Satu Nautical Mile (Mil Laut) Berapa Kilometer?

Pengertian Nautical Mile (Mil Laut)
Apa yang dimaksud nautical mile (mil laut)? Nautical mile atau mil bahari yakni satuan jarak yang dipakai dalam bidang penerbangan dan pelayaran. Satuan nautical mile (mil laut) didasarkan pada jarak keliling planet bumi. Jika anda memotong bola bumi pada garis katulistiwa maka anda akan mendapat bulat keliling bumi pada penampang bola bumi. Lingkaran keliling bumi terdiri dari 360 derajat dimana satu derajat yakni 60 menit. Satu menit busur planet bumi disebut 1 nautical mile.

 Nautical mile atau mil bahari yakni satuan jarak yang dipakai dalam bidang penerbangan d Satu Nautical Mile (Mil Laut) Berapa Kilometer?

 

Definisi Nautical Mile
1 nautical mile yakni jarak satu menit busur bulat planet bumi.

Definisi Knot
Knot yakni satuan kecepatan perjalanan udara atau bahari yang setara dengan nautical mile per jam. Jika sebuah kapal bahari melaju dengan kecepatan 1 nautical mile/jam, maka dikatakan kecepatannya 1 knot.

Konversi Satuan Nautical Mile ke Satuan Kilometer
Satu nautical mile sama dengan 1,852 kilometer  atau 1.852 meter. Satu nautical mile sama dengan 1,15078 mil.

Singkatan Satuan Nautical Mile
Satuan nautical mile biasa disingkat dengan abjad M, NM, nm atau nmi. Organisasi hidrografi internasional (International Hydrographic Organization) dan agen internasional untuk berat dan pengukuran (International Bureau of Weights and Measures) memakai M sebagai kependekan dari nautical mile. Sedangkan organisasi penerbangan sipil internasional (Internasional International Civil Aviation Organization) memakai NM sebagai kependekan dari nautical mile. Satuan nm atau satuan nmi juga seringkali dipakai sebagai kependekan dari nautical mile.

Penggunaan Satuan Nautical Mile
Satuan nautical mile bukan merupakan satuan SI (sistem satuan Internasional). Satuan nautical mile sering dipakai untuk menyatakan ukuran jarak dalam penerbangan, pelayaran, penjelajahan kutub, dan sistem navigasi lainnya. Nautical mile juga dipakai dalam bidang aturan dan perdagangan internasional terutama dalam memilih batas wilayah laut.


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Satu Nautical Mile (Mil Laut) Berapa Kilometer?"

Posting Komentar