10 Penyebab Ac Kendaraan Beroda Empat Tidak Cuek Dan Solusinya

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin – Banyak faktor yang menimbulkan AC kendaraan beroda empat tidak dingin. Biasanya bekerjasama dengan problem teknis yang mengharuskan kita tiba ke bengkel untuk melaksanakan perbaikan atau mengganti komponen yang rusak. Biaya perbaikan AC kendaraan beroda empat cukup besar, tergantung dari tingkat kerusakan. Apabila AC benar-benar mata, tentu sanggup mencapai jutaan rupiah.


Untuk mengantisipasi AC kendaraan beroda empat tidak dingin, masbro sanggup melaksanakan pengecekan secara rutin dan berkala. Masbro sanggup tiba ke bengkel seorang jago AC kendaraan beroda empat atau bengkel umum. Jangan hingga AC kendaraan beroda empat tidak hambar atau bahkan mati, alasannya yaitu akan mengurangi kenyamanan kita dikala beraktivitas memakai mobil.




Yah, AC berperan penting dalam menjaga kenyamanan sebuah mobil. Apabila AC rusak, tentu sirkulasi udara terasa kurang sehat dan menimbulkan kendaraan beroda empat menjadi pengap. Bagi pemilik kendaraan beroda empat pickup atau truck mungkin hal ini bukan menjadi masalah, alasannya yaitu terbiasa membuka beling untuk mengalirkan udara ke dalam kabin yang menimbulkan sirkulasi udara tetap baik.


Komponen AC Mobil


Untuk menghasilkan udara yang dingin, tentu diharapkan banyak sekali komponen AC kendaraan beroda empat yang bekerja secara sistematis untuk mengeluarkan udara sesuai dengan tingkat kedinginan yang diatur pengendara mobil. Setiap komponen mempunyai fungsi berbeda-beda dan terbagi dalam komponen mekanikal serta komponen kelistrikan. Nah untuk mengetahui apa saja komponennya, silahkan simak dibawah ini.



  • Kompressor

  • Kondensor

  • Receiver Drier atau Filter Drier

  • Ekspansi valve

  • Evaporator

  • Heater

  • High Low Pressure switch

  • Selang dan Pipa

  • Magnetic Clutch

  • Sakelar

  • Thermostat

  • Motor Fan Kondensor

  • Pressure Switch

  • Relay

  • Amplifier AC


Semua komponen AC kendaraan beroda empat di atas mempunyai fungsi berbeda-beda. Menurut kami yang paling penting yaitu Kompressor. Pasalnya komponen ini ditugaskan untuk menghisap gas freon dari dalam evaporator kemudian disalurkan ke pecahan komponen kondensor AC yang berfungsi untuk merubah gas freon yang mempunyai tekanan dan temperatur tinggi menjadi cair.


Cara Kerja AC Mobil


 Banyak faktor yang menimbulkan AC kendaraan beroda empat tidak hambar 10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Solusinya

Gambaran cara kerja sistem AC mobil


Menelisik lebih jauh mengenai sistem kerja AC mobil, maka sanggup diketahui bahwa awal mulanya udara hambar berasal dari kompresor yang digerakan oleh tenaga mesin kendaraan beroda empat atau aki, kemudian memompa freon yang masih berbentuk gas ke dalam sistem dengan tekanan tertentu. Selanjutnya freon tersebut di alirkan ke dalam kondensor dengan cara melepas panas ke udara melalui siri-sirip kondensor.


Freon yang sebelumnya berbentuk gas akan bermetamorfosis cairan dikarenakan temperatur yang menurun. Kemudian freon atau media pendingin dialirkan ke sistem Filter Drier untuk melaksanakan pengeringan terhadap uap air yang ikit beredar di dalam sistem. Setelah di filter, maka media pendingin dialirkan ke katu expansi yang berfungsi untuk menurunkan tekanan pada media pendingin, sehingga menimbulkan temperatur turun.


Penurunan temperatur secara otomatis akan merubah media pendingin menjadi kabut. Selanjutnya dialirkan ke evaporator yang menimbulkan evaporator menjadi dingin. Lalu udara akan disalurkan ke sirip-sirip evaporator dan panasnya diserap, sehingga temperatur udara tersebut menjadi dingin. Nah sehabis itu, udara akan disalurkan ke kendaraan beroda empat melalui ventilation blower yang menimbulkan suhu kabin menjadi sejuk.


