✔ Pasar Oligopoli

PASAR OLIGOPOLI
Oligopoli ialah Suatu pasar yang dikuasai oleh beberapa perusahaan saja dalam suatu wilayah
Contoh : Industri Mobil di amerika,dimana dalam industi kendaraan beroda empat di amerika serikat hanya terdapat perusahaan ibarat ford,general motors,chrysler,cadillac dan chevrolet yang menguasai pasar kendaraan beroda empat di amerika serikat,sedangkan produsen kendaraan beroda empat yang berasal dari luar amerika serikat ibarat honda,nissan,dan toyota dari jepang serta bmw,ferrari,mercedez – benz dari benua eropa hanya menguasai beberapa wilayah kecil dari amerika serikat.
Berikut ini dampak yang ditimbulkan :
·         Dampak negatif yang ditimbulkan :
a. Keuntungan yang terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang
b. Timbul inefisiensi produksi
c. Harga tinggi yang relatif stabil (sulit turun) menunjang inflasi yang kronis

yang mana maksud dari :
A.    Keuntungan yang terlalu besar bagi produsen dalam jangka waktu panjang.
Industri kendaraan beroda empat di amerika serikat ibarat ford dan general motors akan mendapat laba yang besar lantaran industri tersebut yang menentukan harga,dengan kata lain jikalau seandainya general motors yaitu price leader atau pembuat harga maka ford,chevrolet,dan chrysler akan mengikuti harga yang dibentuk oleh general motors sehingga harga kendaraan beroda empat dari 4 perusahaan tersebut relatif sama.sehingga menawarkan mereka laba yang lebih dari pada industri yang memakai sistem persaingan sempurnaa yang mana harganya ditentukan oleh seruan dan penawaran.

B.     Timbulnya Inefisiensi Produksi
Efisiensi penggunaan sumber daya akan tercapai apabila ongkos marjinal sama dengan harga. Pada umumnya keadaan ini tidak di capaipada pasar oligopoly. Tetapi jikalau di pandang dari sudut skala irit yang mungkin di peroleh, terdapat kemungkinan bahwa perusahaan oligopoly akan memproduksi barang dengan ongkos yang lebih rendah daripada perusahaan yang ada dalam persaingan sempurna. Terdapat rintangan yang berpengaruh untuk sanggup masuk ke pasar oligopoly, akan terjadi perang harga, dan produsen sanggup melaksanakan kerjasama (kartel) yang pada alhasil akan merugikan konsumen.

C.     Harga tinggi yang relatif stabil ( sulit turun ) menunjang inflasi kronis.
Harga kendaraan beroda empat dari ford dan general motor dan lainya yang tergabung dalam oligopoli yang sulit turun menciptakan nilai dari mata uang akan semakin turun ( inflasi ) lantaran nilai mata uang tersebut tidak sanggup lagi membeli kendaraan beroda empat yang diinginkan.
Contoh : harga kendaraan beroda empat ford pada bulan juli 2010 seharga $ 200,000 dan pada bulan agustus seharga $ 250,000 dan bulan bulan berikutnya harga kendaraan beroda empat ford naik $ 5,000/bulan yang dengan itu menciptakan nilai uang yang ada pada bulan juli $200,000 tapi inggin membeli kendaraan beroda empat tersebut bulan agustus menjadikan terjadinya inflasi,sebab dari sistem pasar monopoli yang tidak mengenal harga turun melainkan harga naik.

Dampak faktual yang ditimbulkan oleh oligopoli adalah

1.      Mendorong perkembangan teknologi dan inovasi.

   Struktur pasar ini yang paling menawarkan dorongan terbesar dalam membuatkan teknologi dan inovasi. Hal ini dikarenakan perusahaan mendapat untung yang lebih dari normal dan menekankan persaingan dimana sangat membahayakan kedudukan perusahaan dalam industry. Keuntungan yang lebih di sebabkan perusahaan gres sulit untuk memasuki pasar ini. Sehingga laba lebih normal dalam berlangsung dalam jangka panjang dan perusahaan mempunyai dana yang cukup untuk kepentingan melaksanakan riset dalam membuatkan teknologi serta melaksanakan inovasi. Selain itu melaksanakan pengembangan teknologi dan melaksanakan persaingan dalam pasar ini, alasannya yaitu perusahaan mustahil melaksanakan persaingan dalam harga.

