Budaya Pesantren Yang Sulit Dihilangkan

Pondok pesantren merupakan sentra sarana untuk menimba ilmu agama, banyak para santriwan santriwati yang tiba berjauhan hanya untuk menimba ilmu dan juga ngalap barokah dari kyai.


Pondok pesantren mempunyai banyak ciri khas tersendiri salah satunya dalam hal budaya. Dipondok pesantren terdapat budaya yang mungkin jarang ditemukan diperkampungan manapun, alasannya yakni hanya dipondok pesantrenlah budaya ini dianggap sangat amat biasa, apasajakah itu?


1. Ghosob


budaya pesantren yang sulit dihilangkan yang satu ini dalam istilah keseharian kita yakni meminjam tanpa izin, merupakan hal yang sangat biasa dilakukan oleh para santri, barang yang paling sering dighosob yakni sandal, kopyah, baju koko dll.


budaya ini sangat kurang baik dilakukan santri, tetapi bila kita telaah lebih dalam didalam hidup perlu yang namanya iklas, yak, pelajaran yang paling sulit dilakukan oleh insan yakni pelajaran iklas.


2. Ngopi (nongkrong)


budaya pesantren yang sulit dihilangkan yang kedual yakni Ngopi, ngopi merupakan rutinitas yang sering dilakukan oleh santri, akan tetapi ngopi bagisantri berbeda fungsinya, bila kebanyakan orang ngopi hanya sekedar nongkrong untuk melepas penat, lain halnya dengan santri.


ngopi atau nongkrong sering dimanfaatkan oleh para santri untuk mendiskusikan sesuatu entah itu pelajaran, organisasi, ataupun duduk kasus yang dihadapi di pondok, santri biasa menyebutnya khalaqoh.


3. Rokok


dimana ada kopi disitu ada rokok, istilah itu paling sempurna diutarakan pada kaum santri, bila pada umumnya merokok dianggap hal yang mengganggu lain halnya dengan santri, merokok bukanlah hal yang negatif bagi para santri, itu alasannya yakni merokok bagi santri sanggup mengurangi depresi jawaban banyaknya pelajaran atau hafalan yang dihadapi oleh santri.


dengan merokok santri sanggup berfikir cemerlang dan sanggup mengutarakan apa yang ada difikirannya


4. Ngantri


Mengantri yakni hal yang paling membosankan bagi khalayak umum, tetapi tidak pada santri, mengantri yakni hal yang sangat gampang dijumpai dipondok pesantren, pasalnya santri yang tiba diberbagai nusantara berkumpul menjadi satu dalam sebuah majlis, dan tentu ini akan menciptakan banyak sekali rutinitas selalu mengantri. mulain dari makan, mandi, wudlu dll.


5. Begadang


budaya pesantren yang sulit dihilangkan yang kelima yakni begadang, begadang pada umumnya dianggap kurang baik, tetapi tidak untuk santri. begadang untuk santri bukanlah hal yang mubadzir, begadang bagi santri sangat bermanfaat untuk mendiskusikan masalah-masalah pelajaran ataupun yang lainya.


6. Tidur dikelas


tidur dikelas hal yang sangat biasa dilakukan oleh santri, bukan alasannya yakni begadang yang berlebihan, ntah kenapa dikala disekolah mata terasa ngantuk walaupun malam tidak begadang, tetapi dikala kembali ke pesantren sehabis sekolah, mata terasa bugar.



Sumber https://bacaanku.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Budaya Pesantren Yang Sulit Dihilangkan"

Posting Komentar