Saat udara sejuk disalurkan ke dalam kendaraan beroda empat juga terjadi perubahan bentuk pada media pendingin, yang sebelumnya berbentuk kabut menjadi gas pada evaporator. Selanjutnya media pendingin yang sudah dalam bentuk gas siap dihisap dan disirkulasikan ke dalam sistem. Nah itulah citra singkat mengenai cara kerja sistem AC mobil. Lalu apakah yang penyebab AC kendaraan beroda empat tidak hambar ?


Penyebab AC Mobil Tidak Dingin


 Banyak faktor yang menimbulkan AC kendaraan beroda empat tidak hambar 10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Solusinya

Inilah Penyebab AC Mobil Tidak Dingin !


Apabila komponen AC kendaraan beroda empat mengalami kerusakan, tentu akan menimbulkan AC kendaraan beroda empat tidak dingin. Ada beberapa pecahan yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan AC kendaraan beroda empat biar sanggup bekerja sebagai mana mestinya. Sebelum pergi ke bengkel seorang jago ada baiknya melaksanakan pengecekan terlebih dahulu. Siap tahu penyebab AC kendaraan beroda empat tidak hambar sepele dan sanggup kita lakukan sendiri tanpa derma ahli.


Bagi orang awam niscaya merasa resah dalam memecahkan problem AC kendaraan beroda empat tidak dingin. Butuh pengetahuan khusus untuk mencari penyebab AC kendaraan beroda empat tidak dingin. Setelah membaca cara kerja AC kendaraan beroda empat di atas, mungkin masbro sanggup eksklusif mengetahui dimana kerusakannya. Namun bagi yang masih bingung, ada baiknya menyimak gosip penyebab AC kendaraan beroda empat tidak hambar berikut ini.


1. Freon Habis


Media pendingin AC kendaraan beroda empat sering disebut sebagai Freon. Apabila Freon berkurang atau habis, tentu menimbulkan AC kendaraan beroda empat tidak dingin. Sebenarnya Freon tidak akan habis apabila tidak ada penyebabnya. Biasanya yang menimbulkan Freon habis yaitu terjadi kebocoran pada system AC, menyerupai pada evaporator, kondensor, sambungan seal o-ring, ataupun komponen AC lainnya.


Sebelum menambahkan Freon lebih baik mencari terlebih dahulu titip kebocoran atau problem yang terjadi pada AC. Apabila hal ini terjadi kami sarankan untuk tiba eksklusif ke bengkel seorang jago AC mobil. Masbro harus menangani problem AC kendaraan beroda empat tidak hambar ini secepatnya, alasannya yaitu dampaknya sanggup membesar dan berimbas pada kerusakan pada komponen AC.


2. Radiator dan Kondensor Kotor


Sering kali AC kendaraan beroda empat tidak hambar dikarenakan kondensor atau radiator kotor. Biasanya penyebab problem ini yaitu debu. Masalah ini juga harus cepat di atasi, alasannya yaitu kondensor berperan sangat penting dalam membuang panas dari freon. Alhasil AC kendaraan beroda empat tidak akan hambar tepat selama kondensor belum dibersihkan.


3. Motor Kipas Pendingin Mati


Hawa panas yang masuk ke dalam kondensor di buang melalui derma kipas pendingin. Apabila kipas tersebut sudah lemah atau mati, tentu hawa panas tidak terbuang dan menimbulkan AC kendaraan beroda empat tidak dingin. Untuk mengatasinya, masbro sanggup membeli kipas pendingin baru. Memasangnya cukup mudah, namun harus teliti. Jangan hingga memasangnya secara terbalik, alasannya yaitu kipas pendingin yang seharusnya membuang hawa panas, maka akan bekerja sebaliknya.


4. Kondisi Kompresor Sudah Aus


Penyebab AC kendaraan beroda empat tidak hambar selanjutnya yaitu kompresor yang sudah aus. Kerusakan ini menimbulkan tekanan Freon menjadi tidak normal dan AC menjadi tidak dingin. Apabila hal ini terjadi biasanya akan terdengar suara berangasan dan pada pecahan sight glass akan terlihat hitam. Selain itu, kmpresor yang auh akan menimbulkan tersumbatnya pecahan dryer filter dan expansi valve.


