Mengaplikasi Konsep Benda Terapung, Melayang Dan Karam Dalam Teknologi Pada Ketika Ini

Pagi sahabat bangkusekolah.com, pagi ini cuacanya sangat cerah dan pastinya sahabat sehat…amin semoga saja menyerupai itu. Kali ini kita akan membahas aplikasi-aplikasi benda yang terapung, melayang dan tenggelam. Sobat sudah tahu tidak benda yang terapung, melayang dan tenggelam? Perhatikan sobat. pagi ini cuacanya sangat cerah dan pastinya sahabat sehat Mengaplikasi Konsep Benda Terapung, Melayang dan Tenggelam Dalam Teknologi Pada Saat Ini


Dari gambar diatas yaitu beberapa insiden yang sanggup terjadi saat beberapa benda padat dimasukkan kedalam air sebagai berikut.



  1. Benda terapung yaitu Suatu benda sanggup dikatakan terapung apabila benda tersebut berada di permukaan air dikarenakan berat jenis benda tersebut lebih kecil daripada berat jenis air (ringan) misalnya: tong yang kosong, gabus, plastik, bambu, dll.

  2. Benda melayang yaitu Suatu benda sanggup dikatakan melayang bila benda tersebut ada diantara permukaan air dan dasar air. alasannya yaitu berat jenis benda tersebut sama dengan berat jenis air, misal: kapal selam, telur yang melayang didalam air garam, penyelam, dll.

  3. Benda karam yaitu Suatu benda sanggup dikatakan karam bila benda turun hingga ke dasar air dikarenakan berat jenis benda tersebut lebih besar daripada berat jenis air, misal: besi, batu, tanah, dll.


Mengaplikasi Konsep Benda Terapung, Melayang dan Tenggelam Dalam Teknologi Pada Saat Ini


Setelah mempelajari konsep benda terapung, benda melayang, dan benda tenggelam, sahabat sanggup menjelaskan beberapa kasus-kasus yang ada dalam kehidupan ini. Misalkan, mengapa kapal bahari sanggup terapung di permukaan air, dan sebaliknya uang logam tenggelam. Dalam hal tersebut prinsip Archimedes diterapkan dalam kehidupan sehari-hari?


Kapal Laut Militer


Pada pembahasan Hukum Archimedes telah kita bicarakan, mengapa kapal bahari militer bisa terapung di air? Badan kapal bahari militer mempunyai rongga udara, nah alasannya yaitu rongga udara ini. volume air bahari yang dipindahkan oleh kapal tersebut cukup tidak mengecewakan besar sehingga sesuai dengan prinsip Archimedes, kapal bahari mempunyai gaya apung yang cukup besar untuk bisa menahan bobot kapal sehingga kapal sanggup mengapung di permukaan air tersebut. Kapal sangat penting untuk pertahanan militer untuk menjaga perbatasan di laut. Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang besar atau yang disebut maritim. Oleh alasannya yaitu itu, kapal bahari memegang peranan yang sangat penting akan kelancaran di negara kita.


Kapal Selam


Dengan demikian kapal bahari tidak hanya bisa mengapung di permukaan air saja, maka kapal selam militer, selain sanggup mengapung, bisa juga melayang dan karam di dalam air laut. Karena kemampuannya, kapal selam militer sangat cocok dipakai dalam penelitian dan gerakannya sangat bebas didalam air. Bentuk tubuh kapal selam dirancang semoga bisa saja mengapung, melayang, dan karam dalam air. Bukan hanya itu, kapal selam dirancang untuk sanggup menahan tekanan air di kedalaman bahari alasannya yaitu deras arusnya sangat besar.


Cara kerja kapal selam, tubuh kapal selam mempunyai rongga udara didalamnya yang berfungsi sebagai kawasan masuk dan keluarnya air atau udara tersebut. Rongga tersebut ada di lambung kapal. Rongga tersebut dilengkapi dengan katup atau pintu pada bab atas dan bawah. Ketika mengapung, rongga di isi dengan udara sehingga volume air yang dipindahkan sama dengan berat kapal. Sesuai dengan prinsip Archimedes, kapal selam akan mengapung.


Ketika rongga katup atas dan katup bawah pada rongga kapal selam dibuka udara yang didalam rongga kapal selam tersebut keluar atau air masuk mengisi rongga tersebut. Akibatnya, kapal mulai karam dan katup akan ditutup bila kapal selam telah mencapai kedalaman yang diinginkan. Dalam keadaan ini, kapal selam dalam keadaan melayang.


Jika kapal selam akan muncul ke permukaan dari keadaan tenggelam, air dalam rongga dipompa keluar dan terisi udara. Dengan demikian, kapal selam akan mengalami gaya apung yang sanggup menyamai berat kapal selam. Maka, kapal selam naik ke permukaan dan mengapung.


Jembatan Ponton


Peristiwa mengapung suatu benda alasannya yaitu mempunyai rongga udara dimanfaatkan untuk menciptakan suatu jembatan yang bawahnya terbuat dari drum-drum yang dijajarkan terentang dialiran sungai. Pada volume air yang dipindahkan sanggup menghasilkan gaya apung yang bisa menahan berat drum dan benda-benda yang melewati di atas. Setiap drum yang disusun pada jembatan ini harus tertutup semoga air tidak sanggup masuk ke dalamnya atau tenggelam.


Hidrometer


Hidrometer merupakan sebuah alat yang dipakai untuk mengukur massa jenis suatu zat cair. Cara memakai hidrometer dimasukkan ke dalam zat cair yang akan ditentukan massa jenisnya. Dikarenakan alat ini mempunyai rongga udara maka niscaya alat ini akan mengapung. Maka massa jenis zat cair kawasan hidrometer diletakkan ditempat besar, ketinggian pada tabung hidrometer muncul semakin besar dan begitu juga sebaliknya. Biaanya hidrometer sering kali dipakai untuk sebuah penelitian (research) di bidang ilmu kimia.


Bagaimana sahabat jelaskan? Atas bahasannya kalau kurang pelajari lagi supaya makin mantap ilmunya hehe.


Ok sekian dulu dari kami sahabat bangkusekolah.com terima kasih banyak atas kunjungannya. “Rajin berguru pangkal pandai!”



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mengaplikasi Konsep Benda Terapung, Melayang Dan Karam Dalam Teknologi Pada Ketika Ini"

Posting Komentar