Lembaga Keuangan Bukan Bank

Hai sobat bangkusekolah.com, pastinya kau sudah tidak absurd lagi mendengar istilah pegadaian dan asuransi. Dari pegadaian orang bisa meminjam uang. Sebenarnya pegadaian sama tidak sih dengan bank? Nah, untuk menjawab pertanyaan seputar itu, kita akan membahas mengenai bahan lembaga keuangan bukan bank di Indonesia.


Sebenarnya ada beberapa forum non bank yang bisa meminjamkan atau menunjukkan uang secara eksklusif maupun tidak eksklusif semenjak dulu. Akan tetapi, berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992, forum keuangan bukan bank harus menyesuaikan peraturan dengan bank umum. Jadi, kegiatannya diminta untuk menyesuaikan dengan bank umum. Jadi, dikala ini ada banyak forum keuangan bukan bank yang menunjukkan jasa keuangan atau menarik uang dari masyarakat secara tidak langsung. Jadi, LKBB disebut sebagai non depository.


 pastinya kau sudah tidak absurd lagi mendengar istilah pegadaian dan asuransi Lembaga Keuangan Bukan Bank


Lembaga Keuangan Bukan Bank


Macam-macam forum keuangan bukan bank:


1. Lembaga Pembiayaan


Lembaga ini mempunyai kegiatan menunjukkan jasa keuangan kepada masyarakat yang mana sumber dananya tidak menarik dari masyarakat secara langsung.


2. Perusahaan Asuransi


Perusahaan asuransi mempunyai tugas melindungi seseorang atau perusahaan dari kehilangan, kerusakan dan maut serta kecelakaan. Jadi, bagi masyarakat yang ikut dalam kegiatan asuransi, maka akan mendapat beberapa laba yaitu:

– Merasa kondusif dan terlindungi dari bahaya kerugian

– Asuransi juga bisa berfungsi sebagai tabungan

– Polis asuransi bisa dijadikan jaminan mendapat kredit

– Apabila suatu perusahaan sudah diasuransikan, maka cenderung akan lebih gampang mendapat investor.


Ada 3 macam perjuangan asuransi yaitu:


a) Asuransi kerugian


Fungsi asuransi ini ialah menanggung kerugian. Misalnya saja mobilmu rusak akhir ditabrak oleh seseorang. Ketika yang menabrak tidak bisa mengganti rugi kerusaka, perusahaan asuransi yang akan menanggungnya.


b) Asuransi jiwa


Asuransi ini menunjukkan santunan kepada pihak tertanggung yang meninggal dan menunjukkan dana kepada seseorang yang mendapat kecelakaan.


c) Reasuansi


Reasuransi merupakan pertanggungan ulang atau pertanggungan yang dipertanggungkan. Cara ini ditempuh untuk mencegah terganggunya keuangan perusahaan asuransi sehingga resiko disebar ke perusahaan asuransi lainnya.


3. Dana Pensiun


Dana pensiun diberikan guna menunjukkan jaminan kesejahteraan bagi karyawan. Jadi, ketika seseorang telah pensiun dari pekerjaannya, beliau akan tetap mendapat penghasilan. Bagi penguasaha, adanya dana ini menciptakan karyawan tetap setia dan menunjukkan yang terbaik kepada perusahaan.


4. Reksa Dana


Reksa dana ialah wadah menghimpun dana dari masyarakat dan lalu diinvestasikan dalam portofolio oleh manajer investasi (pihak pengelola dana).


5. Perusahaan Penjamin


Perusahaan ini menunjukkan jaminan kepada pihak peminjam uang. Jadi, apabila suatu dikala pengusaha tidak bisa membayar uang yang telah dipinjam, maka perusahaan inilah yang menjaminnya.


6. Perusahaan Modal Ventura


Beberapa tujuan perusahaan modal ventura yaitu:

– Memudahkan perusahaan mendapat modal

– Memudahkan perusahaan berbagi produk baru

– Memperlancar prosedur investasi


7. Pegadaian


Pegadaian mempunyai fungsi yaitu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan member uang santunan berdasarkan aturan gadai. Jadi, masyarakat yang ingin meminjam uang di pegadaian harus membawa barang yang bisa digadaikan. Barang tersebut mempunyai nilai tertentu. Nanti, di kantor pegadaian akan ada bab kasir yang menilai barang yang dibawa. Barang tersebut akan memilih besar uang yang bisa dipinjam.


Jika yang bersangkutan sepakat mengenai jumlah nominal uang, maka uang bisa diambil di loker kredit. Pada pegadaian, bunga dibebankan setiapp 15 hari. Ingat ya, barang yang digadai merupakan jaminan kredit. Jadi, ketika ada seseorang yang tidak bisa membayar uang yang dipinjam, maka barang jaminan tersebut akan dilelang oleh pihak penggadaian.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Lembaga Keuangan Bukan Bank"

Posting Komentar