2.      Membuat konsumen bebas menentukan produk yang sesuai kenginginanya yaitu dimana konsumen bebas menentukan dari produk – produk yang tercipta dari penemuan dan teknologi industri kendaraan beroda empat yang sesuai keinginanya dan kebutuhanya yang menciptakan konsumen puas.
























Contoh.2
Industri bensin di amerika serikat yang hanya dikuasai oleh beberapa perusahaan ibarat exxon mobile,chevron,conoco phillips,shell oil company dan texaco yang menguasai pasar bensin di amerika serikat adapun industri bensin yang lainnya ibarat petronas dan sinclair oil hanya menguasai beberapa wilayah yang kecil yang jauh dari wilayah industri bensin yang melaksanakan oligopoli.

Kelebihan dari oligopoli yang dilakukan industri bensin tersebut  antara lain sebagai berikut :
1. Terdapat sedikit pemjual lantaran memerlukan investasi besar
2. Penjual sedikit sehingga sanggup mengendalikan harga


·         Maksud dari terdapat sedikit penjual bensin lantaran memerlukan investasi yang besar,yaitu dimana untuk masuk dalam pasar industri gres harus mempunyai modal yang sangat besar sedangkan kita tahu jikalau industri gres biasanya tidak sanggup mempunyai modal yang eksklusif besar.

·         Penjual bensin sedikit sehingga sanggup mengendalikan harga bensin,karena adanya industri bensin yang menjadi price leader ( pembuat harga ) sehingga harganya di ikuti oleh industri bensin lainya yang menciptakan terkendalinya harga bensin.
                    Kekurangan dari oligopoli yang dilakukan industri bensin tersebut antara lain
                     Sebagai berikut :
             
1. Terdapat rintangan yang berpengaruh untuk masuk kepasar oligopoli kerena investasi tinggi
2. Industri bensin sanggup kerjasama ( Kartel )
Kartel yaitu suatu perjanjian resmi diantara beberapa perusahaan dalam oligopoli. Perjanjian tersebut menetapkan harga yang akan dibebankan seluruh perusahaan dan sering menetapkan kuota atau pangsa pasar dari banyak sekali perusahaan. Kartel yaitu ilegal di sebagian besar negara-negara dunia. OPEC yaitu referensi utama dari kartel. Dia timbul lantaran ia berada diluar pengendalian suatu negara individual

Maksud dari terdapat rintangan yang berpengaruh untuk masuk ke pasar lantaran investasi yaitu :
Dimana perusahaan yang ingin masuk ke industri minyak di amerika ibarat pertamina harus mempunyai investasi yang besar supaya sanggup bergabung dalam pasar,sedangkan jikalau investasi yang dimiliki kecil maka sinclair oil tidak sanggup masuk ke pasar dan jikapun ia sanggup masuk ia hanya akan sanggup menguasai pasar bensi yang kecil yang tidak dimasuki oleh industri bensin yang tergabung dalam oligopoli tersebut.
Maksud dari industri bensin sanggup berkerja sama ( kartel ) yaitu dimana industri bensin ibarat exxon mobile,chevron,shell oil company,conoco phillips dan texoco melaksanakan perjanjian dalam menentukan kouta bensin kepasar dengan kata lain jikalau industri bensin tersebut baiklah untuk menciptakan kouta yang lebih rendah dari seruan pasar menciptakan harga bensin tersebut akan menjadi naik yang sesuai dengan aturan seruan dimana “ jikalau persediaan terbatas dan seruan tinggi menciptakan harga dari barang tersebut naik,dan sebaliknya “.

