Tips Membeli Laptop Bekas Dengan Harga Murah Berkualitas

Kita sanggup menikmati aneka macam laba jikalau tau cara memberi laptop bekas murah berkualitas. Perlu memperhatikan beberapa hal dalam membeli laptop second. Karena kita tentu saja tidak mau menyesal setelam membeli laptop bekas tapi ternyata ada komponennya yang rusak atau belum usang digunakan sudah rusak total.


Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sesudah membeli laptop second, pada artikel kita akan mengulas sepuluh tips menentukan laptop bekas yang tidak hanya mempunyai spesifikasi tinggi, tapi juga berkualitas. Jika berbicara mengenai kualitas laptop maksudnya seberapa usang sisa masa pakainya. Adapun sisa masa pakai laptop bekas dilihat dari sisi teknologi komponen hardware yang terpasang (generasi CPU, Motherboard, RAM dan VGA) dan kondisi komponen harware itu sendiri.


Cara Membeli Laptop Second


Cara membeli laptop bekas tidak sama dengan membeli kendaraan beroda empat bekas. Karena industri hardware komputer selalu memproduksi dan memasarkan komponen-komponen komputer yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan generasi hardware sebelumnya. Misalnya, tidak semua generasi processor Intel core i7 keluaran usang lebih canggih dibandingkan dengan Intel core i5 generasi terkini. Dan kalau kita perhatikan dengan secama, produsen hardware mengiklankan produk hardwre generasi gres mereka sedemikian rupa biar seakan-akan menimbulkan model hardware keluaran sebelumnya menyerupai sudah jadul.


Satu hal yang lebih menjengkelkan lagi, produsen hardware memblokir upgrade perangkat keras dari generasi yang usang ke generasi yang paling baru, walaupun pengguna hanya ingin upgrade satu kelas saja. Contohnya jikalau kita ingin upgrade dari processor dari generasi Kaby Lake (gen 7) ke Coffee Lake (gen 8). Kita tidak sanggup hanya membeli processor gen 8 nya saja. Tapi juga harus membeli motherboard terbaru yang kompatibel dengan CPU gen 8. Belum lagi motherboard khusus CPU gen 8 semuanya hanya kompatibel dengan RAM DDR4, kalau kita upgrade CPU ke gen 8 harus juga ganti RAM DDR 3 kita. Direkomendasikan untuk dibaca juga; Cara menentukan processor.


Atau ada produsen yang menjual hardware model terbawah yang simpel rusak dan hanya bertahan dalam pemakaian beberapa tahun saja. Strategi tersebut menyerupai memaksa orang-orang awam yang kurang mengerti teknologi komputer merasa takut membeli produk-produk laptop dengan generasi usang atau laptop bekas.


Nah, seharusnya kau tidak perlu takut membeli laptop bekas. Tetapi perlu juga tahu bahwa mesin laptop bekas tidak sesempurna mesin laptop baru. Jadi, perlu melaksanakan beberapa penelitian dan mengerti pengetahuan-pengetahuan dasar yang dibutuhkan biar sanggup menentukan laptop bekas yang sesuai dengan kebutuhan. Tips membeli laptop bekas yang akan kita ulas disini yaitu menurut pengalaman saya sendiri, ditambah beberapa tips dari beberapa bengkel laptop yang pernah saya kunjungi.


Mencari Laptop Bekas Terbaik


Tentukanlah laptop menyerupai apa yang kau inginkan. Banyak orang menginginkan teknologi komputer terbaru yang heboh di pasaran. Kalau sanggup mampu laptop second keluaran terbaru dengan harga murah sih mujur bener tuh nasib. Tapijangan terlalu berharap sanggup yang jauh lebih murah dari harga barunya. Sebaliknya, carilah beberapa laptop bekas terbaik keluaran satu hingga tiga tahun lalu. Laptop yang mempunyai komponen 3 tingkat lebih rendah dari generasi terkini biasanya sanggup melaksanakan kiprah yang sama menyerupai yang sanggup dijalankan model hardware keluaran terbaru. Sebagai bonus tambahan, kau juga sanggup mencari laptop yang sudah terinstal OS dan beberapa software yang sangat dibutuhkan untuk pekerjaan. Atau jikalau kau yaitu gamer, carilah orang yang menjual laptop yang dilengkapi dengan banyak game. Atau juka kau yaitu seorang pelajar, ketahui juga cara menentukan laptop untuk pelajar.


Pilih Tempat Membeli


Tentukan toko dimana kau akan membeli laptop bekas yang murah. Jika sanggup mendapat laptop bekas pemakaian langsung jauh lebih bagus. Akan tetapi tanyakan terlebih dahulu apa alasan pemilik menjualnya. Jika alasan pemilik ingin ganti laptop, maka kemungkinan besar kondisi laptopnya masih mulus. Usahakanlah COD jikalau pemilik menjual dengan harga yang sangat jauh dari pasaran laptop bekas dengan specs sekelas.


