Apa Itu Abs Pada Motor ? Inilah Fungsi, Kelebihan Kekurangannya

Apa Itu ABS ? Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh banyak orang dikala ingin membeli motor. Saat ini sudah banyak motor yang dilengkapi ABS sebagai fitur keselamatan standar. Fitur ini sebelumnya hanya bisa dijumpai pada motor berkapasitas 250cc ke atas. Namun kini sudah banyak digunakan motor bermesin kecil, menyerupai Yamaha NMAX, Honda PCX, Honda CBR150R, Yamaha Aerox, Yamaha FreeGo, dan masih banyak lagi lainnya.


Harga motor dengan fitur ABS memang lebih mahal dibandingkan Non-ABS. Hal ini tak lepas dari kecanggihan teknologi ABS yang mengakibatkan motor semakin kondusif dan nyaman. Fitur ini sudah seharusnya dimiliki semua jenis motor, baik itu motor matic, sport, hingga motor bebek. Pasalnya teknologi ABS akan mengurangi resiko kecelakaan yang disebabkan pengereman yang kurang optimal.




Apa Itu Abs Pada Motor ?


 Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh banyak orang dikala ingin membeli motor Apa Itu Abs Pada Motor ? Inilah Fungsi, Kelebihan  Kekurangannya

Pengertian ABS & Fungsinya


Apa Itu ABS ? Jawabannya yaitu kependekan dari Anti-Lock Breaking System yang merupakan sebuah fitur keselamatan untuk mencegah roda mengunci dikala mengerem mendadak sehingga mencegah motor tergelincir dikala melewati jalanan licin maupun jalanan basah. Fungsi Rem ABS juga meminimalisir terjadinya selip pada ban lantaran akan melaksanakan pengereman dengan sedikit demi sedikit secara cepat yang mengakibatkan ban tidak terkunci dan tidak terjadi selip.


Motor tanpa fitur ABS lebih beresiko mengalami kecelakaan, terutama dikala mengerem mendadak. Ban yang mengunci bisa menciptakan motor terpelanting, sehingga pengendara bisa jatuh dari atas motor. Kaprikornus lebih baik mengeluarkan uang lebih untuk mendapat motor berteknologi ABS yang nantinya menciptakan berkendara semakin kondusif dan nyaman tanpa perlu takut terjatuh dikala berkendara di kondisi hujan.


Bagaimana Cara Kerja Rem ABS Pada Motor ?


 Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh banyak orang dikala ingin membeli motor Apa Itu Abs Pada Motor ? Inilah Fungsi, Kelebihan  Kekurangannya

Komponen Rem ABS


Salah satu faktor yang menciptakan harga motor berfitur ABS dibanderol lebih mahal yaitu lantaran dilengkapi sensor canggih yang berkhasiat untuk mendeteksi roda mengunci, dan secara otomatis akan mengirimkan sinyal ke modulator. Selanjutnya sinyal yang diterima modulator akan memerintahkan piston rem untuk mengendurkan tekanan minyak rem yang berasal dari kaliper.


Setelah penguncian pada roda berkurang, maka selanjutnya tekanan terhadap piston rem akan kembali ditingkatkan biar kembali normal. Berkat teknologi ABS, proses pengurangan dan peningkatan tekanan minyak rem (fluida) menjadi berlangsung sangat cepat sekitar 15-50 kali per detik. Alhasil roda tidak akan mengunci mengerem mendadak.


Bisa dikatakan cara kerja ABS yaitu dengan cara mengocok pedal rem sehingga kendaran tidak akan pribadi berhenti dikala pedal rem ditekan secara penuh. Fitur ini sangat membantu dikala hard braking atau panic braking yang biasanya mengakibatkan pengendara jatuh dari atas motor.


Kelebihan & Kekurangan ABS



Melihat unggahan video Youtube di atas, sanggup kita ketahui bahwa Rem ABS menciptakan motor terhindar dari tergelincir dikala berada pada kondisi jalanan licin. Motor tanpa ABS terlihat meliuk-liuk tak beraturan dikarenakan sistem pengereman yang kurang optimal dikala melewati jalanan licin.


Dapat disimpulkan bahwa teknologi ABS mengakibatkan pengereman lebih aman, lantaran sanggup mencegah pengucian roda dan selip pada ban. Alhasil kita bisa berkendara secara cepat tanpa perlu takut mengerem mendadak. Dibalik kelebihan tersebut tentu ada kekurangan. Nah salah satu kekurangan sistem pengereman ABS yaitu kurang optimal dikala digunakan pada kondisi jalan tidak rata menyerupai jalan berkerikil.


