Perbedaan Warna Hangat Dan Warna Dingin

Bagaimana kita tahu warna mana yang terbaik untuk setiap desain? Desainer selalu berbicara ihwal istilah-istilah menyerupai warna hangat (warm colour) dan warna masbodoh (cool colour). Apa yang sesungguhnya mereka maksud dengan warna hangat dan warna masbodoh ? Mendapatkan pemahaman ihwal istilah-istilah ini akan membantu kita menentukan warna ketika mendesain arsitektur bangunan maupun interior.

Desainer interior biasanya memakai warna sebagai salah satu alat utama mereka untuk membuat interior rumah yang indah. Warna hangat dan masbodoh sanggup secara visual memperluas atau mengecilkan ruang, menaikkan dan menurunkan langit-langit Anda, dan bahkan memengaruhi perasaan Anda.

Bagaimana kita tahu warna mana yang terbaik untuk setiap desain Perbedaan Warna Hangat dan Warna Dingin
Lukisan dengan warna hangat dan warna dingin


Setelah perencanaan skema dan bangunan rumah, warna yakni salah satu aspek desain yang paling penting untuk ruang atau ruangan. Untuk merancang ruang yang sanggup meningkatkan kesehatan, kesejahteraan, dan kecantikan, Anda juga perlu memahami psikologi warna. Hal ini sanggup membuat atau meremajakan suasana hati Anda, membuat Anda tersenyum, menghilangkan stres Anda dan membantu Anda tidur malam lebih nyenyak.

Mengetahui warna mana yang memperlihatkan nuansa hangat dan yang memperlihatkan nuansa masbodoh yang sanggup membuat penataan rumah Anda sedikit lebih mudah. Warna yakni konsep yang sangat luas untuk dijelajahi, tetapi, dalam artikel ini, Arsitur akan membahas ihwal apa itu warna Hangat dan Dingin, perbedaan dasarnya dan bagaimana warna hangat dan warna masbodoh ini akan membantu Anda ketika membuat skema warna untuk interior rumah Anda.

Memahami Roda Warna


Bagaimana kita tahu warna mana yang terbaik untuk setiap desain Perbedaan Warna Hangat dan Warna Dingin
Roda warna hangat dan warna dingin

Mari kita mulai dari roda warna yang banyak, dan dengan warna-warna primer, merah, kuning dan biru, lantaran semua variasi warna lainnya dicapai dengan mencampurkan ketiga warna ini.

Bagan roda warna sanggup membantu kita memahami kategori umum warna hangat dan dingin. Warna ini tersedia dalam bentuk cat yang terjual secara online atau di toko cat mana saja. Kita sanggup menentukan warna hangat dan warna masbodoh yang menyenangkan untuk menghias kamar.

Warna Hangat dan Warna Dingin dalam Desain

Kita akan sanggup dengan cepat memahami dan mencicipi makna yang terkait dengan warna-warna hangat dengan matahari, sebagai sumber kehidupan dan kehangatan bagi semua orang menyerupai Merah, Kuning dan Oranye. Di sisi lain, bila kita memikirkan gunung bersalju yang sejuk, kita mendapat warna keren menyerupai Hijau, Biru dan Violet. Mengetahui cara memakai roda warna untuk kesan ruang yakni penggalan penting dalam ilmu desain apapun.

Warna Hangat dan Efeknya pada Ruangan


Sisi roda warna yang terdiri dari merah, kuning, oranye bersama dengan banyak sekali kombinasi warna lainnya, biasanya disebut sebagai warna hangat.

Warna-warna hangat sering mengingatkan kita pada sinar matahari, pasir, api, dan panas. Karena itu, warna ini biasanya menarik perhatian dan umumnya dianggap energik atau menggairahkan!

Warna-warna hangat memberi Anda kedekatan dan memperlihatkan lingkungan yang sangat nyaman. Warna-warna ini sanggup membuat ruangan besar tampak lebih bersahabat dan lebih mengundang. Misalnya bila Anda mempunyai ruangan yang terlalu besar, coba warnai dengan warna yang lebih gelap dengan nada warna yang hangat. Maka itu akan membuat kamar Anda terlihat lebih nyaman.