5. Kerusakan Magnetic clutch


Fungsi Magnetic Clutch yaitu untuk memutus dan menghubungkan kompressor dengan sistem penggeraknya (putaran mesin). Apabila komponen AC ini bermasalah, tentu menimbulkan kompressor tidak bekerja dan menimbulkan AC kendaraan beroda empat tidak dingin.


6. Evaporator Kotor


Evaporator berperan sangat penting dalam menyerap hawa hambar kemudian dihembuskan melalui blower ke seluruh kabin mobil. Apabila Evaporator kotor, tentu anutan udara akan tersumbat dan menimbulkan AC kendaraan beroda empat tidak dingin. Penyebab utama problem ini yaitu debu yang menumpuk, sehingga disarankan menambah filter kabin biar evaporator tidak gampang kotor dan lebih awet.


7. Tekanan Freon Berlebihan


Semua hal yang berlebihan memang tidak baik. Begitu pula dengan tekanan Freon pada AC mobil. Tekanan yang berlebih sanggup menimbulkan kompressor AC mati dan menciptakan kondensor mengalami overheat dikarenakan kinerjanya semakin tinggi. Selain itu, arus listrik yang masuk ke magnetic clutch akan terputus, sehingga suhu udara di dalam kabin kendaraan beroda empat tidak akan dingin.


8.  Mesin Mengalami Overheat


Suhu mesin yang terlalu panas alias mengalami overheat akan menciptakan cairan Freon ikut panas. Alhasil kualitas freon menjadi berkurang dan menimbulkan AC kendaraan beroda empat tidak dingin. Untuk mengatasinya sanggup dengan cara mengganti oli mesin dan melaksanakan tune-up untuk memastikan kinerja mesin berjalan sempurna.


9. Kompresor AC Overheat


Panasnya suhu mesin juga terhadap panasnya kompresor AC. Saat kompressor terlalu panas, tentu menimbulkan freon ikut panas. Hal ini sanggup menimbulkan AC kendaraan beroda empat mengeluarkan hawa panas yang otomatis menciptakan AC kendaraan beroda empat tidak dingin. Apabila hal ini terjadi, kami sarankan untuk eksklusif mengganti freon AC yang kualitasnya masih baik.


10. Fan Belt AC Mobil Copot


Sering kali fan belt yang menghubungkan antara putaran mesin dengan kompresor AC kendaraan beroda empat mengalami putus atau copot. Jika hal ini terjadi, maka kompresor tidak akan berputar dan menciptakan kondensor tidak bekerja sebagai mana mestinya. Alhasil AC kendaraan beroda empat tidak hambar dan hanya mengeluarkan angin. Solusinya yaitu mengganti fan belt memakai fan belt berkualitas yang tahan usang serta tahan panas.


Harga Freon AC Mobil


Nah itulah beberapa penyebab AC kendaraan beroda empat tidak dingin. Penyebabnya beraneka ragam, tergantung dari tingkat kerusakan. Apabila terlalu parah, maka kami sarankan untuk tiba ke bengkel seorang jago AC mobil. Namun apabila masalahnya sepele dan sanggup di atasi sendiri, maka lebih baik membeli Freon AC kendaraan beroda empat yang rata-rata dibanderol sekitar Rp. 50 Ribuan.
















Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
 Banyak faktor yang menimbulkan AC kendaraan beroda empat tidak hambar 10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan SolusinyaMobil Terkeren Di Dunia Banyak faktor yang menimbulkan AC kendaraan beroda empat tidak hambar 10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan SolusinyaMobil Termurah di Indonesia

 Banyak faktor yang menimbulkan AC kendaraan beroda empat tidak hambar 10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan SolusinyaMobil Klasik Termahal


 Banyak faktor yang menimbulkan AC kendaraan beroda empat tidak hambar 10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan SolusinyaMobil Terbaik di Indonesia

Kenyamanan sebuah kendaraan beroda empat sangat tergantung pada dingginnya AC. Saat AC mati dan seluruh beling di tutup, tentu mobil akan terasa pengap dan sanggup menimbulkan sesak nafas dikarenakan tidak ada udara yang masuk ke dalam kabin mobil. Nah sehabis membaca gosip di atas, tentu masbro sanggup menyimpulkan bahwa AC kendaraan beroda empat perlu perawatan rutin biar komponennya tetap baka dan terhindar dari problem AC kendaraan beroda empat tidak dingin.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "10 Penyebab Ac Kendaraan Beroda Empat Tidak Cuek Dan Solusinya"

Posting Komentar