Keunikan Nan Khas Si Bunga Telang (Clitoria Ternatea)

Sudah cukup usang tidak bersapa dengan sahabat-sahabat BibitBunga.com dikarenakan kesibukan yang cukup padat. Berhubung hari ini aku khususkan untuk update produk di website, ternyata ada satu produk gres yang cukup menarik perhatian dan juga akan sangat menarik untuk dibahas. Namanya bunga telang.


Sudah cukup usang tidak bersapa dengan sahabat Keunikan nan Khas si Bunga Telang (Clitoria ternatea)


Bunga telang (Clitoria ternatea, blue pea flower, butterfly pea) ialah tumbuhan suku polong-polongan berbunga yang unik dan belum terlalu terkenal di Indonesia. Meski berasal dari Asia, namun cukup terkenal diluar negeri. Di negara-negara Barat jenis bunga ini disebut sebagai blue pea alasannya warnanya yang biru terperinci dan mungkin di tengahnya memang terlihat ibarat ada kacang yang menutupi bab warna kuning muda di dalamnya (padahal kan memang suku polong-polongan atau peas). Bentuknya yang unik menciptakan bunga ini termasuk kategori yang paling dicari dikala ini. Bahkan namanya pun terinspirasi dari bentuknya yang ibarat *maaf* organ kelamin wanita. Benar-benar unik 🙂


Tanaman ini termasuk tumbuhan bunga tipe annual / tahunan, juga termasuk tanaman yang tumbuh merambat atau menjalar. Bunga yang dihasilkan bentuknya bundar panjang, ukuran 5 s/d 7 cm. Polongnya sanggup dimakan jikalau sudah matang.


Selain sebagai tanaman hias, bunga telang juga mempunyai banyak manfaat, antara lain sebagai berikut:



  • Bunganya sering dijadikan materi pewarna kue. Jika Anda pernah ke Malaysia, mungkin pernah melihat nasi ketan yang berwarna biru berjulukan Nasi Kerabu. Nasi tersebut dibentuk dengan ketan yang diwarnai dengan bunga telang. Bahkan di Thailand ada merek sirup lokal yang memang produk utamanya ialah sirup berwarna biru yang dibentuk dari bunga telang ini. Bisa juga dibentuk teh. Pokoknya, bunga telang ialah zat pewarna masakan alami yang sangat kondusif untuk digunakan.

  • Akarnya sanggup dipakai untuk memperbaiki kandungan nitrogen dalam tanah (adanya rhizobia).

  • Sifat bunga ini telah diuji pada hewan, balasannya sanggup menjadi anti stress dan anti depresan, mengandung zat penenang alami.

  • Penelitian terbaru, tumbuhan bunga telang mempunyai zat peptida aktif alami yang disebut cliotides. Cliotides ini ialah zat yang cukup gres bagi dunia penelitian, disebut-sebut sebagai potensial alternatif anti mikroba dan distributor pencegah kanker.

  • Keunikan terakhir masih dibidang kesehatan. Mungkin alasannya bentuknya yang masih ibarat dengan organ sec wanita, maka secara tidak eksklusif menciptakan bunga ini juga mempunyai manfaat dalam dunia seputar sec (mungkin, yaa..). Bunga telang pada zaman dahulu secara tradisional dipakai untuk mengatasi problem kesuburan, mengontrol menstruasi, dan sebagai penambah gairah sec (aphrodisiak, substansi yang menambah nafsu sec).


Selain bunga telang, kami juga menyediakan aneka bibit tumbuhan bunga lainnya, silahkan Anda klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Keunikan Nan Khas Si Bunga Telang (Clitoria Ternatea)"

Posting Komentar