Dampak Negatifnya ialah :
  •   Keuntungan yang  yang  terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang
  •   Timbul inifisiensi produksi
Maksudya yang pertama  yaitu dimana industri bensin tersebut mendapat laba yang besar lantaran sedikitnya pesaing mereka dan harga bensin tersebut sanggup dinaikan diatas harga sewajarnya alasannya yaitu tidak adanya pesaing dan penguasaan mereka terhadap pasar yang menciptakan konsumen rugi.

Maksud dari yang kedua yaitu

Efisiensi penggunaan sumber daya akan tercapai apabila ongkos marjinal sama dengan harga. Pada umumnya keadaan ini tidak di capai pada pasar oligopoly. Tetapi jikalau di pandang dari sudut skala irit yang mungkin di peroleh, terdapat kemungkinan bahwa perusahaan oligopoly akan memproduksi barang dengan ongkos yang lebih rendah daripada perusahaan yang ada dalam persaingan sempurna. Terdapat rintangan yang berpengaruh untuk sanggup masuk ke pasar oligopoly, akan terjadi perang harga, dan produsen sanggup melaksanakan kerjasama (kartel) yang pada alhasil akan merugikan konsumen.

Dampak Positif :
1.      Pajak yang diterima pemerintah semakin besar akhir dari semakin tingginya pendapatan industri bensin yang tergabung dalam oligopoli
2.    melakukan penelitian dan pengembangan supaya sanggup mempertahankan konsumen
3.    lebih memperhatikan kepuasan konsumen,karena jikalau konsumen puas terhadap bensin yang disediakan menciptakan perusahaan akan tetap hidup dan mendapat laba yang besar.


Contoh 3. Dimana industri pertelevisian yang membentuk dalam industri oligopoli ibarat sony,polytron,LG,samsung,dan sharp yang menguasai pasar televisi yang menciptakan para pesaing potensial mereka terutama industri pertelevisian sangat sulit untuk memasuki pasar,jika industri pertelevisian itu masuk industri itu hanya menguasai sedikit pasar yaitu kawasan yang tidak dijangkau oleh industri yang tergabung dalam oligopoli tersebut.
Dampak Positif :
                      1.  Pajak yang diterima pemerintah semakin besar akhir dari semakin tingginya      pendapatan industri pertelivisian yang tergabung dalam oligopoli
2.     melaksanakan penelitian dan pengembangan supaya sanggup mempertahankan konsumen
3.lebih memperhatikan kepuasan konsumen,karena jikalau konsumen puas    terhadap televisi yang disediakan menciptakan perusahaan akan tetap hidup dan mendapat laba yang besar.
  Dampak negatif :
                      1.Keuntungan yang  yang  terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang
            2.Timbul inifisiensi produksi
Maksudya yang pertama  yaitu dimana industri pertelevisian tersebut mendapat laba yang besar lantaran sedikitnya pesaing mereka dan harga bensin tersebut sanggup dinaikan diatas harga sewajarnya alasannya yaitu tidak adanya pesaing dan penguasaan mereka terhadap pasar yang menciptakan konsumen rugi.

Maksud dari yang kedua yaitu

Efisiensi penggunaan sumber daya akan tercapai apabila ongkos marjinal sama dengan harga. Pada umumnya keadaan ini tidak di capai pada pasar oligopoly. Tetapi jikalau di pandang dari sudut skala irit yang mungkin di peroleh, terdapat kemungkinan bahwa perusahaan oligopoly akan memproduksi barang dengan ongkos yang lebih rendah daripada perusahaan yang ada dalam persaingan sempurna. Terdapat rintangan yang berpengaruh untuk sanggup masuk ke pasar oligopoly, akan terjadi perang harga, dan produsen sanggup melaksanakan kerjasama (kartel) yang pada alhasil akan merugikan konsumen
Sumber http://candraekonom.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ Pasar Oligopoli"

Posting Komentar