Apa Sih Pentingnya Donor Darah Itu? Baca Selengkapnya !!

Salam Para Bintang...

Semangat untuk terus berbagi. Kali ini aku akan menawarkan sedikit wacana pengetahuan wacana apa,untuk apa,guna dan untuk siapa Darah ini.

Sebelum kita bahas terlalu panjang,sebenarnya aku menuliskan artikel ini,agar semakin banyak orang untuk nrimo dan rela menawarkan darahnya kepada org lain yg sangat membutuhkan.
Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Keputusan kalian untuk menyumbangkan darah melalui donor darah sanggup menyelamatkan satu kehidupan atau satu nyawa, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus. Namun, tidak hanya menguntungkan bagi peserta darah, donor darah juga menawarkan manfaat bagi pendonornya. 

Dalam mendonorkan darah,sebenarnya kita lah sebagai pendonor yang lebih diuntungkan, tidak ada kata lain.  Ingat "jangan pernah berpikiran negatif dengan donor darah" 
Okee guys...

Nih aku akan memebrikan sedikit keuntungannya donor darah ya bagi si pendonor:

Berikut beberapa manfaat donor darah yang harus Anda ketahui: 
  • Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah
Donor darah secara teratur diketahui sanggup menurunkan kekentalan darah. Kekentalan darah merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.
Semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh, semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya goresan antara darah dan pembuluh darah. Gesekan yang terjadi pada pembuluh darah ini sanggup merusak sel-sel dinding pembuluh darah yang selanjutnya sanggup meningkatkan risiko terjadinya sumbatan pembuluh darah. 

Ingat: Semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh, semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya goresan antara darah dan pembuluh darah

Gesekan yang terjadi pada pembuluh darah ini sanggup merusak sel-sel dinding pembuluh darah yang selanjutnya sanggup meningkatkan risiko terjadinya sumbatan pembuluh darah.  Berdasarkan penelitian dan dari penelitian tersebut diketahui bahwa orang yang rutin melaksanakan "donor darah mempunyai kemungkinan terkena penyakit jantung 88 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak melaksanakan donor darah".


Manfaat donor darah juga sanggup membantu membuang kelebihan zat besi yang terdapat dalam tubuh. Zat besi yang berlebihan dalam darah sanggup menyebabkan oksidasi kolesterol. Hasil dari proses oksidasi tersebut sanggup menumpuk pada dinding arteri dan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.Melalui donor darah, kadar zat besi dalam tubuh sanggup menjadi lebih stabil dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

  • Menurunkan resiko kanker
Berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh Anda ketika melaksanakan donor darah juga sanggup mengurangi risiko terkena kanker. Sebaliknya, kadar zat besi dalam darah yang terlalu berlebihan dianggap sebagai salah satu penyebab meningkatnya radikal bebas dalam tubuh yang sanggup menjadi faktor risiko terjadinya kanker dan penuaan.Sebuah penelitian yang melibatkan 2 kelompok dengan total 1200 orang memperlihatkan manfaat donor darah terhadap risiko kanker.
Pesan : Pada kelompok yang melaksanakan donor darah minimal 2 kali dalam satu tahun diketahui mempunyai kadar besi dalam darah yang lebih stabil dan risiko kanker yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok yang tidak melaksanakan donor darah
  • Membantu menurunkan berat badan
Donor darah juga sanggup membantu menurunkan berat badan. Hal ini alasannya yakni rata-rata orang cukup umur sanggup mengkremasi 650 kalori ketika menawarkan 450 ml darahnya. Pendonor yang secara rutin menyumbangkan darahnya sanggup mengalami penurunan berat tubuh yang berarti. 

Ingat: Donor darah tidak sanggup dijadikan sebagai pilihan aktivitas penurunan berat badan

Anda tetap harus menerapkan tumpuan hidup sehat dengan memperhatikan asupan makanan dan olahraga secara teratur supaya sanggup mencapai berat tubuh yang ideal.
  • Membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia
Sebuah penelitian dalam bidang psikologi memperlihatkan bahwa orang yang mendonorkan darahnya dengan tujuan menolong orang lain mempunyai risiko janjkematian yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang melaksanakan donor darah untuk kepentingan sendiri atau bahkan tidak mendonorkan darahnya sama sekali. Selain itu, menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan menciptakan kita mencicipi kepuasan psikologis.
  • Mengetahui setiap ketika adapakah ada penyakit serius dalam tubuh anda
Setiap kali akan mendonorkan darah, Anda akan menjalani investigasi dasar rutin menyerupai investigasi berat badan, suhu, nadi, tekanan darah, dan kadar hemoglobin. Selain itu, Anda juga akan diminta untuk menjalani investigasi darah untuk mendeteksi ada tidaknya penyakit menyerupai HIV, hepatitis B, hepatitis C, sipilis, dan malaria. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit melalui transfusi. Manfaat donor darah tidak hanya itu saja. Bagi pendonor, investigasi ini tentu saja mempunyai kegunaan untuk mendeteksi penyakit-penyakit tertentu secara dini.


Apakah kalian berminat untuk mendonorkan darah ?? Tidak semua orang sanggup menjadi pendonor darah, alasannya yakni setiap kali kita mendonorkan darah maka kita akan dicek terlebih dahulu oleh kepingan pemeriksa donor darah.


Baca Juga:
  • Kriteria seorang sanggup mendonorkan darah
  • Hal-hal yang diperhatikan sebelum dan sehabis mendonorkan darah
  • Berapa kali idealnya seseseorang mendonorkan darahnya dalam setahun

Demikianlah aku bagikan artikel ini, semoga sanggup bermanfaat bagi kita semua. Ingat mendonorkan darah bukan untuk mencari uang tapi sebagai yang lain-lain yang berbau negatif. 

Berpikirlah dengan aktual bahwa mendonorkan darah itu yakni sebuah pahala karna sanggup menyelematkan satu nyawa akhir setetes darahmu. Donorlah semoga kita sehat.  Selamat mendorkan darah kalian. 

Sumber: https://hellosehat.com



Sumber http://ruangparabintang.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Apa Sih Pentingnya Donor Darah Itu? Baca Selengkapnya !!"

Posting Komentar