Ada aneka macam opsi dimana kita sanggup membeli laptop bekas. Ada toko online atau ada juga toko khusus menjual laptop bekas, ada juga pemakai langsung yang memasang iklan di situs-situs marketplace. Utamakanlah mencari laptop bekas dari pemakaian pribadi. Karena biasanya harganya jauh lebih murah dibandingkan dari toko khusus jual laptop bekas. Dan toko menyerupai itu sering menjual laptop yang sebelumnya mati total tapi dibandrol dengan harga yang tidak masuk akal. Akan tetapi ada untungnya juga jikalau beli dari toko laptop bekas, yaitu berupa garansi toko. Kalu opsinya harus membeli laptop bekas dari luar tempat kamu, carilah toko online yang menyediakan jaminan keamanan transaksi. Karena jikalau seandainya barang yang dikirim ternyata tidak berfungsi atau tidak sesuai dengan deskripsi iklannya, kau diperbolehkan koplain untuk meretur barang dan uang kau akan kembali seutuhnya.


Periksalah Kondisi Fisik Laptop


Seperti yang disebutkan pada tips sebelumnya, jikalau kondisi barang rusak atau salah satu komponennya rusak, dan pemilik menyembunyikan keadaan tersebut, kita berhak untuk membatalkan membeli atau komplain jikalau investigasi barangnya pada ketika barang hingga dari ekspedisi. Yang pertama diperiksa yaitu kasing-nya dan memastikan tidak ada kerusakan yang cukup berarti. Selama laptop masih berfungsi sebagaimana mestinya, chip atau processor keluaran usang tidaklah menjadi problem serius. Akan tetapi, jikalau kau memang membutuhkan spesifikasi CPU tertentu, kau mungkin butuh mencari laptop bekas dengan spesifikasi yang sanggup melaksanakan keperluan kamu. Perihal CPU atau processor menjadi krusial ketika kita ingin laptop khusus gaming atau untuk desain grafis dan rendering. Tapi jikalau untuk keperluan produktifitas sehari-hari, cpu keluaran usang juga sanggup malaksanakannya.


Tidak Ada Cacar Pixel Pada Layar (Bercak atau Garis)


Hal yang paling lainnya yaitu memperhatikan layar monitor. Pertimbangkanlah apakah kau harus membeli laptop yang layarnya ada bercak atau tidak. Jika ada cacat pixel, kau mungkin rela mengeluarkan dana untuk mengganti screen-nya. Biaya ganti screen lapto biasanya tidak terlalu mahal. Dan kau sanggup sekaligus upgrade screen yang lebih bagus, contohnya mengganti dengan creen layar sentuh. Tapi jikalau kau tidak ingin ribet dengan urusan mengganti layarnya, carilah laptop bekas kerkualitas lainnya.


Menguji Input


Periksa semua colokan, soket, dan koneksi nirkabel menyerupai bluetooth dan Wi-Fi. Banyak colokan yang menempel ke motherboard laptop. Jika ada yang tidak berfungsi, akan mahal mengganti motherboard-nya. Motherboard laptop jauh lebih mahal dibandingkan harga motherboard komputer desktop. Jika port yang rusah hanya satu port USB mungkin tidak terlalu problem buat kamu. Jika jack headphone rusak, kau masih sanggup memakai headphone bluetooth. Dan kelemahan-kelemahan menyerupai itu sanggup jadi senjata kau untuk menawar harga lebih murah lagi. Tapi jikalau kau tidak ingin satupun koneksi inputnya cacat, carilah laptop bekas lainnya.


Periksa Hard Disk, Drive CD, RAM, dan Baterai


Uji hard drive laptop bekas yang ingin kau beli apakah masih berfungsi atau tidak. Pertimbangkan juga apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan jenis ruang penyimpanannya, apakah HDD atau SSD. Laptop yang memakai ruang penyimanan SSD sangat jauh lebih cepat dibandingkan laptop yang hanya mengandalkan HDD.


Kemudian, periksalah Drive CD nya apakah masih berfungsi atau tidak. Ketahui juga jenisnya apakah DVD ROM atau DVD RW. DVD RW memilki fungsi lebih banyak ketimbang DVD ROM. Cobalah burning aneka macam jenis media yang sanggup diputar drive CD-R, CD-RW, DVD-R, DVD+R DL, dll.


Selanjutnya, tes daya tahan baterainya. Tujuan utama kita membeli laptop yaitu mobilitas kita. Jika baterai laptop cuma sanggup digunakan hanya satu jam tanpa mengecas, berarti kualitas baterainya sudah tidak elok lagi.


Jangan terlalu kawatir jikalau specs laptop second yang ingin kau beli tidak sesempurna teknologi komputer keluaran terbaru. Perlu diketahui bahwa komponen dan monitor laptop juga sanggup di upgrade. Disamping semuanya itu, yakinlah bahwa pilihan kau sesuai dengan keperluan dan budget yang kau punya.



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tips Membeli Laptop Bekas Dengan Harga Murah Berkualitas"

Posting Komentar