Contoh Pola Perubahan Sosial

Contoh Perubahan Sosial Di artikel sebelumnya yang membahas definisi perubahan sosial (Baca: Pengertian Perubahan Sosial), sanggup disimpulkan bahwa perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat yang diindikasikan dengan adanya perubahan dalam hal struktur sosial, fungsi sosial, dan sistem sosial. Nah untuk memperdalam pemahaman kita wacana apa itu yang dinamakan perubahan sosial, kali ini akan menghadirkan contoh-contoh perubahan sosial yang terjadi dalam masyakarakat. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 Di artikel sebelumnya yang membahas definisi perubahan sosial  Contoh Contoh Perubahan Sosial
Contoh Contoh Perubahan Sosial | www.zonasiswa.com

Contoh 1: Media Sosial

Hal yang terasa berdampak besar terhadap relasi sosial antar masyarakat semenjak ditemukannya internet yaitu media sosial. Media sosial yaitu media bagi orang untuk bersosialisasi dengan sesama, baik dalam hal berkomunikasi, menjalin pertemanan, dan lain sebagainya. Sebelum ada media umum menyerupai Facebook, Twitter, dan Instagram, masyarakat lebih banyak bersosialisasi dengan sesamanya secara langsung; berkomunikasi tata muka mauapun bermain bersama secara langsung. Namun sehabis ada media sosial, hal tersebut tampakanya berubah, terjadi perubahan sosial dalam masyarakat kita khususnya dalam hal berkomunikasi.

Sejak ada media sosial, anak zaman kini lebih menyukai memakai applikasi 'chatting' yang tersedia. Dengan sekali klik, kita sanggup mengirim pesan bahkan mengobrol lewat aplikasi chat tersebut di kawasan yang berbeda. Padahal dulu sebelum ada media sosial, dalam menjalin komunikasi, kita harus menemui orang yang mau kita ajak mengobrol dan harus di kawasan yang sama, secara langsung. Hal tersebut menimbulkan perubahan dalam hal relasi sosial dimana kita dulu berkomunikasi dengan orang harus dalam kawasan dan waktu yang sama, kini dengan adanya media sosial, berkomunikasi sanggup dilakukan dimana saja, kapan saja, tanpa harus berada di kawasan yang sama.

Contoh 2: Internet

Internet yaitu inovasi insan yang merubah banyak segi sosial insan itu sendiri. Perubahan sosial kaitannya dengan internet yaitu masuknya budaya absurd dengan gampang kedalam kehidupan kita, dengan budaya ketimuran. Dengan internet, segala warta sanggup didapatkan dengan hitungan detik. Contoh mudahkanya yaitu warta wacana mode pakaian atau fashion.

Budaya ketimuran kita cenderung identik dengan pakaian yang sopan, yang cenderung tertutup dan memperlihatkan lekuk tubuh. Namun dengan perkembangan zaman dan teknologi, semuanya berubah. Akses intenet yang tanpa batas dimana warta berkaitan dengan budaya barat membanjiri otak kita menciptakan prespektif atau pandangan wacana tata cara berpakian sedikit berubah. Salah satu teladan perspektif yang tampilkan budaya barat yaitu bagus itu samadengan secy. Dulu berhijab yaitu tata cara berpaikain dengan menutup aurat dengan tidak mempertontonkan bentuk dan lekuk tubuh. Namun sekarang, tata cara ber-hijab pun bergeser, banyak kaum hawa menanggap dirinya berhijab dengan menutup aurat tapi dengan celana jeans dan kaos ketat diaman lekuk badan di pertontonkan.

Contoh 3: Revolusi Industri

Revolusi industri yaitu perubahan yang terjadi di masyarkaat Inggris pada pertengahan kurun ke-18 berkaitan dengan perubahan dalam hal memproduksi barang dari yang semula dikerjakan secara tradisional beralih dengan memakai mesin-mesin yang lebih modern. Sebelum terjadinya revolusi industri, masyarakat Inggris semula hanya bertani. Namun sehabis mesin uap ditemukan, masyarakat Inggris yang semula bersifat agraris berpindah menjadi masyarakat Industi.

Indsutri di Inggris ketika itu berkembang pesat, yang dampaknya dirasakan tidak hanya oleh masyarakat Inggris ketika itu bahkan oleh masyarakat dunia. Di masyarakat Inggris, revolusi industri menimbulkan perpindahan penduduk yang dulunya hidup di pedesaan berpendiah dan berkumpul di kota. Hal tersebut menimbulkan kota-kota di Inggris sesak dan kumuh. Kesenjangan antara buruh pabrik dan pemilik industri juga jauh, kemiskinan menciptakan tingkat kriminalitas tumbuh bertambah.

Di masyarakat dunia, kebutuhan akan materi baku produksi serta kebutuhan akan konsumen barang hasil produksi ketika terjadinya revolusi Industri, menciptakan pemerintahan Inggris mengekspansi wilayah atau negara di luar Inggris. Istilah 'penjajahan' pun muncul. Inggris ketika itu hampir menjajah sepertiga wilayah atau negara di dunia yang dengan tujuan awalnya yaitu untuk memperolah materi baku produksi dan memasarkan barang produksi. Penjajahan itu sendiri menimbulkan perubahan sosial yang sangat besar terhadap masyarakat di wilayah atau negara dimana Inggris menjajah.

Dari ke-3 Contoh Perubahan Sosial di atas agar sanggup menambah pemahaman kita wacana apa itu yang dinamakan perubahan sosial. Lagi, jikalau terdapat kesalahan baik berupa penulisan maupaun penjelasan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih...

Sharing is caring, itulah ungkapan yang berarti mengembangkan itu peduli. Jika sobat memiliki karya (puisi, cerpen, dsb) akan lebih baik jikalau dibagikan ke orang lain. Siapa tahu ada orang yang terhibur akan puisi atau cerpen yang sobat buat. Untuk itu, yuk kirim karya sobat ke Mading .

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Contoh Pola Perubahan Sosial"

Posting Komentar