Operasi Aljabar

Operasi Aljabar. Aljabar yaitu suatu bentuk matematika yang sanggup mempermudah masalah-masalah yang sulit dengan memakai huruf-huruf. Huruf-huruf ini mewakili bilangan yang belum diketahui dalam perhitungan.


Sebagai contohnya, Ida membeli 3 buah buku dan 5 buah pensil seharga Rp. 42.000. Jika harga sebuah buku yaitu 3 kali harga sebuah pensil, berapa harga masing-masing buku dan pensil? Bagaimana menuntaskan duduk kasus tersebut? Pelajari bahan ini untuk mengetahui jawabannya.


A. Operasi Aljabar


Bentuk Aljabar


 Aljabar yaitu suatu bentuk matematika yang sanggup mempermudah duduk kasus Operasi AljabarBentuk aljabar yaitu suatu kalimat matematika yang melibatkan angka (konstanta), karakter (variable atau pengubah), koefisien, dan pengerjaan hitung.


Contoh;

3a  artinya 3 x a = a + a + a


 Aljabar yaitu suatu bentuk matematika yang sanggup mempermudah duduk kasus Operasi Aljabarartinya a x a x a


3ab artinya 3 x a x b atau ab + ab + ab


Faktor


Brntuk aljabar 3a= 3 x a maka 3a mempunyai faktor-faktor, yaitu 3 dan a. 3 disebut faktor angka atau koefisien dari a. a disebut sebagai faktor karakter atau variable.


Suku, koefisien, dan konstanta


 Aljabar yaitu suatu bentuk matematika yang sanggup mempermudah duduk kasus Operasi AljabarBentuk aljabar di atas mempunyai 5 suku. Bilangan-bilangan 3, 9, -6, 1 dan -8 disebut sebagai koefisien dari bentuk aljabar. Lebih jelasnya sanggup dijabarkan sebagai berikut ini:


 Aljabar yaitu suatu bentuk matematika yang sanggup mempermudah duduk kasus Operasi Aljabardisebut suku pertama dan mempunyai koefisien 3.

 Aljabar yaitu suatu bentuk matematika yang sanggup mempermudah duduk kasus Operasi Aljabardisebut suku kedua dan mempunyai koefisien 9.

 Aljabar yaitu suatu bentuk matematika yang sanggup mempermudah duduk kasus Operasi Aljabardisebut suku ketiga dan mempunyai koefisien -6

A disebut suku keempat dan mempunyai koefisien 1.

-8 disebut suku kelima dan disebut sebagai konstanta.


Suku sejenis


Suku-suku yang mempunyai variable sama dan pangkat variabelnya sama disebut sebagai suku-suku sejenis. Missal pada bentuk aljabar


 Aljabar yaitu suatu bentuk matematika yang sanggup mempermudah duduk kasus Operasi AljabarSuku   Aljabar yaitu suatu bentuk matematika yang sanggup mempermudah duduk kasus Operasi Aljabarmerupakanm suku sejenis.


Suku   Aljabar yaitu suatu bentuk matematika yang sanggup mempermudah duduk kasus Operasi Aljabarmerupakan suku sejenis.


Suku  Aljabar yaitu suatu bentuk matematika yang sanggup mempermudah duduk kasus Operasi Aljabarbukan suku sejenis


B. Pengerjaan Hitung Aljabar


Sifat pengerjaan hitung bentuk aljabar


Komutatif


a + b = b + a (pada penjumlahan)

a x b = b x a ( pada perkalian)


Asosiatif


(a + b) + c = a + (b + c)

(a. b) c = a (b. c) (pada perkalian)


Distributif


a ( b + c ) = ab + ac (pada perkalian terhadap penjumlahan)

a (b – c) = ab – ac (pada perkalian terhadap pengurangan)


Perkalian konstanta dengan bentuk aljabar bersuku dua


k (a + b) = ka + kb

k (a – b) = ka – kb

a dan b suatu variable dan k konstanta


Penjumlahan dan pengurangan suku-suku sejenis


Suatu bentuk aljabar yang mengandung suku-suku sejenis sanggup disederhanakan dengan cara menjumlahkan dan mengurangkan suku-suku sejenis yang ada. Proses ini dilakukan dengan sifat distributif.


Contoh:

7b + 2b = (7 +2) b

= 9b


Perkalian dan pembagian bentuk aljabar


Perkalian dan pembagian bentuk aljabar sanggup dilakukan dengan cara mengalikan atau membagi koefisien-koefisiennya terlebih dahulu, lalu mengali atau membagi variable-variablenya.


Contoh :

-2p x 2q x 6r = -2 x 2 x 6 x p x q x r = -24 x pqr = -24 pqr


Berikut ini ada beberapa latihan soal mengenai bentuk aljabar, silahkan dikerjakan ya..

(x + 13) (x + 4)

(x – 2) (x + 6)

(x + 8) (-7 + x)

(-2 + x) (x – 25)

(x + 10 ) (-5 – x)


Itulah sahabat bahan pembahasan mengenai operasi aljabar. Semoga bermanfaat. Jangan lupa like dan share. Terima kasih telah berkunjung ke bangkusekolah.com.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Operasi Aljabar"

Posting Komentar