√ Pengertian Dan Ciri Ciri Kota

Pengertian dan Ciri Ciri Kota - Bagaimana bergotong-royong kota itu?, Apa ciri-ciri yang dimiliki sebuah kota?. Kamu tentu sudah sering mendengar aneka macam sebutan kota, menyerupai kota metropolitan, kota modern, kota satelit, atau kota masa depan. Dalam sistem manajemen wilayah di Indonesia kau juga mengenal istilah kota dan kabupaten. Apa sih bergotong-royong kota itu? Ketika mendengar kata kota, pikiran kau tentu menunjuk suatu tempat yang sangat ramai, kemudian lintas yang padat, pertokoan yang berderetderet, dan akomodasi umum yang tersedia di aneka macam tempat.

Terlepas dari segala kemewahan yang ditawarkan, kota menyimpan sejuta permasalahan. Permasalahan di kota jauh lebih kompleks jikalau dibandingkan dengan desa. Masalah kota yang sering muncul ialah kepadatan penduduk dan kemacetan kemudian lintas. Permukiman sangat padat dan orang sanggup berjam-jam di jalanan alasannya terjebak kemacetan. Masalah kota yang lain ialah pencemaran udara, kriminalitas, lahan permukiman yang sempit, dan kekumuhan.





Bagaimana bergotong-royong kota itu? Kamu sanggup mengikuti pemaparan perihal kota sebagai berikut.
1. Pengertian Kota
Para jago memberi pengertian perihal kota sesuai dengan sudut pandang keilmuannya masing-masing. Pengertian kota berdasarkan beberapa jago sebagai berikut.

a. (Bintarto)
Kota sebagai kesatuan jaringan kehidupan insan yang ditandai dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan diwarnai dengan strata sosial ekonomi yang heterogen serta coraknya materialistis. Masyarakat kota terdiri atas penduduk orisinil daerah tersebut dan pendatang. Masyarakat kota merupakan suatu masyarakat yang heterogen, baik dalam hal mata pencaharian, agama, adat, dan kebudayaan.
b. (Max Weber)
Kota ialah suatu tempat yang penghuninya sanggup memenuhi sebagian besar kebutuhan ekonominya di pasar lokal. Ciri kota ialah adanya pasar sebagai benteng serta memiliki sistem aturan tersendiri dan bersifat kosmopolitan.

c. (Louis Wirth)
Kota ialah permukiman yang relatif besar, padat, dan permanen, dihuni oleh orang-orang yang heterogen kedudukan sosialnya.

d. (Arnold Toynbee)
Kota selain merupakan permukiman juga merupakan suatu kekompleksan yang khusus dan tiap kota mengatakan pribadinya masing-masing.

e. (Grunfeld)
Kota ialah suatu permukiman dengan kepadatan penduduk yang lebih tinggi daripada kepadatan penduduk nasional, struktur mata pencaharian nonagraris, dan sistem penggunaan tanah yang beraneka ragam, serta ditutupi oleh gedung-gedung tinggi yang lokasinya berdekatan.

f. (Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 1987, pasal 1)
Disebutkan kota ialah sentra permukiman dan acara penduduk yang memiliki batasan manajemen yang diatur dalam perundang-undangan, serta permukiman yang telah menunjukkan tabiat dan ciri kehidupan perkotaan.



Apa ciri-ciri yang dimiliki sebuah kota? Menurut Bintarto, ciriciri kota dibedakan menjadi dua sebagai berikut.

a. Ciri-Ciri Fisik
Di wilayah kota terdapat:
1) Sarana perekonomian menyerupai pasar atau supermarket.
2) Tempat parkir yang memadai.
3) Tempat rekreasi dan olahraga.
4) Alun-alun.
5) Gedung-gedung pemerintahan.

b. Ciri-Ciri Sosial
1) Masyarakatnya heterogen.
2) Bersifat individualistis dan materialistis.
3) Mata pencaharian nonagraris.
4) Corak kehidupannya bersifat gesselschaft (hubungan kekerabatan mulai pudar).
5) Terjadi kesenjangan sosial antara golongan masyarakat kaya dan masyarakat miskin.
6) Norma-norma agama tidak begitu ketat.
7) Pandangan hidup lebih rasional.
8) Menerapkan seni manajemen keruangan, yaitu pemisahan kompleks atau kelompok sosial masyarakat secara tegas.




Versi bahan oleh Eni A dan Tri H


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Dan Ciri Ciri Kota"

Posting Komentar