Cara Menanam Daun Sirih Gading Dan Tips Perawatan

Kehadiran tumbuhan hijau di ruangan atau rumah menciptakan suasana terlihat lebih nyaman dan asri. Tanaman telah usang menjadi salah satu hiasan yang banyak digunakan di rumah, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Salah satu tumbuhan hias yang akan dibahas kali ini yaitu tumbuhan daun sirih gading atau sirih gading.


Sirih gading merupakan tumbuhan hias yang cukup populer. Tanaman ini termasuk ke dalam jenis tumbuhan merambat semi-epifit (menumpang dengan tumbuhan yang lain). Bernama latin Epipremnum auerum, tumbuhan ini termasuk ke dalam suku talas-talasan.


Ciri dari daun sirih gading yaitu daunnya yang berwarna hijau dengan belang kuning cerah hingga kuning pucat. Bentuk daunnya menyerupai jantung hati. Tanaman ini sanggup merambat di tumbuhan lain yang mempunyai batang lebih besar hingga menutupi batang pohon yang dirambatnya. Tanaman sirih gading sanggup tumbuh hingga mencapai panjang belasan meter dan tebal batang 4 cm. Jika ditanam di dalam pot, tumbuhan ini akan mempunyai ukuran daun yang lebih kecil.


Sirih gading terkadang disebut juga dengan julukan golden pothos, devil’s vine, atau devil’s ivy. Tanaman ini memang sulit mati dan mempunyai umur yang panjang.


Sebagai tumbuhan yang gampang untuk ditanam dan dipelihara, banyak orang yang tertarik untuk menanam sendiri daun sirih gading. Berikut ialah klarifikasi lebih lanjut mengenai cara menanam daun sirih gading.


Tips menanam daun sirih gading


Tips untuk menanam daun sirih gading tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyediakan calon tumbuhan yang layak serta media tanam yang cocok.


Tanaman ini memang sanggup dijadikan tumbuhan hias di dalam ruangan maupun di luar ruangan.


Perawatannya pun tidak terlalu sulit. Ikuti tips berikut untuk menanam daun sirih gading.


Cara memperbanyak tumbuhan daun sirih gading


Tanaman sirih gading sanggup ditanam di dalam pot maupun di dalam air. Tanaman ini tidak sulit untuk diperbanyak alasannya ialah usianya yang panjang serta tahan terhadap cahaya matahari yang terlalu banyak dan cahaya matahari yang terlalu sedikit.


Selain itu, tumbuhan ini memang banyak tumbuh dan berkembang di negara-negara tropis termasuk Indonesia.


Tanaman daun sirih gading sanggup diperbanyak dengan cara stek daun atau akar daun-tunas atau stek di ujung batang. Tanaman lain yang sanggup distek yaitu cara stek bunga seribu bintang.


Cara menanam daun sirih gading


Cara untuk menanam daun sirih gading berbeda-beda, tergantung pada media tanamnya. Berikut ialah cara menanam daun sirih gading menurut media tanamnya.  


Menanam daun sirih gading di dalam air


Daun sirih gading sering ditanam di dalam air sebagai tumbuhan hias di dalam ruangan atau di dalam aquarium. Jika ingin menanam daun sirih gading, ikuti petunjuk berikut.



  • Siapkan pot atau wadah hias untuk kawasan menanam daun sirih gading

  • Isi pot atau wadah dengan air secukupnya

  • Air yang digunakan untuk media tanam daun sirih gading sebaiknya air sumur atau air tanah yang banyak mengandung mineral

  • Potong bab batang daun sirih gading sepanjang kurang lebih 15 cm

  • Masukkan bab batang daun sirih ke dalam media air  







Menanam daun sirih gading di dalam pot


Daun sirih gading juga sering ditanam di dalam pot dalam media tanam tanah biasa sebagai tumbuhan hias di dalam ruangan atau di luar ruangan. Jika ingin menanam daun sirih gading, ikuti petunjuk berikut.



  • Siapkan pot untuk kawasan menanam daun sirih gading

  • Isi pot dengan media tanah yang akan digunakan berupa adonan tanah kebun, kompos, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Baca kembali ihwal cara mengolah tanah tandus biar menjadi subur.

  • Potong batang sirih gading sepanjang kurang lebih 15 cm

  • Tancapkan serpihan batang sirih gading pada media tanam yang telah disediakan

  • Siram tumbuhan dengan air secukupnya kemudian tempatkan di area yang agak teduh


Cara merawat tumbuhan daun sirih gading


Merawat daun sirih gading bersama-sama tidak terlalu sulit, apalagi tumbuhan ini sulit untuk mati dan mempunyai umur yang cukup panjang. Cara ini menyerupai dengan cara merawat tumbuhan hias di dalam rumah.


Berikut ialah beberapa tips dalam merawat daun sirih gading:



  • Tanaman yang disimpan di dalam wadah berisi air sebaiknya diganti airnya setiap beberapa hari sekali untuk menghindari tumbuhnya jentik-jentik nyamuk

  • Tanaman yang ditanam dalam pot sebaiknya disiram setiap hari dan jangan hingga kekeringan

  • Tanaman ini tidak terlalu membutuhkan pupuk tambahan. Jika diperlukan, cukup beri sedikit pupuk kompos 





     


Tentang Tanaman Gading Sirih – Bisa Beracun 


Umur tumbuhan ini sanggup menjadi lebih panjang lagi apabila bab pangkalnya dicelupkan ke dalam air. Untuk merawat tumbuhan dalam vas, simak mengenai cara biar bunga dalam vas awet.


Terkadang, orang juga sanggup menempatkan tumbuhan ini di dalam aquarium. Jika dibiarkan di dalam air, memang nanti akan tumbuh akar gantung di pangkal batang sirih gading.


Sebagai tumbuhan hias, daun sirih gading mempunyai perawatan yang cukup gampang dan tidak sulit. Selain itu, tumbuhan ini juga mempunyai banyak sekali manfaat. Daun sirih gading dikenal sanggup menyerap racun.


Gas karbon monoksida dan formaldehida yang ada di udara bebas sanggup diserap oleh daun sirih gading. Hal ini menyebabkan daun sirih gading sanggup menjadi tumbuhan hias yang bermanfaat. Jika ingin tahu ihwal tumbuhan hias lain, cek jenis bunga yang cocok di dalam rumah.


Meskipun begitu, ada hal yang harus dicatat ketika ingin menanam daun sirih gading sebagai tumbuhan hias di rumah. Hal ini alasannya ialah daun sirih gading sanggup menjadi beracun bagi binatang peliharaan kucing dan anjing.


Hewan peliharaan yang ada di rumah harus dijaga biar tidak mengkonsumsi daun sirih gading. Ciri binatang peliharaan yang terkena keracunan daun sirih gading yaitu iritasi pada mulut, muntah-muntah, dan kesulitan menelan makanan.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Daun Sirih Gading Dan Tips Perawatan"

Posting Komentar