Biasanya warna-warna ini cenderung mempunyai semua kualitas kehangatan, lantaran panas, pedas sanggup menstimulasi dan membangkitkan emosi kita yang sangat membutuhkan kehangatan. Ini yakni alasan mengapa Merah yakni warna yang paling sukses di pasar untuk produk-produk menyerupai lipstik Merah, Coca-Cola, Ferrari, dll.

Bagaimana kita tahu warna mana yang terbaik untuk setiap desain Perbedaan Warna Hangat dan Warna Dingin
Interior restoran dengan warna hangat

Dalam desain interior, warna-warna hangat cocok dengan gaya dekorasi tradisional dan juga di ruang sosial/publik rumah kita, menyerupai ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Warna hangat juga ideal untuk restoran dan bar, di mana acara sosialisasi, makan dan minum sangat dominan.

Bahkan untuk tujuan kesehatan, warna-warna ini juga dikenal untuk meningkatkan imbas adrenalin (hormon yang meningkatkan laju sirkulasi darah, metabolisme karbohidrat, dll) dan laju pernapasan, meningkatkan tekanan darah dan suhu tubuh, sehingga membuat Anda merasa lebih hangat. Jelas, semakin berpengaruh warnanya semakin berpengaruh efeknya.

Warna Dingin dan Efeknya pada Ruangan

Warna masbodoh dipakai untuk menggambarkan warna apa pun yang bersifat hening atau menenangkan. Pada dasarnya, warna masbodoh yakni sisi roda warna di mana kita melihat warna Biru, hijau, dan ungu. Sebagai teladan ketika kita memikirkan danau atau sumber air yang dingin, kita biasanya melihat warna-warna dingin.

Warna-warna sejuk yang menenangkan dan tentram membantu menenangkan emosi dan mempertajam pikiran kita, dengan memungkinkan pikiran kita melaksanakan pekerjaan terbaik. Inilah sebabnya mengapa biru biasanya yakni warna yang paling terkenal untuk pakaian dan kemeja bisnis, serta seragam.

Selain itu, warna sejuk yakni yang terbaik untuk ruangan dimana konsentrasi, ketenangan dan istirahat yakni yang paling penting, menyerupai kamar tidur, kantor, dan kamar bayi.

Warna masbodoh sanggup secara efektif mengurangi panas di kamar yang terlalu panas di demam isu panas. Jika Anda mempunyai ruangan yang mendapat banyak sinar matahari, cobalah menyeimbangkan suasana dengan warna-warna sejuk, menyerupai hijau renta dan biru laut.

Warna-warna sejuk juga bagus untuk kamar-kamar kecil, di mana Anda ingin ruangan Anda tampak besar, lantaran warna-warna ini cenderung membuat ruangan kecil Anda lebih besar.

Warna-warna masbodoh bekerja dengan baik untuk kamar tidur di mana kita ingin bersantai menyerupai kamar tidur dengan warna biru laut, mereka menyerap cahaya dibanding memantulkannya. Mereka mempunyai kecenderungan untuk "mundur" atau "memperluas" ruangan dengan membuat ruang lebih besar demi kenyamanan.

Bagaimana kita tahu warna mana yang terbaik untuk setiap desain Perbedaan Warna Hangat dan Warna Dingin
Interior kamar tidur dengan warna dingin

Oleh lantaran itu, warna yang masbodoh sering dipakai untuk mengecat dinding ruangan kecil semoga terlihat lebih besar. Misalnya bila kita mempunyai kamar tidur kecil dan ingin mempunyai tampilan yang lebih besar, maka coba cat dinding dengan warna biru muda semoga lebih luas.

Desain kamar yang sukses akan selalu mempunyai kombinasi warna hangat dan warna masbodoh dalam konteks desain, tetapi biasanya satu atau yang lain harus mendominasi. Warna sering menambahkan "kepribadian" ke ruang, lantaran sanggup seimbang dengan warna netral.

Demikian mengenai perbedaan warna hangat dan warna dingin, silahkan berkomentar mengenai warna favorit Anda. Semoga bermanfaat.
Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Perbedaan Warna Hangat Dan Warna Dingin"

Posting Komentar