Tips Sederhana Ini Akan Menciptakan Presentasimu Jadi Luar Biasa

Presentasi yakni salah satu sarana untuk memberikan ide, fatwa ataupun gagasan kepada orang lain. Pada dasarnya, banyak hal yang sanggup dilakukan untuk menciptakan presentasi kita menjadi lebih elegan dan istimewa, mulai dari aspek slide atau bahan yang disampaikan. Hingga aspek presenter atau pemateri yang memberikan informasi.
 Presentasi yakni salah satu sarana untuk memberikan inspirasi Tips Sederhana Ini Akan Membuat Presentasimu Kaprikornus Luar Biasa
Ilustrasi Presentasi Interaktif
Berikut ini akan dijabarkan beberapa tips - tips sederhana mengenai kedua aspek tersebut yang telah dirangkum oleh Tekno Aldebran :

1.Untuk Aspek Slide atau Materi yang Disampaikan

Desain Sederhana dan Praktis Untuk Diingat

Kesalahan awal yang umum dilakukan oleh kebanyakan orang yakni dalam hal menentukan desain dan background slide, sehingga sanggup memengaruhi kualitas bahan yang akan disampaikan. Akibatnya, audience kurang fokus dan malas untuk memperhatikan slide yang kita buat. Kita sanggup berinovasi dengan memakai konsep yang berbeda dari biasanya, menyerupai Flat Desain maupun tampilan slide presentasi bisnis. Dengan hal tersebut, sanggup dipastikan slide presentasi yang kita buat akan semakin keren.

Jenis Font yang Tepat

Pemilihan jenis font sangat menentukan tingkat efektifitas dalam penyampaian materi. Ada banyak pilihan font yang tersedia untuk presentasimu, menyerupai tipe font bold dan light, helvetica, din, bebas, ataupun century ghotic. Semua jenis font yang digunakan, hendaknya diubahsuaikan dengan tema bahan presentasi dan kreatifitas kita sendiri.

Hindari Pemakaian terlalu banyak kata dalam satu slide

Pada dasarnya, slide presentasi hanya dipakai untuk membantu kita dalam memvisualisasikan bahan saja. Bukan untuk menampilkan goresan pena secara utuh dan monoton. Tapi banyak diantara kita yang hanya menampilkan goresan pena utuh saja dalam satu slide. Sebaiknya dalam satu slide presentasi, bahan dibentuk dalam bentuk poin - poin atau kesimpulan. Dan jikalau harus memuat lebih banyak tulisan, usahakan hanya memakai maksimal 30 - 35 kata saja dalam satu slide. Dengan begitu, slide presentasi yang kita buat menjadi menarik dan gampang dicerna oleh audience.

Hindari terlalu banyak slide

Dalam menciptakan slide presentasi, memang tidak ada batasan jumlah slide yang ingin kita buat. Tetapi, hendaknya diubahsuaikan dengan efektifitas dan lamanya durasi bahan yang ingin disampaikan. Misalkan, dalam suatu sidang skripsi atau kiprah akhir. Ada beberapa jurusan dan fakultas yang memberi batasan jumlah slide maksimal sebanyak 20 - 25 slide saja. Hal ini dikarenakan, semakin banyak slide presentasi maka dinilai kurang efektif.  

2. Untuk Aspek presenter atau pemateri yang memberikan informasi

Ketahui terlebih dahulu latar belakang (Background) audience

Hal ini sangat penting sekali, alasannya yakni audience yang kita hadapi sanggup saja berasal dari latar belakang yang berbeda - beda yang diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi pada dikala itu. Dalam menghadapi hal tersebut, tentunya kita memakai kiat yang berbeda pula dalam memperlihatkan materi. Jangan hingga kita memperlihatkan bahan dengan gaya bahasa intelek / akademik kepada masyarakat awam. Pastinya mereka tidak akan paham apa yang kita sampaikan. Dalam hal ini, skill yang wajib dimiliki oleh presenter yakni bersikap luwes dan cerdik dalam menghadapi situasi.

Gunakan suatu alat bantu, contohnya Remote Pointer

Alat ini mempunyai kegunaan tidak hanya untuk presentasi saja, tetapi sanggup juga dipakai disaat anda merasa gugup. Menggenggam Remote Pointer terbukti ampuh menghilangkan rasa gugup tersebut, alasannya yakni tangan kita menggenggam sesuatu barang. Selain itu, presentasi kita akan menjadi lebih interaktif ketika memperlihatkan poin tertentu dalam slide.

Berinteraksi dengan audience

Ada satu lagi tindakan yang sangat fatal dilakukan oleh presenter, yaitu memperlakukan audience menyerupai patung. Pada kondisi tersebut, biasanya presenter hanya sibuk membaca dan menjelaskan materinya saja, tidak berinteraksi dengan audience. Hendaknya sesekali presenter melontarkan suatu pertanyaan atau meminta balasan dari audience. Selain itu, perhatikan juga kontak mata dan penguasaan ruangan. Jangan hanya terfokus pada satu sisi ruangan saja. Seorang presenter harus aktif bergerak, tetapi tetap dalam batas yang masuk akal dan tidak berlebihan.


Demikianlah tips sederhana yang sanggup anda praktekkan dikala presentasi. Semoga dengan tips tersebut, presentasi anda berjalan dengan lancar, elegan dan istimewa.



Sumber http://teknoaldebran.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tips Sederhana Ini Akan Menciptakan Presentasimu Jadi Luar Biasa"

Posting Komentar