Mengenal Programable Logic Controllers (Plc) Modicon M580

 Hari ini Om BT akan sharing article ihwal  Mengenal Programable Logic Controllers (PLC) MODICON M580
Gambar PLC Modicon M580
Dear sobat BT, bahagia bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing article ihwal Programmable Logic Control (PLC) MODICON M580. 

Sebelumnya om BT sudah pernah membahas sedikit terkait dengan Apa itu Programmable Logic Control (PLC).

Nah kali ini kita akan membahas jenis lain dari PLC itu sendiri, yakni PLC Modicon M580.

Tingkat kemajuan moderniasasi ketika ini tentu sanggup kita  lihat berkembang dengan sangat pesat, tak terkecuali di dunia industri. Semua ini berawal dari Revolusi Industri yang terjadi di Eropa puluhan tahun silam, dan insan pada kenyataanya selalu mencari sesuatu yang bisa memudahkan segala urusan mereka. Agar segala sesuatunya sanggup berjalan dengan mudah.

Sekilas Tentang PLC, Apa Itu PLC ?

Programmable Logic Controllers (PLC) ialah komputer elektronik yang gampang digunakan (user friendly) yang mempunyai fungsi kendali untuk aneka macam tipe dan tingkat kesulitan yang beraneka ragam. Definisi Programmable Logic Controller berdasarkan Capiel (1982) ialah sistem elektronik yang beroperasi secara digital dan didesain untuk pemakaian di lingkungan industri, dimana sistem ini memakai memori yang sanggup diprogram untuk penyimpanan secara internal instruksi-instruksi yang mengimplementasikan fungsi-fungsi spesifik ibarat logika, urutan, perwaktuan, pencacahan dan operasi aritmatik untuk mengontrol mesin atau proses melalui modul-modul I/O digital maupun analog.

Berdasarkan namanya konsep PLC ialah sebagai berikut :
  1. Programmable, mengatakan kemampuan dalam hal memori untuk menyimpan aktivitas yang telah dibentuk yang dengan gampang diubah-ubah fungsi atau kegunaannya.
  2. Logic, mengatakan kemampuan dalam memproses input secara aritmatik dan logic (ALU), yakni melaksanakan operasi membandingkan, menjumlahkan, mengalikan, membagi, mengurangi, negasi, AND, OR, dan lain sebagainya.
  3. Controller, mengatakan kemampuan dalam mengontrol dan mengatur proses sehingga menghasilkan output yang diinginkan.  
Lalu, Apa itu PLC MODICON M580 ?

PLC MODICON M580 ialah merupakan proses automation controller yang mempunyai 3 fitur dalam tekhnologi automation , diantaranya 

1. Ethernet Back Bone

Fitur ethernet back bone ini ialah semua komunikasi termasuk bus backplane dikelola pada ethernet terbuka backbone dari jaringan kontrol (SCADA, DCS) ibarat jaringan lapangan melalui I/O jarak jauh atau terdistribusi. 

Pemrosesan ethernet dikelola pribadi oleh pengontrol yang mempunyai pemrosesan ethernet dibangun ke initnya.

Semua modul ibarat remote I/O, distributed I/O terhubung secara pribadi ke Modicon M580 melalui ethernet.

2.  IT Integration

Dalam fitur ini, Modicon M580 menyediakan sebuah modul yang kompetible dengan M580 dan bisa ditaruh dalam 1 backplane yang mengakibatkan lebih efisien dan ringkas.

Modul IT Integration itu sendiri mencakup gateway, router, wifi pribadi berupa modul; yang terhubung pribadi dengan M580 blackplane tanpa memerlukan konfigurasi komplemen sebab bisa dikonfigurasi pribadi dari modul M580.

3. Embedded Cyber Security

Untuk mengatasi problem keamanan dunia maya ketika ini, keamanan dibentuk untuk setiap problem M580 yang menyediakan sistem terbuka, namun sepenuhnya aman. 

Dalam fitur ini membantu memastikan sistem sanggup dilindungi. 

Pada modul CPU dari M580, ini merupakan proses identifikasi dan autorisasi yang digunakan, sehingga hanya orang orang tertentu saja yang bisa memakai pribadi ke modul M580, hal ini tentu menciptakan sistem bisa lebih aman, sehingga memastikan sistem bisa dilindungi dari serangan Cyber.
Demikian sedikit pengenalan ihwal PLC  (Programmable Logic Control) MODICON M580. Semoga bermanfaat. [bt]

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mengenal Programable Logic Controllers (Plc) Modicon M580"

Posting Komentar