Nilai Tukar Kurs Dan Kegunaannya

Dalam dunia perdagangan mata uang, anda niscaya sering mendengar istilah kurs atau valuta asing. Sebenarnya apa yang dimaksud kurs? Kurs yaitu jumlah satuan mata uang yang harus diserahkan untuk mendapat satu jenis mata uang asing

Sebagai contoh, jikalau kurs $1 Amerika untuk membeli yaitu senilai Rp10.000, maka anda harus menyerahkan uang sebanyak Rp10.000 untuk mendapat $1 Amerika. Pergerakan harga kurs sanggup berubah-ubah. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan valuta abnormal layaknya menyerupai barang dagangan, sehingga harganya dipengaruhi oleh undangan dan penawaran.

Hukum undangan dan penawaran: Semakin tinggi permintaan, harga barang akan naik. Semakin besar penawaran, harga barang akan turun. Hal ini juga berlaku untuk kurs valas. Ketika penawaran vagluta abnormal meningkat, mengakibatkan harga valuta abnormal tersebut turun. 

Sedangkan jikalau jumlah valuta abnormal yang ditawarkan mengalami penurunan, maka harga valuta abnormal akan mengalami kenaikan. Bagaimana jikalau harga valuta abnormal jikalau undangan bertambah sementara penawaran tetap? Sesuai aturan undangan dan penawaran, harga akan naik.

Lalu, apa kegunaan valuta abnormal ini? Ada 3 fungsi dan kegunaan utama pasar valuta asing, yaitu sebagai berikut:

1. Sebagai sarana untuk mentransfer daya beli

Di pasar valuta asing, kita sanggup menukarkan banyak sekali mata uang yang kita butuhkan. Kita sanggup menukar Rupiah dengan Dollar dan sebaliknya. Artinya, daya beli Rupiah sanggup dipindahkan menjadi daya beli dollar dan sebaliknya. Daya beli Yen juga sanggup dipindahkan menjadi daya beli Dollar dengan menukarkannya.

2. Memudahkan transaksi perdagangan internasional

Pasar valuta abnormal menyediakan valuta abnormal untuk mendukung acara perdagangan internasional. Setiap perdagangan internasional niscaya membutuhkan mata uang abnormal untuk transaksi. Disinilah kegunaan valuta asing. 

3. Memberi kesempatan pada masyarakat untuk menghindari risiko naik turunnya kurs valuta asing. 

Jika anda memperkirakan bahwa nilai dari suatu mata uang akan turun, anda sanggup menukarkan mata uang yang akan turun kursnya pada mata uang lain bila anda memperkirakan ada mata uang yang nilainya akan naik. 





Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Nilai Tukar Kurs Dan Kegunaannya"

Posting Komentar