Tipe Tipe Kepemimpinan Dalam Manajemen

Kepemimpinan dalam Manajemen Kegiatan administrasi sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan tanpa seorang pemimpin dengan kepemimpinan yang menyenangkan. Pemimpin yaitu elemen yang memilih kelancaran organisasi dalam mewujudkan tujuan dan sasarannya. Kepemimpinan yaitu inti dan kekuatan pendorong kegiatan manajemen. Untuk itu pada kesempatan ini akan menjelaskan wacana kepemimpinan dalam manajemen. Semoga bermanfaat.

 Kegiatan administrasi sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan tanpa seorang  Tipe Tipe Kepemimpinan dalam Manajemen
Tipe Tipe Kepemimpinan dalam Manajemen | www.zonasiswa.com

Menurut Prof Prajodi Atmosudridjo, pemimpin yaitu seseorang yang mempengaruhi orang lain, biar mereka mau melaksanakan apa yang mereka inginkan. Sedangkan pendapat Prof. Arifin Abdurrachman wacana pemimpin yaitu orang yang bisa menggerakkan orang lain di sekitarnya untuk mengikuti jejak pemimpin. Pendapat lain yaitu dari Prof. Sarwono Prawirodihardjo yang menyatakan bahwa pemimpin yaitu orang yang berhasil menumbuhkan pada bawahan mereka rasa bertanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukan di bawah kepemimpinan mereka.

Dari beberapa makna di atas, sanggup disimpulkan bahwa seseorang sanggup dikatakan sebagai pemimpin bila orang tersebut sanggup mempengaruhi sikap orang lain untuk mematuhi kehendaknya, meskipun tidak ada ikatan yang berpengaruh dalam suatu organisasi. Jadi, pemimpin sanggup muncul kapan saja dan di mana saja selama seseorang bisa dan sanggup mempengaruhi orang lain di sekitarnya.

Pemimpin mempunyai kiprah utama untuk melaksanakan fungsi administrasi dengan benar, termasuk sebagai perencana, penyelenggara, koordinator, dinamist, pengawas, pengambil keputusan, pemberi otoritas, penjamin, pendidik, komunikator, penegak hukum, pemersatu, wali, orang tua, pelapor, pembiming, dan mandataris.

Ada beberapa tipe atau tipe pemimpin, termasuk yang berikut:


  1. Pemimpin otokratis yaitu manajer yang merasa diri mereka pintar dan serba bisa. Bawahan biasanya dianggap sebagai boneka saja yang harus melaksanakan otoritas mereka kepada bawahan mereka. Semuanya dilakukan sendiri.
  2. Pemimpin yang demokratis yaitu pemimpin yang tidak suka bertindak otoriter terhadap bawahannya. Dia mendelegasikan setiap pekerjaan yang sanggup ia berikan kepada orang-orang yang berada di bawah kepemimpinannya. Semua keputusan biasanya ditentukan berdasarkan hasil musyawarah. Pemimpin ini mengharapkan partisipasi dari bawahannya di setiap langkah dan acara perusahaan.
  3. Pemimpin yang bebas (laissez faire) yaitu pemimpin yang memberi terlalu banyak kebebasan kepada bawahan mereka. Hanya bertindak sebagai simbol. Semua keputusan dan penentuan tujuan dan persiapan rencana, aliran kerja, prosedur, mekanisme yang teratur diserahkan kepada kebijakan bawahannya.

Sementara itu, berdasarkan Blake dan Mouten, gaya kepemimpinan seseorang sanggup diklasifikasikan menjadi lima jenis, yaitu sebagai berikut:

  1. Tipe pemimpin Deserter yaitu gaya kepemimpinan terburuk dengan karakteristik kurangnya perhatian, baik terhadap produksi dan manusia.
  2. Tipe pemimpin Misionaris yaitu gaya kepemimpinan yang berorientasi pada manusia, begitu banyak perhatian pada insan dan kurangnya pemahaman wacana produksi.
  3. Tipe pemimpin Kompromi yaitu gaya kepemimpinan yang memperhatikan gaya yang seimbang, di mana perhatian diberikan secara merata antara produksi dan manusia.
  4. Jenis pemimpin Autokrat yaitu gaya kepemimpinan yang berorientasi produksi. Sebagai akhir terlalu banyak memperhatikan produksi, mereka kurang memperhatikan manusia.
  5. Tipe pemimpin Eksekutif yaitu puncak gaya kepemimpinan, di mana perhatiannya pada produksi dan insan sangat besar (lebih besar dari gaya kompromi).

Itulah klarifikasi mengenai Kepemimpinan dalam Manajemen yang menyangkut pengertian apa itu pemimpin sendiri, serta jenis-jenis kepemimpinan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Semoga apa yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat dan berkhasiat bagi yang membaca. Apabila ada kesalahan dari klarifikasi di atas, akan sangat berharga bila teman-teman mau menawarkan kritik dan saran untuk menciptakan klarifikasi di atas lebih baik lagi. Terima kasih...
Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tipe Tipe Kepemimpinan Dalam Manajemen"

Posting Komentar