6 Cara Mengatasi Laptop Blank Dikala Dinyalakan

Layar laptop gelap, meskipun bunyi kipas atau hard disk terdengar sesudah menekan power? Seandainya hal ini terjadi pada laptop kesayanganmu, maka kemungkinan besar laptop tersebut mengalami blank (black screen). Meskipun laptop tidak bisa dioperasikan untuk sementara waktu, asalkan kau tahu cara penanganannya dengan tepat, maka laptop sanggup kembali berfungsi ibarat semula.


Oleh lantaran itu, kali ini Acer akan membagikan langkah-langkah gampang untuk menuntaskan permasalahan layar laptop tampak blank hitam. Berikut 6 cara mengatasi laptop blank yang kau coba sendiri di rumah:


 Seandainya hal ini terjadi pada laptop kesayanganmu 6 Cara Mengatasi Laptop Blank Saat Dinyalakan


Cek layar. Terkadang, persoalan black sreen tidak selalu menunjukan kerusakan parah, melainkan disebabkan oleh kesalahan kecil di sistem sehingga laptop tidak bekerja sebagaimana mestinya. Oleh lantaran itu, langkah paling sederhana yang bisa kau coba ialah memastikan layar laptop sanggup berfungsi dengan baik. Untuk menguji output display laptop, coba hubungkan laptop dengan monitor eksternal. Jika pada layar eksternal sanggup menampilkan tampilan normal, berarti sumber persoalan terletak pada layar laptop atau kabel display laptop.


Adapun cara terbaik untuk mengatasi persoalan ini ialah dengan melaksanakan perbaikan laptop sesegera mungkin. Supaya aman, kau bisa membawa laptop ke sentra servis resmi semoga sanggup ditangani oleh teknisi profesional.


Periksa resolusi layar. Tanpa disadari, kau secara tidak sengaja mengatur resolusi laptop lebih tinggi dari kemampuan laptop. Hal ini tentu saja bisa mengakibatkan layar blank, terutama pada laptop dengan layar beresolusi rendah. Untuk memperbaikinya, kau harus masuk dalam Safe Mode terlebih dahulu dikala menyalakan laptop. Setelah laptop nyala, segera lakukan perbaikan persoalan layar tersebut.


 Seandainya hal ini terjadi pada laptop kesayanganmu 6 Cara Mengatasi Laptop Blank Saat Dinyalakan


Hapus CMOS. Kesalahan konfigurasi BIOS juga sanggup menjadi penyebab mengapa laptop tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Adapun cara yang harus kau lakukan ialah mengoperasikan laptop melalui Safe Mode semoga sanggup menyidik sistem. Setelah itu, atur BIOS semoga kembali ke konfigurasi default (normal) dengan cara hapus memori BIOS pada motherboard laptop.


 Seandainya hal ini terjadi pada laptop kesayanganmu 6 Cara Mengatasi Laptop Blank Saat Dinyalakan


Atasi overheating. Kamu juga perlu meragukan persoalan overheating. Masalah dengan panas mungkin sering disepelekan. Tapi, bila hal ini dibiarkan berlarut-larut, maka kemungkinan terburuk yang terjadi ialah kartu VGA bisa gampang terbakar. Bila kau VGA sudah rusak, maka tentu akan menghipnotis tampilan layar laptop. Selain itu, kau pun membutuhkan biaya besar untuk memperbaikinya atau mempertimbangkan untuk mengganti laptop baru.


Oleh lantaran itu, pastikan kau rutin membersihkan laptop dari debu dan kotoran yang telah menutup fatwa udara panas keluar dari laptop. Pastikan pula untuk menawarkan waktu bagi laptop untuk beristirahat beberapa jam sampai semua komponen laptop menjadi cuek dan sanggup beroperasi normal kembali.


Baca Juga: Acer Aspire 3, Tipis dan Super Kuat berkat Prosesor AMD Ryzen Terbaru


Hapus aplikasi atau software yang tidak kompatibel. Meng-install aplikasi atau software tertentu memang sanggup memudahkan suatu pekerjaan. Sayangnya, komplemen software atau aplikasi yang tidak didukung oleh sistem justru sanggup mengakibatkan laptop mengalami blank. Tak hanya itu saja, beberapa aplikasi atau software bisa menjadi “ancaman” bagi laptop lantaran bisa merusak perangkat.


Agar layar laptop sanggup kembali normal, masuklah ke Safe Mode, kemudian unistall aplikasi yang dianggap sebagai “biang kerok” dari persoalan blackscreen. Jika “pembersihan” dianggap sudah cukup, coba restart laptop dan tunggu sampai berhasil masuk Windows. Jika sudah normal, berarti memang persoalan laptop blank disebabkan oleh software.


Periksa dan ganti hardware. Selain mengecek software, persoalan layar blank sebagian besar juga disebabkan oleh hardware ibarat RAM. Hal ini terjadi lantaran adanya perubahan pada hardware yang menghipnotis proses booting laptop. Makanya, kau perlu melaksanakan perbaikan dengan melaksanakan beberapa langkah-langkah berikut untuk menciptakan laptop sanggup berfungsi kembali dengan baik:



  1. Sebelum melaksanakan hal tersebut, cabut semua perangkat atau peripheral yang tersambung dengan laptop, ibarat baterai, power adaptor, printer, mouse, hard drive eksternal, speaker, dan sebagainya.

  2. Sekarang buka casing belakang laptop. Jika RAM kotor akhir usia pemakaian, maka kau harus membersihkannya.

  3. Jika RAM sudah dibersihkan, namun tidak memperlihatkan hasil positif, bisa jadi RAM rusak. Kamu harus menggantinya dengan cara melepas RAM usang dan memasangkan RAM gres ke dalam slot RAM.


Khusus poin ini, kau butuh keahlian khusus. Jika kau khawatir akan akhirnya atau tidak tahu cara melakukannya, alangkah baiknya untuk membawa laptop ke daerah servis resmi.


Baca Juga: Kebanggaan Acer dalam Menjaga Kualitas Customer Service


Itulah beberapa tips dari Acer yang bisa kau coba. Semoga bencana error semacam ini tidak akan spAcer alami lagi, ya. Jadi, terperinci sudah bahwa amatlah penting untuk perlu tahu asal penyebab dari persoalan laptop yang kau alami. Dengan begini, kau bisa hening dalam mengatasi persoalan layar laptop gelap dengan sendirinya.



Sumber https://www.acerid.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "6 Cara Mengatasi Laptop Blank Dikala Dinyalakan"

Posting Komentar