Walaupun mengakibatkan kontrol pengereman lebih optimal dikala mengerem mendadak, namun sering kali rem ABS tidak bekerja optimal dikala digunakan untuk pengereman jarak dekat. Pasalnya sensor ABS harus terlebih dahulu mengirimkan sinyal ke modulator, sehingga tidak bisa pribadi melaksanakan pengereman yang bisa berakibat motor terlebih dahulu menabrak sebelum sensor ABS bekerja.


Karena kekurangannya tersebut, rem ABS kurang optimal dikala digunakan motor trail yang membutuhkan kontrol pengereman lebih cepat dikala melewati banyak sekali medan jalan. Biasanya beberapa motor juga dilengkapi Switch ABS yang memungkinkan kita mematikan fitur ABS apabila dirasa tidak perlu, menyerupai yang dimiliki BMW G310GS yang merupakan motor adventure dengan kemampuan offroad dan onroad berimbang.


Rem ABS juga kurang optimal dikala sensor berair terkena air, jadi kita tetap harus berhati-hati dikala membawa motor pada kondisi hujan meski sudah ada ABS. Beberapa orang memang lebih menyukai motor dengan sistem pengereman konvesional, lantaran mereka bisa melaksanakan pengendalian pengereman secara penuh tanpa perlu tergantung pada sensor ABS yang terhubung ke sistem komputer atau ECU.


Motor Murah Berfitur ABS


 Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh banyak orang dikala ingin membeli motor Apa Itu Abs Pada Motor ? Inilah Fungsi, Kelebihan  Kekurangannya

Motor ABS Murah


Setelah mengetahui apa itu ABS beserta fungsinya, niscaya salahs atu pengunjung otomotifo.com ada yang tertarik membeli motor berfitur ABS. Nah bagi masbro yang mencari motor murah dengan fitur ABS, silahkan simak rekomendasi di bawah ini beserta harga terbarunya.

















































































TIPE MOTOR ABSHARGA
Yamaha NMAX ABSRp. 30.650.000
Yamaha Lexi S ABSRp. 23.000.000
Yamaha Aerox S-Version ABSRp. 27.450.000
Yamaha FreeGo S-Version ABSRp. 22.500.000
Yamaha XMAXRp. 57.800.000
Honda Forza 250Rp. 76.500.000
Honda PCX ABSRp. 30.800.000
Honda PCX HybridRp. 40.300.000
Honda SH150iRp. 39.900.000
Suzuki GSX-R150 ABSRp 33.150.000
Honda CBR150R ABSRp. 37.800.000
KTM RC 250Rp. 53.900.000
KTM Duke 250Rp. 51.900.000
Kawasaki Ninja 250 SE ABSRp 74.100.000
Honda CBR250R ABSRp. 70.725.000
TVS Apache RR310Rp. 49.000.000
Kawasaki Z250 ABSRp 60.600.000
Kawasaki Ninja 250SL ABSRp 48.200.000

Note : 



  • Harga di atas merupakan harga OTR Jakarta

  • Informasi yang kami sampaikan bisa berubah sewaktu-waktu


Seperti yang masbro lihat di atas, ada banyak sekali motor murah berfitur ABS yang ada di Indonesia. Kami hanya merekomendasikan motor yang mempunyai mesin 250cc ke bawah, lantaran apabila kapasitas mesinnya lebih besar maka harganya jauh lebih mahal. Harga motor di atas juga bisa berubah sewaktu-waktu, jadi lebih baik pribadi mengunjungi diealer terdekat untuk menyesuaikan harga di masing-masing daerah.
















Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
 Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh banyak orang dikala ingin membeli motor Apa Itu Abs Pada Motor ? Inilah Fungsi, Kelebihan  KekurangannyaSyarat Perpanjangan SIM Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh banyak orang dikala ingin membeli motor Apa Itu Abs Pada Motor ? Inilah Fungsi, Kelebihan  KekurangannyaFungsi Kiprok Motor
 Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh banyak orang dikala ingin membeli motor Apa Itu Abs Pada Motor ? Inilah Fungsi, Kelebihan  KekurangannyaCara Mengatasi Mesin Overheat  Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh banyak orang dikala ingin membeli motor Apa Itu Abs Pada Motor ? Inilah Fungsi, Kelebihan  KekurangannyaCara Memperbaiki Aki Kering

Pertanyaan apa itu ABS akan pribadi hilang sesudah masbro membaca dengan teliti gosip yang kami sampaikan di atas. Dapat disimpulkan bahwa ABS merupakan salah satu fitur keselamatan yang sangat diharapkan sepeda motor. Bagi sebagian orang mungkin beranggapan fitur ABS hanya gimmick marketing belaka. Namun berdasarkan kami ABS atau Anti-Lock Breaking System sangat berkhasiat dalam menjaga keselamatan dan keamanan berkendara.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Apa Itu Abs Pada Motor ? Inilah Fungsi, Kelebihan Kekurangannya"

Posting Komentar