Syarat Media Tanam Hidroponik Yang Baik Supaya Flora Subur


Hidroponik seolah menjadi pilihan utama masyarakat ketika ini dalam membudidaya tanaman, pasalnya dengan menggunakan metode ini kita tidak memerlukan lahan yang luas.





Hidroponik juga tidak memerlukan media tanam yang sulit dicari, beberapa materi bahkan tersedia di sekitar kita. Dikarenakan konsep menanam ibarat ini tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya, maka kita harus mencari pengganti yang sepadan untuk memenuhi asupan nutrisi tanaman.





Baca : Media Tanam Untuk Bibit Durian Beserta Tips Menanamnya





Kita bisa menggunakan air sebagai materi utama serta media tanam lain untuk penyangga tumbuhan ibarat sabut kelapa, arang sekam, rockwool, kerikil, pasir, dan masih banyak lagi.





Syarat Media Tanam Hidroponik





Di samping itu, perlu dipastikan media tanam yang hendak dijadikan hidroponik memenuhi beberapa syarat yang dianjurkan. Jika syarat tidak bisa dipenuhi sebaiknya Anda cari yang lain atau menggunakan jenis media tanam serupa namun kualitas lebih bagus.





1.Dapat membuang air dalam jumlah berlebih





Syarat pertama ialah media tanam hidroponik harus bisa membuang air dalam jumlah yang berlebihan. Dalam arti, bila air pada tumbuhan telah terlampau banyak maka tugas dari media tanam ialah memastikan air dalam jumlah yang baik sehingga tumbuhan tidak menjadi layu.





2.Bersifat gembur dan subur





Media tanam hidroponik yang baik haruslah mempunyai sifat gembur dan sanggup menyuburkan tanaman. Hal ini mutlak diharapkan segala jenis tumbuhan supaya bisa berkembang lebih baik, untuk itu pastikan syarat ini terpenuhi ibarat media tanam untuk hidroponik substrat.





3.Menyimpan air yang cukup untuk perkembangan tanaman





Semua jenis tumbuhan niscaya membutuhkan air untuk memaksimalkan pertumbuhannya, tanpa air tumbuhan mustahil tumbuh hingga besar. Maka dari itu, media tanam hidroponik yang baik mesti menyimpan air yang cukup.





Selain untuk menjaga tumbuhan tetap tumbuh sempurna, Anda pun tidak perlu repot sering-sering menyiram tumbuhan lantaran pasokan air telah terpenuhi dari media tanam.





4.Tidak mengandung garam laut





Pastikan media tanam yang Anda pakai tidak mengandung garam laut, lantaran membudidaya tumbuhan menggunakan metode hidroponik dilarang adanya kandungan garam laut, bisa-bisa tumbuhan tak akan berkembang atau bahkan mati.





5.Memiliki Ph atau tingkat keasaman netral





Media tanam dengan derajat keasaman tanah netral hingga alkalis sangat cocok digunakan untuk hidroponik. Ph yang memenuhi standar ialah sekitar 6-7, jadi pastikan media tanam memenuhi syarat tersebut sama ibarat cara menanam selada hidroponik dengan botol bekas.










6.Sirkulasi udara yang baik





Media hidroponik yang ideal yakni mempunyai kawasan sirkulasi udara yang baik, dikarenakan prinsip hidroponik itu sendiri yakni memberi kebutuhan berupa air serta jumlah nutrisi yang cukup, maka media tanam harus mempunyai rongga yang menyimpan oksigen untuk menjaga sirkulasi udara berjalan baik.





7.Murah dan berkualitas





Yang terakhir yakni media hidroponik mempunyai kualitas manis namun dijual dengan harga relatif murah. Untuk persoalan ini Anda harus pandai-pandai mencari toko yang mempunyai produk kelas atas namun harga masih sanggup dijangkau.





Pastinya banyak laba yang akan Anda dapat, selain mengakibatkan tumbuhan tumbuh lebih subur tentu akan lebih menghemat uang Anda. Tetapi bila Anda ingin membeli media tanam yang agak mahal harganya namun sudah terjamin kualitasnya maka silahkan saja, semua itu diadaptasi dengan budget Anda.





Sekian klarifikasi mengenai media tanam hidroponik yang baik, agar sanggup memberi pengetahuan kepada Anda terkait budidaya tanaman. Jika Anda ingin mengetahui hidroponik lebih lanjut maka silahkan membaca manfaat tumbuhan hidroponik di sekolah serta media tanam hidroponik cocopeat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Syarat Media Tanam Hidroponik Yang Baik Supaya Flora Subur"

Posting Komentar