3 Evaluasi Kinerja Karyawan

Pagi guys.. !
Kali ini gua bakalan membuatkan artikel perihal dunia kerja nih, yaitu perihal penilai kinerja terhadap karyawan.

Apa sih yang disebut dengan kinerja . ??

Kinerja ialah sebuah kata dalam bahasa indonesia dari kata dasar "kerja" yang menerjemahkan kata dari bahasa absurd prestasi. Bisa pula berarti hasil kerja. (https://id.wikipedia.org/wiki/Kinerja)

Ketika karyawan mempunyai kinerja baik, maka karyawan tersebut akan diberikan bonus oleh perusahaan. Bonus yang diberikan biasanya diberi uang tambahan. Nah berikut ini ada 3 hal yang menjadi evaluasi yang memilih bahwa kinerja dari seorang karyawan baik atau buruk, diantarany ialah :

1. Produktivitas
produktivitas kerja ialah kemampuan karyawan dalam berproduksi dibandingkan dengan input yang digunakan, seorang karyawan sanggup dikatakan produktif apabila bisa menghasilkan barang atau jasa sesuai dengan diperlukan dalam waktu yang singkat atau tepat. ( )

Ketika seorang karyawan memliki produktivitas yang tinggi, maka biasanya karyawan akan mendapat bonus sebagai reward dari perusahaan. Tidak hanya reward mungkin bisa juga akan dinaikan jabatanya. 

Untuk meningkatkan produktivitasnya karyawan harus selalu menjaga kesehatannya jasmani dan rohaninya. Karyawan yang mempunyai produktivitas yang tinggi biasanya merika tidak pernah melewatkan sarapan di pagi hari, dan tidak pernah kurang  tidur.


2. Sikap Kerja
Sikap kerja ialah keyakinan-keyakinan yang mengandung aspek kognitif, behavior, dan afektif yang merupakan kesiapan metal psikologi untuk mereaksi dan bertindak secara konkret atau negatif terhadap suatu objek. (https://www.kompasiana.com/novrykadang/sikap-kerja_552abd74f17e619938d623f5)

Sikap dalam bekerja sangat besar lengan berkuasa bagi penilayan karyawan. Karyawan yang mempunyai kecerdasan yang sangat tinggi akan mempunyai nilai 0 dalam perusahaan jikalau perilaku kerjanya buruk. Sikap kerja merupakan hal yang tidak bisa ditolelir dalam dunia kerja. 

Mengapa perilaku kerja penting ??

Dalam dunia kerja setiap karyawan mempunyai masing-masing jabatan. Jabatan dalam perusahaan mempunyai tingkatan dari mulai top management hingga dengan low management. Karyawan yang mempunyai jabatan di bawah harus patuh terhadap karyawan yang miliki jabatan yang lebih tinggi di atasnya. Sehingga di sini lah perilaku kerja dibutuhkan. Jika karyawan mempunyai perilaku kerja yang jelek biasanya karyawan tersebut cenderung tidak ingin mematuhi apa yang diperintahkan atasannya, sehingga produksi perusahaan tidak berjalan dengan baik, alasannya ialah apa yang diperintahkan oleh para pemimpin itu ialah merupakan apa yang harus dicapai oleh perusahaan.


3. Presensi
Prsensi artinya ialah kehadiran. Makara presensi yang dimaksud disini ialah evaluasi karyawan yang dilihat dari sisi kehadiran.

Semua perusahaan mempunyai aturan, dan yang paling penting ialah aturan kehadiran karyawan dalam peruashaan. Karyawan memang miliki hak untuk tidak hadir dalam perusahaan, namun hak tersebut juga ada batasannya. Misalnya hak cuti, karyawan boleh tidak hadir alasannya ialah karyawan mempunyai hak atas cuti. Kemudian karyawan boleh tidak hadir dengan alasan sakit atau izin, namun jikalau sakit harus dilampiri dengan surat dokter dan  izin juga harus dilampiri dengan bukti-bukti tertentu bahwa karyawan-karyawan tersebut memang benar benar melaksanakan izin. Selain hal-hal di tersebut maka karyawan wajib hadir tiba ke perusahaan.

Kehadiran sudah merupakan sebuah peraturan yang mutlak dalam perusahaan sebagaimana sebuah aturan undang-undang dalam bernegara. Setiap karyawan yang melanggar niscaya akan diberi sangsi atau hukuman, baik eksekusi dari mulai surat peringatan atau bahkan hingga eksekusi pemecatan.

Maka dari itu jikalau kita ingin mendapat reward, naik gajih, dan naik jabatan maka junjung tinggi lah 3 hal di atas, alasannya ialah 3 penilayan tersebut merupakan poin penting untuk perkembangan karir seorang karyawan.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kinerja
  • https://www.kompasiana.com/novrykadang/sikap-kerja_552abd74f17e619938d623f5

Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "3 Evaluasi Kinerja Karyawan"

Posting Komentar