√ Lewat Perjuangan Kerajinan Action Figure Capres, Iwan Serukan Pemilu Damai!

 ternyata membawa berkah bagi sebagian orang √ Lewat Usaha Kerajinan Action Figure Capres, Iwan Serukan Pemilu Damai! Panasnya pilpres 2019 ternyata membawa berkah bagi sebagian orang. Salah satunya seniman asal Solo, Iwan Agus Wiryawan, yang menciptakan karya action figure calon presiden, Jokowi dan Prabowo. Uniknya bermacam-macam kreasi kerajinan action figure capres ini dibentuk dengan verbal jenaka.


Tim Bisnis UKM sempat kesulitan mencari rumah Iwan di Kampung Jajar, Laweyan, Solo. Namun hal itu seketika terobati ketika melihat detail lucu miniatur kedua calon presiden buatan Iwan. Bapak dua anak itu menciptakan boneka Jokowi dan Prabowo dengan verbal tersenyum dan sanggup menggelengkan kepala.


Iwan mulai menekuni dunia seni kerajinan action figure pada tahun 2000-an. Berbekal belasan tahun melukis, pensiunan petugas keamanan bank ini perlahan memperbaiki detail karyanya. Pada 2013 Iwan gres pede mengatakan karyanya itu ke pasar meski belum seramai sekarang.


 ternyata membawa berkah bagi sebagian orang √ Lewat Usaha Kerajinan Action Figure Capres, Iwan Serukan Pemilu Damai!“Awalnya dulu buat di pilpres 2014, namun kurang berhasil. Nah ini saya buat lagi dengan detail kemiripan yang lebih baik. Syukur jadinya memuaskan, masyarakat menyambut baik,” ungkap Iwan.


Iwan menciptakan miniatur Jokowi dan Prabowo dengan banyak sekali gaya, salah satunya Jokowi tengah melinting lengan baju. Kerajinan action figur itu dibentuk dengan bermacam ukuran, tingginya kisaran 10 sampai 15 sentimeter.


Lulusan fakultas sastra ini menciptakan action figure dari materi rubber resin dan fiber glass yang dibalut sentuhan warna cat akrilik. Selain enteng, penggabungan materi bahan itu membuatnya tahan lama.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Untuk pengerjaan, Iwan membutuhkan waktu dua ahad sampai satu bulan. Semua proses dilakukan secara manual dan dikerjakan sendiri oleh Iwan.


“Yang paling susah dan usang itu menciptakan cetakannya. Sisanya terbilang tidak sulit hanya membutuhkan kesabaran dan ketelitian saja. Namun, kata orang, karya saya beda dengan yang lain, ibarat sudah ada ciri khasnya,” ujarnya tersenyum.


Kerajinan Miniatur Capres Sampaikan Pesan Pemilu Damai


 ternyata membawa berkah bagi sebagian orang √ Lewat Usaha Kerajinan Action Figure Capres, Iwan Serukan Pemilu Damai!Ide menciptakan kerajinan miniatur capres dengan verbal tersenyum dan sanggup menggelengkan kepala terbilang brilian. Para simpatisan kedua capres pun seraya terpingkal, meski kontestasi pilpres tengah panas-panasnya kini.


Tak kalah brilian, Iwan memakaikan baju akhlak Jawa pada karyanya sebagai simbol keragaman Indonesia. Jokowi menggunakan beskap dengan blangkon khas Solo, sedangkan Prabowo menggunakan baju akhlak Jawa khas Jogja.


 ternyata membawa berkah bagi sebagian orang √ Lewat Usaha Kerajinan Action Figure Capres, Iwan Serukan Pemilu Damai!Membuat action figure kedua capres menciptakan Iwan lebih antusias dengan pilpres. Meski begitu, Iwan menyayangkan sejumlah tragedi negatif, ibarat perkelahian antar simpatisan sebab beda pilihan.


“Yang membedakan action figure ini cuma blangkonnya, jikalau Pak Jokowi pakai blangkon Solo, jikalau Pak Prabowo Jogja. Ini simbol keragaman budaya. Terus saya buat tersenyum, pesannya politik ini santai saja, gak usah terlalu sepaneng (tegang),” lanjut Iwan.


Dibanjiri Pesanan Sampai Tanah Papua


 ternyata membawa berkah bagi sebagian orang √ Lewat Usaha Kerajinan Action Figure Capres, Iwan Serukan Pemilu Damai!Awalnya Iwan sengaja menciptakan action figure capres dengan konsep pajangan interior mobil. Namun, verbal lucu menciptakan pembeli memajang meski di dalam ruangan. Detail mendekati rupa orisinil juga bisa menarik minat pasar, terutama para simpatisan.


Hingga kini, Iwan fokus pada penjualan melalui media sosial. Iwan bisa menjual karyanya ke penjuru Nusantara, termasuk ke Tanah Papua.


“Paling jauh itu ke Papua, gres baru aja pesannya. Tapi tempat lain juga banyak, yang minta dibuatkan figur personal juga ada. Kaprikornus mereka kirim foto ukuran besar, nanti saya buatkan miniaturnya,” lanjut Iwan.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



Selain action figure capres, Iwan juga menciptakan minitur tokoh lain ibarat seniman Gesang, Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, sampai presiden kedua Soeharto. Untuk harga Iwan mematok 350 ribu sampai satu juta rupiah khusus miniatur capres. Sedangkan untuk pesanan khusus, Iwan mematok harga khusus pula. Semua tergantung dengan detail, ukuran, serta rumitnya pengerjaan.


Tim Liputan BisnisUKM

(/Rizki B.P)

Kontributor BisnisUKM.com wilayah Solo Raya



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Lewat Perjuangan Kerajinan Action Figure Capres, Iwan Serukan Pemilu Damai!"

Posting Komentar