Cara Menanam Bunga Mawar Dari Biji

Pada artikel ini kami akan membahas ihwal cara menanam bunga mawar dari biji. Bunga mawar sangat terkenal sebagai bunga potong di Indonesia, dan kecantikannya memang sangat menawan sehingga orang berbondong-bondong ingin menanam mawar di rumah. Namun, menanam bunga mawar sanggup menjadi hambatan yang cukup besar apabila dimulai dari biji atau seed. Anda tentu menginginkan biji mawar yang Anda beli sanggup menjadi sebuah tumbuhan mawar indah ibarat gambar berikut ini bukan?


Pada artikel ini kami akan membahas ihwal cara menanam  Cara Menanam Bunga Mawar dari Biji


Yuk mari kita bahas. Benih bunga mawar atau rose (benih = biji) termasuk dalam kategori tidak gampang tumbuh alasannya yaitu rose mempunyai cangkang biji yang cukup keras dan juga masa kecambahnya paling cepat 60 hari, bahkan ada customer kami yang benihnya berkecambah saat sudah disemai selama 6 bulan. Oleh alasannya yaitu itu jangan sekali-kali order biji mawar kalau tidak ingin repot ya 😀


Pada artikel ini kami akan membahas ihwal cara menanam  Cara Menanam Bunga Mawar dari BijiRose, pada dasarnya, butuh cold stratification terlebih dahulu supaya sanggup germinate (berkecambah) dengan baik. Oleh alasannya yaitu itu kami menyediakan tips untuk melaksanakan cold stratification apabila Anda mau sedikit repot (tips ini bersifat optional).


Oke, mari kita lanjut dengan panduan dasarnya. Pertama, rendam rose dalam air hangat (sekitar 50 derajat celcius selama 2 jam. Setelah itu rendam di air higienis (suhu biasa) selama 2-3 jam berikut. Banyak yang bertanya, jadi saat direndam pakai air hangat, itu musti diganti-ganti atau tidak, mengingat suhunya akan turun sendiri, belum hingga sejam saja sudah cuek kembali? Jawabannya yaitu tidak perlu. Makara yang penting yaitu saat memasukkan benih pertama kali itu airnya hangat, kelanjutan suhunya tidak perlu Anda jaga, sehingga apabila suhu menurun, tidak perlu khawatir. Makara jangan hingga dimasak juga ya biji mawarnya 😀


Setelah perendaman, waktunya menyemai biji rose. Anda sanggup menentukan melaksanakan cold stratification terlebih dahulu pada biji mawar tersebut atau sanggup pribadi ditanam apabila tidak mau repot. Ini yaitu pilihan Anda:


Jika pribadi ditanam (tanpa melalui proses cold stratification – hasil kurang memuaskan atau daya kecambah semakin rendah lagi): Langsung tanam di media tanam lembab (tanah : kompos = 1:1) dan ditutup dengan media tanam lembab tipis (0,5cm). Siram 2x sehari untuk menjaga kelembapan ideal.


Jika Anda menentukan untuk melaksanakan cold stratification terlebih dahulu (lebih direkomendasikan – hasil lebih memuaskan atau daya kecambah sanggup semakin bagus alasannya yaitu penanganannya tepat), tips atau langkah-langkah untuk melaksanakan cold stratifcation kami uraikan dibawah ini.


Langkah-langkah melaksanakan cold stratification


Cold stratification pada mawar, sederhananya sanggup disebut sebagai penyemaian di kulkas. Makara kita menyemai biji mawar tersebut di dalam kulkas, di suhu yang dingin. Bukan pada kulkas freezer atau kulkas atas, tapi kulkas bawah, kawasan biasanya ibu-ibu rumah tangga menaruh sayurnya.


Setelah perendaman yang dijelaskan diatas, siapkan wadah untuk cold stratification, sanggup berupa wadah plastic yang mempunyai tutup. Jika tidak mempunyai tutup sanggup dibuatkan tutup dari plastic tipis yang dilobang-lobangi. Selanjutnya ambil kapas, cubit-cubit hingga menjadi potongan-potongan halus, basuh di air mengalir biar zat kimia kapasnya keluar. Lalu letakkan kapas lembab tadi di wadah yang telah disediakan, taburkan bibit rose diatasnya, semprot spray atau tetesi air untuk melembabpan kapas. Kapas harus dijaga kelembapannya, dilarang kering tetapi pula tidak sanggup tergenang. Selanjutnya tutup wadah tersebut dengan plastic yang dilubangi tadi, masukkan ke kulkas.


Cara inilah yang disebut sebagai cold stratification. Jaga kelembapan kapas dengan spray/tetesi air secara teratur setiap hari. Rose memerlukan cold stratification antara 1-2 bulan. Setelah cold stratification, rose sanggup ditanam di media tanam lembab (tanah : kompos = 1:1) dan ditutup dengan media tanam lembab tipis (0,5cm). Siram 2x sehari untuk menjaga kelembapan ideal.


Setelah biji mawar tumbuh (dengan teknik yang kami jabarkan diatas) kemudian sanggup dipindahkan ke polybag atau pot, atau pribadi ditanam di halaman rumah. Perlu diperhatikan bahwa jangan pribadi dikasih kena matahari berjam-jam. Semua tumbuhan butuh adaptasi, dan mendapatkan asupan sinar matahari tersebut secara pelan-pelan, tidak sanggup drastis alasannya yaitu bikin tumbuhan kaget dan kesudahannya layu mati (inilah alasan mengapa banyak tumbuhan muda atau seedling yang mati padahal tingginya gres beberapa cm saja).


Kami menyediakan aneka bibit tumbuhan bunga mawar, kalau ingin melihatnya silahkan klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Bunga Mawar Dari Biji"

Posting Komentar