Dari hal di atas, Google+ paling tidak akan membantu pemasaran konten Anda bila pun konten tersebut tidak mempunyai peringkat memuaskan di mesin pencari.


Jadi, ketika Anda membagikan konten di Facebook, Twitter, atau Linkedin, manfaatkan juga Google+ sebagai salah satu alternatif content marketing melalui media sosial.


9. Google Calendar


 Alat Gratis Google untuk Digital Marketing 10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan


Google Calendar ini fiturnya tidak hanya sebagai penunjuk tanggal ibarat kalender pada umumnya, namun juga bisa dipakai untuk merekam aktivitas, menjadwalkan kegiatan, dan sebagainya. Anda bisa menyingkronkan kegiatan yang tercatat di Google Calendar dengan banyak sekali perangkat, terhubung oleh satu akun Google saja.


Alat gratis Google ini penting untuk content marketing untuk:



  • Menjadwalkan kegiatan marketing dengan mengklasifikasikan jadwal promosi konten per tanggal.

  • Berkolaborasi dengan anggota tim lainnya dalam menentukan tanggal yang sempurna untuk promosi.

  • Melihat jadwal kosong, jadi Anda bisa fokus ke urusan online marketing lainnya.

  • Dan masih banyak lagi.


Data yang tercatat di Google Calendar kemudian akan singkron dengan akun Google Anda. Jadi setiap deadline, terdapat pemberitahuan untuk kegiatan content marketing.


10. Google My Business


 Alat Gratis Google untuk Digital Marketing 10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan


Khusus untuk pengelola bisnis lokal, Google My Business dihentikan dilewatkan untuk dijadikan sebagai senjata andalan. Dengan alat gratis ini, Anda bisa mendaftarkan lokasi fisik bisnis Anda di Google, terutama di hasil pencarian Google ketika pengunjung mencari informasi ihwal bisnis Anda.


Dengan Google My Business, Anda bisa mencatatkan informasi penting untuk bisnis Anda ibarat jam buka kantor, alamat lengkap, nomor telepon, sampai lokasi pada peta bahkan review dari pelanggan.


Dalam hal content marketing, Anda bisa memanfaatkan Google My Business untuk:



  • Menampilkan peta lokasi bisnis Anda di Google Maps.

  • Menampilkan deskripsi bisnis, semoga pelanggan sanggup lebih paham mengenai bisnis Anda.

  • Menampilkan foto lokasi bisnis Anda, terutama foto interior kantor beserta produk yang dijual.

  • Memberitahukan informasi lengkap mengenai bisnis Anda, terutama mengenai apa yang Anda jual dan bagaimana bentuk produk yang dijual.

  • Menampilkan review pengguna. Review pengguna bersifat umum dan bisa membangun reputasi bisnis Anda, yang akan sangat kuat pada content marketing yang Anda terapkan.


Penutup


Sampai di sini, Anda dibutuhkan paham bahwa content marketing tidaklah sebatas pada promosi konten blog saja. Apa yang Anda tuliskan sebagai informasi mengenai bisnis Anda ialah kepingan dari content marketing.


Dengan 10 alat gratis Google untuk content marketing di atas, Anda kemudian mampu meningkatkan upaya content marketing Anda secara gratis dan gampang dipakai yang akan sangat mempengaruhi content marketing Anda. Semoga bermanfaat!



Sumber https://www.seniberpikir.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "10 Alat Gratis Google Untuk Content Marketing Yang Wajib Digunakan"

Posting Komentar