Cara Menanam Selada Hidroponik Dengan Botol Bekas – Tips Menanam

Selada merupakan tumbuhan sayur yang banyak dijumpai di tempat beriklim tropis maupun sedang. Biasanya, sayuran berdaun hijau dan lebar ini dipakai sebagai materi untuk pembuatan burger, salad, atau gado-gado.


Penggunaannya yang luas dan disukai banyak orang menciptakan produksi selada sangat besar di seluruh dunia. Produksi selada di dunia diperkirakan mencapai sekitar 3 juta ton selada.


Tanaman selada mempunyai nama latin Lactuca sativa. Tanaman ini dipercaya sebagai tumbuhan yang berasal dari bab timur Laut Tengah. Awalnya, selada lebih banyak dipakai sebagai obat dan dimanfaatkan minyak bijinya untuk dimakan. Lama kelamaan, insan lebih banyak memanfaatkan daun selada untuk materi sayuran.


Jenis Selada untuk Hidroponik 


Secara umum, ada empat kelompok budidaya selada yaitu selada kepala renyah, selada kepala mentega, selada cos, dan selada daun longgar. Selada sanggup ditanam dengan memakai cara hidroponik. Cara ini cukup terkenal alasannya ialah tidak menghabiskan banyak lahan serta perawatannya yang cukup mudah.


Menanam tumbuhan secara hidroponik merupakan metode bercocok tanam tanpa memakai media tanah. Media tanam yang dipakai yaitu berupa air yang telah dicampur nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Metode ini sangat terkenal alasannya ialah adanya gosip kekurangan lahan. Metode hidroponik merupakan salah satu solusi bercocok tanam di lahan yang terbatas.


Meskipun memakai media tanam air, metode hidroponik tidak menghabiskan terlalu banyak air. Metode ini juga cocok dipakai di tempat yang agak kekurangan air. Hal ini alasannya ialah metode ini memakai air yang tidak terlalu banyak.


Penelitian mengenai metode hidroponik telah dilakukan semenjak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Salah satu hasil penelitian yaitu mengetahui tumbuhan mana saja yang cocok untuk ditanam dengan sistem hidroponik. Salah satunya ialah kangkung dengan cara menanam hidroponik kangkung yang gampang sanggup dilakukan di rumah.


Tips Menanam Selada Hidroponik dengan Mudah


Cara menanam selada tidaklah sulit. Selada ialah salah satu tumbuhan yang cocok dan terkenal dikembangkan dengan cara hidroponik. Menanam selada dengan metode hidroponik memang gampang dan cepat. Anda tidak harus mempunya banyak peralatan.


Ada banyak sekali cara menanam selada secara hidroponik. Bahkan, botol bekas juga sanggup dimanfaatkan untuk menanam selada hidroponik. Untuk mengetahui tips cara menanam selada hidroponik dengan botol bekas, simak klarifikasi berikut. Jangan lupa juga untuk mengecek tips dan trik semoga sukses budidaya tumbuhan hidroponik.


Memanfaatkan Botol Bekas untuk Menanam Selada


Berikut ialah langkah-langkah memanfaatkan botol bekas untuk menanam selada secara hidroponik:



  • Siapkan materi dan alat yang diperlukan, yaitu botol bekas air mineral atau lainnya yang telah dibersihkan, gunting atau pisau, media tanam rockwool, sumbu kompor atau kain flanel, bibit selada, air bersih, dan nutrisi untuk tanaman

  • Potong botol bekas menjadi dua bab dengan bab bawah lebih panjang daripada bab tutupnya.

  • Lubangi bab tutup botol supaya sanggup dilewati oleh sumbu atau kain flanel kemudian masukkan sumbu atau kain flanel ke dalam lubang tersebut

  • Menyiapkan bibit selada dengan cara disemai di rockwool yang telah dibasahi. Taruh rockwool di tempat yang teduh hingga benih-benih selada tumbuh

  • Apabila benih selada mulai tumbuh, letakkan di tempat yang terkena matahari. Jaga semoga media tanam benih selalu berair dan mendapat sinar matahari yang cukup 





     


Cara Menanam Selada Hidroponik dengan Botol Bekas


Benih selada yang sudah mempunyai dua hingga empat helai daun sudah sanggup dipindahkan ke media botol bekas.


Berikut ialah cara untuk menanam selada hidroponik memakai botol bekas. Untuk pemula sanggup mengecek cara menanam hidroponik untuk pemula.



  • Campurkan air dengan nutrisi hidroponik. Masukkan larutan ini ke dalam bab bawah botol bekas

  • Pindahkan rockwool yang terisi benih yang akan dipindahkan ke dalam bab atas botol. Pastikan bab atas botol ini telah dilubangi dan diberi sumbu atau kain flanel sebagai jalur masuknya nutrisi ke dalam tanaman

  • Letakkan bab atas botol yang telah terisi benih ke atas bab bawah botol. Pastikan sumbu atau kain flanel terhubung dengan larutan nutrisi yang dibuat. Nutrisi yang ada di dalam larutan akan diserap oleh tumbuhan dengan sumbangan sumbu yang telah dipasang 


Cara Merawat Selada Hidroponik yang Ditanam di Botol Bekas


Setelah selada dipindahkan ke dalam media hidroponik botol bekas, langkah selanjutnya yaitu menunggu dan merawat tumbuhan hingga siap untuk dipanen. Perawatan selada hidroponik ini tidaklah sulit.



  • Pastikan tumbuhan tetap selalu ternutrisi. Ganti gabungan air dan nutrisi hidroponik setiap beberapa hari sekali. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari berkembangnya jentik-jentik. Pastikan tumbuhan selalu ternutrisi semoga sanggup dipanen dengan baik

  • Letakkan tumbuhan di tempat yang terkena cukup sinar matahari

  • Setelah berukuran cukup besar, selada hidroponik siap untuk dipanen dan dikonsumsi


Manfaat Selada 


Selada sebagai sayuran memang mempunyai banyak sekali manfaat. Dalam satu lembar daun selada terkandung vitamin A, vitamin K, zat besi, kalium, kalsium, serat, dan asam folat.


Selada sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, kesehatan kulit, dan meningkatkan sistem kekebalan badan manusia. Bagian terbaik dari selada yaitu lapisan terluarnya yang berwarna hijau.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Selada Hidroponik Dengan Botol Bekas – Tips Menanam"

Posting Komentar