Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial (Penjelasan & Contoh)

Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Telah dijelaskan bahwa sifat perubahan sosial itu tetap, artinya perubahan akan selalu terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Perubahan-perubahan tersebut memiliki aneka macam bentuk, ada perubahan sosial yang cepat (revolusi), ada juga yang lambat (evolusi); ada juga yang berdampak kecil, ada juga yang memiliki dampak besar; ada juga perubahan yang dikehendaki, ada pula yang tidak dikehendaki. Nah, pada kesempatan kali ini akan menghadirkan bentuk-bentuk perubahan sosial tersebut. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 Telah dijelaskan bahwa sifat perubahan sosial itu tetap Bentuk-bentuk Perubahan Sosial (Penjelasan & Contoh)
Bentuk-bentuk Perubahan Sosial (Penjelasan & Contoh) | www.zonasiswa.com

Berdasarkan cepat lambatnya proses perubahan, perubahan sosial dibedakan menjadi dua, yaitu evolusi serta revolusi. Berikut ini ialah masing-masing penjelasannya beserta misalnya.

1. Evolusi

Evolusi ialah bentuk perubahan sosial yang memerlukan waktu usang serta biasanya ialah rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat. Perubahan sosial jenis ini terjadi secara alami tanpa direncanakan oleh manusia. Perubahan tersebut terjadi alasannya usaha-usaha masyarakat untuk mengikuti keadaan dengan keperluan, keadaan, serta kondisi-kondisi baru, yang timbul sejalan dengan pertumbuhan masyarakat. Perubahan ini terjadi melalui tahapan-tahapan dari yang sederhana menjadi maju. misalnya: kehidupan masyarakat Badui di Banten. Mereka mengalami perubahan secara lambat, terutama dalam teknologi serta pendidikan. Walaupun ada sebagian dari masyarakat Badui yang sudah melek akan teknologi serta pendidikan, namun ada beberapa dari mereka yang masih mempertahankan kebudayaan usang mereka.

2. Revolusi

Sebaliknya, Revolusi ialah bentuk perubahan sosial yang terjadi lebih cepat kalau dibandingkan dengan bentuk perubahan sosial evolusi. Perubahan sosial cepat tersebut mengenai dasar-dasar ataupun sendi-sendi pokok dari kehidupan masyarakat ataupun forum kemasyarakatan. Di dalam revolusi, perubahan yang terjadi ada yang direncanakan terlebih dahulu serta ada yang tidak direncanakan. Karena perubahan yang terjadi pada revolusi bersifat cepat, tidak bisa dipungkiri bahwa dalam proses perubahan sosial tersebut terjadi konflik di dalam masyarakat. Adapun ukuran kecepatan suatu perubahan sesungguhnya relatif alasannya revolusi pun bisa memakan waktu lama. Pada umumnya, suatu perubahan dianggap sebagai perubahan cepat alasannya mengubah sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat, menyerupai sistem kekeluargaan, politik, ekonomi, serta hubungan antar manusia.

Contoh perubahan sosial revolusi ialah revolusi industri. Walaupun proses revolusi industri membutuhkan waktu yang relatif usang yaitu sekitar satu abad. Walaupun jangka waktunya relatif lama, namun revolusi industri menjadikan terjadinya perubahan sendi-sendi masyarakat. Revolusi industri bukan hanya menyangkut perubahan fundamental di bidang industri, namun juga telah menjadikan terjadinya perubahan besar-besaran di bidang kebudayaan, politik, serta kehidupan sosial. Revolusi industri mengubah cara orang bekerja, hubungan antara buruh serta majikan, serta struktur sosial yang juga berubah. Contoh lain dari perubahan sosial revolusi ialah kemerdekaan Indonesia.

Berdasarkan besar kecilnya dampak perubahan, perubahan sosial dibedakan menjadi dua, yaitu perubahan kecil serta besar. Berikut ini ialah masing-masing penjelasannya.

1. Perubahan Kecil

Perubahan kecil ialah perubahan-perubahan yang terjadi pada unsur-unsur struktur sosial yang tidak membawa imbas eksklusif ataupun berarti bagi masyarakat. Misalnya perubahan mode pakaian, bentuk rumah, serta mainan anak yang tidak akan membawa imbas yang berarti bagi masyarakat dalam keseluruhannya. 

2. Perubahan Besar

Perubahan besar ialah suatu perubahan yang kuat terhadap masyarakat serta lembaga-lembaganya, menyerupai dalam sistem kerja, sistem hak milik tanah, hubungan kekeluargaan, serta stratifikasi masyarakat. contohnya ialah adanya industrialisasi. Industrialisasi telah mengubah masyarakat agraris menjadi masyarakat industri. Perubahan itu menunjukkan imbas dalam kehidupan masyarakat, menyerupai terlihat dalam hubungan antarsesama.

Berdasarkan proses terjadinya, perubahan sosial bisa dibedakan menjadi perubahan yang dikehendaki, serta perubahan yang tidak dikehendaki. Berikut ialah klarifikasi serta misalnya.

1. Perubahan yang Dikehendaki

Berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat bisa dikategorikan sebagai perubahan yang terpola ataupun dikehendaki serta perubahan tidak terpola ataupunt tidak dikehendaki. Perubahan yang dikehendaki melibatkan adanya pihak tertentu yang menjadi distributor perubahan (agent of change). Agen inilah yang merencanakan, melaksanakan, serta mengawasi jalanya perubahan menurut aspirasi yang ditangkap dari warga masyarakat. Usaha yang dilakukan distributor perubahan untuk menghipnotis masyarakat secara teratur serta terpola supaya terjadi perubahan ke arah yang diinginkan disebut rekayasa sosial (social engineering) ataupun perencanaan sosial (social planning). Contoh perubahan sosial yang dikehendaki ialah insiden reformasi tahun 1998.

2. Perubahan yang tidak Dikehendaki

Perubahan sosial yang tidak dikehendaki ataupun yang tidak direncanakan ialah perubahan-perubahan yang terjadi  tanpa dikehendaki, berlangsung di luar jangkauan pengawasan masyarakat serta bisa menjadikan timbulnya akibat-akibat sosial yang tidak diperlukan masyarakat. Contoh perubahan yang tidak dikehendaki ialah penyalahgunaan teknologi internet. Teknologi internet yang semula dipakai untuk mempermudah komunikasi serta membuatkan informasi, disalahgunakan untuk kepentingan-kepentingan negatif yang bisa merusak moral.

Demikianlah klarifikasi mengenai Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial. Semoga dari klarifikasi di atas kita bisa lebih tahu serta memahami apa itu yang dimaksud dengan perubahan sosial. Tidak lupa, kalau terdapat suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi penjelasan, mohon kiranya kritik serta saran yang membangun dari pembaca sekalian. Terima kasih...

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial (Penjelasan & Contoh)"

Posting Komentar