Memahami Penerapan Konsep Tekanan Dalam Tekanan Udara Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pagi menjelang siang teman bangkusekolah.com, bagaimana kabarnya? niscaya sehat dan semangat untuk belajar. Kali ini kita akan Memahami Penerapan Konsep Tekanan dalam Tekanan Udara dalam Kehidupan Sehari-hari. Masih ingatkan tekanan itu apa? Ok kita pribadi ke materi yang akan kita bahas.


Tekanan itu merupakan suatu daya yang bertindak ke atas seluas permukaan yang disentuh, atau daya per unit seluas dalam arah berserenjang dengan permukaan tersebut. Semakin besar lengan berkuasa daya yang bertindak ke atas permukaan yang diberikan niscaya semakin tinggi tekanannya. Begitu juga bilamana semakin kecil luas permukaan yang disentuh oleh daya tersebut, maka lebih tinggi tekanannya.


Untuk memahami pengertian tekanan dalam ilmu fisika sedikit sulit tapi tidak sulit diharapkan untuk mengidentifikasi suatu hal-hal yang ada dan terjadi di sekitar kita. Untuk memahami pengertian tekanan perhatikan dengan baik materi yang ada di bawah ini.


Berikut ini referensi penerapan konsep tekanan.


Contoh pada kapak


Pagi menjelang siang teman bangkusekolah Memahami Penerapan Konsep Tekanan dalam Tekanan Udara dalam Kehidupan Sehari-hariMata kapak dibentuk tajam untuk memperbesar tekanan sehingga sanggup memudahkan tukang kayu dalam memotong atau membelah kayu tersebut. Orang yang memotong kayu tersebut dengan kapak yang tajam niscaya akan lebih sedikit mengeluarkan tenaga daripada yang memakai kapak tumpul dengan gaya yang diberikan sama. Jadi, kapak yang baik ialah kapak yang mempunyai luas permukaan bidang yang kecil. Dalam sehari-hari juga sanggup dikatakan luas permukaan kapak yang kecil disebut tajam.


Contoh pada sirip Ikan


Pagi menjelang siang teman bangkusekolah Memahami Penerapan Konsep Tekanan dalam Tekanan Udara dalam Kehidupan Sehari-hariSirip ikan yang lebar sanggup bergerak didalam air alasannya ialah sanggup memperoleh gaya dorong dari gerakan siripnya yang lebar tersebut. Sirip ini memperlihatkan tekanan yang besar pada air dikala sirip tersebut digerakkan alasannya ialah sirip yang lebar. Begitu sebaliknya kalau sirip sempit atau kecil maka dorongan yang didapat niscaya kecil. Akibatnya, ikan memperoleh gaya dorong air sebagai reaksi tersebut.


Contoh pada Sepatu Salju


Pagi menjelang siang teman bangkusekolah Memahami Penerapan Konsep Tekanan dalam Tekanan Udara dalam Kehidupan Sehari-hariOrang-orang yang hidup di tempat salju secara pribadi atau tidak telah memanfaatkan konsep tekanan tanpa disadari. Maka mereka menciptakan sepatu salju yang ukuran luas alasnya cukup besar sehingga sanggup bisa memperkecil tekanan berat pada tubuhnya terhadap salju. Hal tersebut juga mempermudah mereka berjalan di atas salju tersebut.


Bagaimana teman dah paham kan? Kalau sudah kita lebih baik lanjut saja ke bahasan selanjutnya yaitu tekanan udara. Ok pribadi ke bahasan selanjutnya.


Seperti pada tekanan zat padat dan zat cair, berikut diberikan dalam beberapa referensi kejadian yang berkaitan dengan tekanan udara (gas). Perhatikan referensi yang ada di bawah ini.


Contoh Angin


Angin merupakan udara yang bergerak dari suatu tempat yang bertekanan dari tinggi ke tempat yang tekanannya lebih rendah. Jika suatu tempat mempunyai tekanan udara yang sangat rendah dari pada umumnya, udara di sekelilingnya akan mengitari tempat tersebut sehingga membentuk suatu pusaran angin. Kekuatan angin tersebut bisa sangat besar dan sanggup menerbangkan benda-benda yang dilewatinya. Dari bentuk angin menyerupai ini sanggup disebut angin siklon. Angin tersebut bersifat perusak bilamana tempat terjadinya pusaran bersahabat dengan tempat tinggal penduduk.


Pagi menjelang siang teman bangkusekolah Memahami Penerapan Konsep Tekanan dalam Tekanan Udara dalam Kehidupan Sehari-hariAngin bisa juga dimanfaatkan oleh para nelayan yang mau melaut. Mereka sanggup memanfaatkan angin darat dan angin laut. Apa itu yang dimaksud angin darat dan angin laut? Cari tau sendiri ya teman hehe…


Contoh Pada Prakiraan Cuaca


Pagi menjelang siang teman bangkusekolah Memahami Penerapan Konsep Tekanan dalam Tekanan Udara dalam Kehidupan Sehari-hariPara andal meteorologi sanggup memperkirakan suatu cuaca. Para andal meteorologi mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada tekanan udara di suatu tempat, lalu data hasil perolehan tersebut dianalisis dan diinterpretasikan. Misalkan, pada suatu tempat yang tekanan udaranya  rendah dari pada udara yang bertekanan lebih tinggi akan bergerak menuju ke tempat tersebut. Angin tersebut juga sanggup membawa uap air. Karena tekanan udaranya rendah, nah uap air tersebut akan jatuh ke Bumi dalam bentuk hujan. Begitu juga sebaliknya, di suatu tempat cuacanya akan sangat cerah kalau tekanan di tempat tersebut tinggi yang berarti udara dari tempat tersebut akan bergerak ke tempat lain yang tekanan udaranya lebih rendah. Alat yang di gunakan untuk mencatat suatu perubahan tekanan udara secara terus menerus disebut barograf.


Ok teman bangkusekolah.com, banyak berguru dan juga berguru materi yang sudah kita pelajari supaya tidak lupa bagai “pisau yang tajam tiba2 tumpul kalau tidak diasah”. Terima kasih juga sudah berkunjung di web bangkusekolah.com kami biar banyak manfaatnya.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Memahami Penerapan Konsep Tekanan Dalam Tekanan Udara Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Posting Komentar