Cleome Si Bunga Laba-Laba

 Tinggi flora kalau di Indonesia berkisar  Cleome si Bunga Laba-Laba


Spider Flower atau cleome, di Indonesia biasanya berkecambah 10 hari – 3 bulan sesudah semai, dan berbunga 3 – 4 bulan sesudah berkecambah. Tinggi flora kalau di Indonesia berkisar 75 – 120 cm.


Umumnya ditanam di suhu yang agak sejuk, apabila ditanam di dataran rendah, bunga hanya akan mekar dari pukul 4 sore – 7 pagi (siklus malam/ketika udara mulai sejuk).


Cara penyemaian cleome cukup mudah:



  • Siapkan tanah humus atau tanah dicampur kompos.

  • Basahi media tanam tersebut.

  • Tanam biji-biji tersebut di atas media tanam sedalam 2 mm, atau dapat juga hanya ditabur di atas media tanam (tidak perlu ditutupi dengan media tanam).

  • Semprot halus biji-biji tersebut dengan memakai handsprayer / botol semprotan

  • parfum steril 10 / 20 / 30ml.

  • Semprot biji 2x sehari, untuk menjaga kelembaban media tanam, tapi jangan sampai

  • tergenang.

  • Letakkan media semai di daerah yang terlindungi dari sinar matahari eksklusif dan hujan.

  • Dalam 10 hari – 5 bulan, biji-biji tersebut mulai berkecambah (atau dapat jadi 3 bulan, menyerupai yang dialami kontributor kami, bijinya gres kecambah sesudah animo penghujan datang).

  • Jika bibit sudah cukup tinggi dan kuat, pindahkan ke daerah yang lebih besar.


Meskipun Cleome berasal dari Argentina dan Brazil tenggara yang sebagian besar beriklim tropis, menanam Cleome di Indonesia ternyata tidak semudah di negara asalnya. Kontributor kami Ibu Frida mencoba menebar biji-biji Cleome pada bulan Maret (saat itu sedang animo kemarau), 2 bulan pun telah berlalu tapi tidak ada satu biji pun yang berkecambah. Dengan perasaan kecewa, ia pun mulai tidak peduli.


Ketika animo hujan tiba pada bulan Mei dan kembali kemarau pada bulan Juni, dikala itu juga semua biji Cleome yang aku tebar/semai pada bulan Maret kemudian mulai berkecambah.


Ternyata, proses germinasinya butuh melewati animo hujan terlebih dahulu. Jadi, waktu yang diharapkan untuk menanam Cleome ketika itu sekitar 3 bulan dari masa penyemaian hingga berkecambah. Di bibitbunga.com kami menyediakan beberapa jenis bunga cleome yang dapat Anda pilih disini untuk Anda tanam sendiri, yaitu Violet Queen Cleome, Cleome hasslerianaWhite Cleome Queen, dan Cleome Mix.


Beliau menitip pesan, bagi yang ingin menanam bunga Cleome, harus ekstra sabar.. Happy gardening! 🙂


Selain cleome, kami juga menyediakan aneka bibit flora bunga lainnya, silahkan klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cleome Si Bunga Laba-Laba"

Posting Komentar