Manfaat Buah Blewah Bagi Kesehatan

Kulit buah blewah yang berwarna orange dengan bintil Manfaat Buah Blewah Bagi Kesehatan
Kulit buah blewah yang berwarna orange dengan bintil-bintil hijau membuatnya nampak mirip buah melon.

Cucumis melo atau blewah yaitu tumbuhan semak yang cara hidupnya mirip melon, yaitu tumbuh merambat. Bukan hanya cara hidupnya saja, tapi bentuk fisik dari buah blewah juga mirip melon, yaitu berbentuk bundar lonjong, berkulit orange dengan bercak-bercak hijau, dan kalau dibelah akan memperlihatkan dagingnya yang bertekstur lembut juga bijinya yang berserat. Hal ini disebabkan lantaran antara buah blewah dan buah melon masih terdapat dalam kelompok yang sama, yaitu Cantelupensis. Walaupun banyak orang yang menyebut buah blewah hampir sama dengan timun suri juga semangka, namun melon masih dikategorikan sebagai kerabat terdekat dari buah blewah.


Di Indonesia, buah blewah seringkali dipakai sebagai materi untuk menciptakan minuman penyegar. Di samping rasanya yang manis, buah yang banyak mengandung air ini akan memperlihatkan kesejukan pada tenggorokan sehingga sangat cocok dikonsumsi pada ketika terik matahari, lantaran sanggup menghilangkan rasa haus atau dehidrasi. Apalagi ketika bulan Ramadhan, buah blewah ini sangat digemari dan terkenal sebagai buah utama untuk membuat es buah atau jus buah dan dijual sebagai takjil untuk berbuka puasa. Namun tidak hanya menyegarkan, buah blewah ini juga mempunyai manfaat kesehatan bagi orang yang mengkonsumsinya.


Kulit buah blewah yang berwarna orange dengan bintil Manfaat Buah Blewah Bagi Kesehatan
Daging buah blewah yang matang memperlihatkan warna orange yang segar dan memperlihatkan biji yang berserat.

Menurut salah satu situs penelitian gizi makanan, Nutrifax, buah blewah mempunyai banyak kandungan air, 68 mg Vitamin C, 13 mg karbohidrat, 494 mg potasium, 14 mg sodium, 3,1 mg beta-karoten, 1,3 mg serat. Selain itu juga merupakan sumber vitamin C dan A, mengandung lemak tak jenuh ganda, float, unsur kalsium, kalium, seng, fosfor, protein, niasin, dan zat besi.


Dengan banyaknya kandungan yang terdapat dalam buah blewah, maka blewah sanggup dikonsumsi untuk:



  • Menjaga kesehatan kulit

  • Menjaga kesehatan gusi

  • Menyehatkan mata

  • Mengatasi maag

  • Menurunkan berat tubuh bagi penderita obesitas

  • Mencegah resiko kanker

  • Mengatasi insomnia

  • Menurunkan kolesterol

  • Meningkatkan antibodi / daya tahan tubuh

  • Menurunkan tekanan darah

  • Mencegah kanker rahim

  • Memperlancar pencernaan

  • Recommended dietry allowance (RDA) menyatakan bahwa kalau ingin menstabilkan fungsi jantung maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah blewah secara teratur.


Selain itu, buah blewah juga mempunyai manfaat bagi ibu hamil dan juga bayi. Berikut pemaparannya:


Di awal kehamilan, kondisi janin masih belum terlalu berpengaruh atau masih lemah, sehingga rentan mengalami keguguran. Apalagi bagi perempuan yang gres hamil untuk pertama kalinya. Untuk menjaga kondisi janin semoga tetap sehat, ibu hamil sanggup mengkonsumsi buah blewah. Kandungan folat yang tinggi dalam buah blewah sanggup membantu pembentukan sel-sel gres sehingga sanggup menjaga pertumbuhan janin dengan baik. Hal ini dipertegas dengan rekomendasi para andal kepada ibu hamil dan menyusui untuk mengkonsumsi buah yang mengandung float sebanyak 600 mcg/hari. Bukan hanya folat, namun beberapa kandungan yang terdapat dalam buah blewah juga merupakan nutrisi yang diharapkan oleh ibu hamil. Seperti, Vitamin A dan C, kalsium, zat besi, juga seng. Selain blewah, mengkonsumsi ubi dan madu juga sangat dianjurkan. Keduanya telah dibahas pada artikel-artikel sebelumnya.


Sementara itu, buah blewah juga bermanfaat bagi bayi. Buah blewah mengandung seng dan kalium yang merupakan 2 dari 4 nutrisi penting yang diharapkan oleh bayi. Seng atau Zinc diharapkan oleh bayi untuk membantu perkembangan otak dan sarafnya. Selain itu juga untuk membangun benteng antibodi yang kuat. Sementara kalium diharapkan oleh bayi untuk menarik air ke dalam sel-sel tubuh sehingga sang bayi terhindar dari problem kehilangan cairan tubuh atau kekurangan cairan tubuh.


Kulit buah blewah yang berwarna orange dengan bintil Manfaat Buah Blewah Bagi Kesehatan
Es buah blewah menjadi minuman terkenal untuk menghilangkan dahaga juga kaya akan khasiat untuk kesehatan tubuh.

Itulah tadi pemaparan beberapa manfaat dari buah blewah. Karena banyak mengandung manfaat bagi kesehatan, maka buah ini selalu diburu dan digemari oleh setiap kalangan. Jika buah ini rutin dikonsumsi, maka manfaat yang akan diperoleh juga akan maksimal.


Produk benih tumbuhan melon sanggup didapatkan disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Buah Blewah Bagi Kesehatan"

Posting Komentar