Lakukan Cara Ini Untuk Menyimpan File Diam-Diam Di Image

Jangan pernah menganggap bahwa berkomunikasi melalui email, messenger, bahkan lembaga selalu aman. Tanpa kau sadari, ada banyak orang jahil yang belakang layar melaksanakan penyadapatan terhadap file yang bersifat personal dan rahasia. Yang dikhawatirkan dari agresi ini yaitu isi pesan tersebut kemudian disebarkan di internet sehingga menciptakan semua orang tahu.


Kasus-kasus ibarat ini sudah banyak terjadi. Oleh alasannya itu, tak ada salahnya mulai melaksanakan pencegahan. Adapun satu cara pencegahan tersebut yaitu dengan menyembunyikan file dokumen atau dikenal dengan steganografi digital.


Steganografi digital yaitu teknik menyembunyikan satu file di file yang lain. Misal, jikalau kau mempunyai file pesan yang bersifat privasi, kau sanggup menyimpannya di dalam gambar apapun. Saat dilihat dengan mata telanjang, file pesan akan menjadi sama ibarat gambar-gambar lain. Jadi, hanya kau dan orang-orang yang kau percaya sanggup mengekstrak file rahasia tersebut dengan alat khusus.


Saat ini sudah banyak tool yang sanggup kau gunakan untuk menyembunyikan file, salah satunya OpenStego. Tool ini menyimpan file pesanmu dengan cara disisipkan pada sebuah file, contohnya file gambar. Dengan begitu orang-orang yang tidak berwenang tidak akan sanggup melihat pesan yang disisipkan dalam file tersebut. Berikut langkah-langkah memakai OpenStego:


Jangan pernah menganggap bahwa berkomunikasi melalui  Lakukan Cara Ini untuk Menyimpan File Rahasia di Image


Download OpenStego


OpenStego merupakan tool open source yang gratis dan berlisensi GPL (General Public Lincense). Kamu sanggup mendapat tool ini dengan mengunduh laman resminya.


Pilihlah versi OpenStego yang paling terbaru, kemudian klik pada File dan pilih Run. Setelah itu, Windows 10 akan memintamu untuk mengonfirmasi bahwa kau ingin menjalankan aplikasi tersebut. Klik Yes.


Setup OpenStego siap launching. Klik I Agree pada halaman perjanjian lisensi, periksa folder tujuan, kemudian klik Install. Setelah kau melihat di layar ada goresan pena Installation Complete, klik Close di bab kanan bawah.


Instal Java Runtime Environment


OpenStego dibentuk dalam Java, jadi kau harus menginstal Java Runtime Environment (JRE) untuk menjalankan program. Klik pada Offline Installer untuk tipe perangkat kamu, kemudian pilih Run dan klik Yes untuk membiarkan JRE bekerja. Setelah itu, kik Instal untuk memulainya, kemudian tutup.


Buat File Rahasia dan Pilih File Cover


Sebelum memakai OpenStego, kau sebaiknya menciptakan file pesan yang ingin disembunyikan, baik berupa dokumen, pesan, atau gambar. Tidak ada batasan pada format file, namun harus lebih kecil dari cover file yang tersembunyi di dalamnya.


Sementara cover file harus berupa gambar yang tampak tidak mencurigakan alasannya di dalamnya kau akan menyimpan file yang penting. Oleh alasannya itu, pilihlah gambar yang tepat.


Konfigurasikan Pengaturan File


Setelah kau menciptakan file dan menentukan file cover-nya, silakan buka kembali OpenStego. Klik tombol Message File di samping, kemudian pilih file pesan yang ingin kau sembunyikan. Kemudian, klik Cover File dan pilih gambar yang kau inginkan.


Atur Setting Enkripsi


Lanjutkan pada bab kotak Option yang berada di bawahnya. Di sini, kau sanggup menentukan untuk mengenkripsi file pesan dengan menuliskan kata sandi pada bab Password dan Confirm Password sebelum menyembunyikannya di dalam Cover File.


Hal yang harus diperhatikan di sini yaitu Encryption Algorithm. Di sini, ada beberapa pilihan untuk melindungi data. Kamu sanggup menentukan pengaturan standar (AES128) yang sangat aman, namun kau sanggup meningkatkan kekuatan enkripsi menjadi AES256 bila dibutuhkan.


Jangan pernah menganggap bahwa berkomunikasi melalui  Lakukan Cara Ini untuk Menyimpan File Rahasia di Image


Sembunyikan Data


Klik tombol Hidden Data pada sisi kanan bawah layar untuk memulai proses menyembunyikan file pesan di dalam cover file. Jika proses telah selesai, maka akan muncul kotak pesan bahwa file sukses disematkan, kemudian klik OK.


Selanjutnya, pastikan untuk menghapus file pesan dan Cover File orisinil secara aman. Dengan cara ini tidak akan ada cara untuk mengambil file rahasia milikmu tanpa memakai OpenStego dan kata sandi yang telah kau buat sebelumnya.


Jangan pernah menganggap bahwa berkomunikasi melalui  Lakukan Cara Ini untuk Menyimpan File Rahasia di Image


Uji Ekstrasi File


Jika kau ingin menguji apakah OpenStego telah menyembunyikannya dengan aman, klik Extract Data di kiri atas jendela. Setelah itu, klik Input Stego File dan carilah file yang kau buat sebelumnya. Kemudian klik Output Folder for Message File untuk menentukan daerah mengekstrak file.


Langkah selanjutnya yaitu memasukkan password enkripsi pada bab Password, kemudian klik OK. Jika berhasil, OpenStego akan memberitahukan bahwa file telah diekstrak.


Itulah cara OpenStego yang sanggup kau coba. Semoga sanggup membantu untuk mencegah data penting Spacer diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.



Sumber https://www.acerid.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Lakukan Cara Ini Untuk Menyimpan File Diam-Diam Di Image"

Posting Komentar