Cara Menghitung Luas Permukaan Kubus

Pengertian Kubus
Kubus merupakan berdiri tiga dimensi yang mempunyai 12 rusuk dan 6 bidang permukaan yang semua bidang tersebut berbentuk bujursangkar. Pada dasarnya sebuah kubus yaitu kotak yang istimewa alasannya semua rusuknya sama panjang.

 Kubus merupakan berdiri tiga dimensi yang mempunyai  Cara Menghitung Luas Permukaan Kubus
Sisi-Sisi Sebuah Kubus
Pada sebuah kotak terdapat 4 rusuk panjang, 4 rusuk lebar, dan 4 rusuk tinggi. Pada dasarnya sebuah kubus yaitu kotak yang mempunyai ukuran rusuk panjang, rusuk lebar, dan rusuk tinggi yang sama panjangnya. Rusuk-rusuk pada sebuah kubus semuanya disebut sisi-sisi kubus.

Bidang Permukaan Kubus
Sebuah kubus mempunyai 6 bidang permukaan. Keenam bidang permukaan kubus mempunyai bentuk bujursangkar dengan ukuran yang sama.

Rumus Menghitung Luas Permukaan Sebuah Kubus
Untuk menghitung luas permukaan sebuah kubus, maka harus diketahui dimensi sisi kubus tersebut. Luas permukaan sebuah kubus merupakan penjumlahan dari luas keenam bidang permukaan kubus tersebut. Untuk kubus dengan panjang sisi s maka luas satu bidang permukaan kubus yaitu s.s. Karena kubus mempunyai enam bidang permukaan yang sama maka rumus menghitung luas seluruh permukaan sebuah kubus yaitu sebagai berikut.

 Kubus merupakan berdiri tiga dimensi yang mempunyai  Cara Menghitung Luas Permukaan Kubus

Contoh Cara Menghitung Luas Permukaan Kubus
Contoh Soal 1
Soal: Sebuah kotak kayu berbentuk kubus mempunyai panjang sisi permukaan 25 cm. Hitunglah berapa luas permukaan kubus tersebut. (Petunjuk: luas permukaan kubus = 6.s.s).
Jawab:
Diketahui: 2 = 25 cm
Luas permukaan kubus = 6 x 25 x 25 = 3.750 cm2.

Contoh Soal 2
Soal: Sebuah peti kayu berbentuk kubus akan dicat seluruh permukaannya. Permukaan peti kayu tersebut mempunyai panjang sisi 1,2 meter. Hitunglah berapa meter persegi luas permukaan yang akan dicat. (Petunjuk: luas permukaan kubus = 6.s.s).
Jawab:
Diketahui: s = 1,2 m
Luas permukaan peti kayu = 6 x 1,2 x 1,2 = 8,64 m2.

Contoh Soal 3
Soal: Sebongkah balok es dicetak berbentuk kubus dengan panjang sisi-sisi 15 cm. Berapa luas permukaan kubus es tersebut. (Petunjuk: luas permukaan kubus = 6.s.s).
Jawab:
Diketahui: s = 15 cm
Luas permukaan kubus es = 6 x 15 x 15 = 1.350 cm2.


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menghitung Luas Permukaan Kubus"

Posting Komentar