Resep Sayur Lodeh Dan Cara Membuatnya

Banyak variasi kuliner sayur lodeh, ada yang dilengkapi dengan santan, pedas dan sebagainya. Resep sayur lodeh kali ini khusus menciptakan yang versi dari Jawa.


Umumnya sayur lodeh terbuat dari banyak sekali jenis sayuran menyerupai terong, labu siam, nangka muda, kacang panjang, melinjo, wortel, dan lain-lain. Sayur ini ialah salah satu kuliner favorit di pulau Jawa. Sehingga sering ditemui di rumah makan atau warteg pinggir jalan, alasannya ialah rasanya enak dan murah.


CATATAN: jikalau kau tidak suka kuliner yang terlalu pedas, disarankan untuk tidak memakan sayur lodeh alasannya ialah biasanya sayur lodeh lebi enak jikalau disajikan lebih pedas.

Nah, sebelum kita simak resep sayur lodeh, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu sayur lodeh.


Apa Itu Saur Lodeh?


Sayur lodeh ialah sejenis sup sayuran yang materi utamanya ialah kaldu santan. Makanan ini ialah salah satu sayur yang paling difavoritkan Indonesia, Malaysia dan negara sekitarnya. Ada dua variasi sayur lodeh, salah satunya khas sayuran menyerupai kubis, kacang, wortel, lobak, bawang dan kembang kol. Dan variasi yang satunya ialah sayur lodeh yang dicampur dengan kaldu dan rempah-rempah disiapkan menyerupai kari pasta aromatik panggang dan rempah-rempah menyerupai jahe, lengkuas, bawang putih, ketumbar dan kunyit.


Meskipun sajian sayur lodeh sering digambarkan sebagai sup sayuran, jenis kuliner ini tidak selalu berarti vegetarian. Karena ada juga sayur lodeh udang kering atau udang basah, ada yang dicampur dengan ikan bilis atau juga ikan teri kering. Kuah sayur lodeh pada umumnya agak tebal atau ada juga yang tipis, tergantung jenis santan yang dipakai dan banyaknya air yang ditambahkan. Setelah memasak sayur lodeh selesai, sanggup eksklusif disajikan untuk disantap dengan nasi, lontong, mie atau ikan goreng.


Salah satu faktor yang memilih kelezatan sayur lodeh ialah jumlah dan variasi jenis sayuran yang ditambahkan ke dalam resep. Bahan sayur lodeh yang paling umum ialah kacang hijau, wortel, kembang kol, kubis, terong, bawang dan brokoli. Yang lebih jarang antara lain; kentang, lobak dan seledri. Agar rasa sayur lodeh lebih enak dan sehat, materi sayurannya perlu dibersihkan dan kemudian dipotong kecil-kecil semoga sanggup masak secara merata di dalam kuahnya.


Kuah sayur lodeh dibentuk menyerupai kari. Bumbunya halus dan ada juga yang memanggangnya terlebih dahulu. Kemudian digiling menjadi bumbu kental. Bumbu sayur lodeh yang umum ialah bawang putih, jahe, lengkuas, ketumbar, kunyit, jinten, cabe dan serai. Udang kering atau ikan bilis juga sanggup digiling menjadi gabungan bumbunya.


Resep Sayur Lodeh



  • satu liter santan,

  • satu bungkus bumbu kaldu penyedap masakan,

  • dua sendok makan minyak sayur,

  • tiga sentimeter lengkuas,

  • tiga lembar daun salam,

  • lima buah cabe hijau,

  • lima buah petai,

  • enam buah cabe merah,

  • sepuluh potong tahu,

  • 150 gram kacang panjang.

  • garam secukupnya.


Cara Memasak Sayur Lodeh


Untuk menciptakan sayur lodeh, perlu mencampurkan bumbu di wajan panas dan ditumis (digoreng) hingga minyaknya keluar dan tercium wangi harumnya. Kemudian santan dikombinasikan dengan kaldu atau air dan dipanaskan dalam wajan. Campuran bumbu yang sudah matang dicampur dengan santan kelapa dan dimasak hingga rasanya merata ke seluruh kuah. Sebelum mulai memasak, boleh juga mengetahui tips memasak terlebih dahulu semoga sanggup lebih mudah dalam memasak dan kuliner pun jadi lebih yummy dan sehat. Untuk lebih terperinci, ikuti panduan memasak sayur lodeh di bawah ini.



  1. Memarkan lengkuas.

  2. Belah dua semua petai.

  3. Iris cabe hijau dan cabe merah tipis-tipis.

  4. Potong-potong kacang panjang sepanjang 3 cm.

  5. Potong tahu berukuran kecil sekitar 1,5 cm.

  6. Panaskan minyak memakai wajan hingga siap untuk menggoreng.

  7. Goreng tahu hingga siap santap.

  8. Tumis semua cabe merah dan hijau, daun salam, lengkuas, bumbu kaldu dan lengkuas hingga baunya harum. Setelah itu kecilkan api kompor.

  9. Tuangkan santan dan jangan berhenti mengaduk.

  10. Sambil mengaduk, masukkan sisa materi yang belum dimasukkan dan aduk terus.

  11. Jika sudah matang, cobalah rasa. Kalau belum asinnya belum cocok, sanggup menambahkan garam sedikit. Jika sudah enak, sayur lodeh siap dihidangkan.


Sayur lodeh yang sudah matang sanggup disajikan pada mangkuk atau panci yang ukurannya sesuai untuk menampung seluruh kuahnya. Setelah matang sanggup juga ditambahkan ketumbar segar, dan dituangkan ke atas sajian nasi putih untuk disantap. Sayur ini sangat nikmat dimakan bersamaan dengan ikan asin yang digoreng renyah. Baca juga resep sayur asem. Semoga bermanfaat!



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Resep Sayur Lodeh Dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar