Manfaat Beling Piring Bagi Kesehatan

Pernahkah anda mendengar tanaman beling piring? Apakah terbuat dari beling dan berbentuk piring? Tentu saja tidak. Kaca piring yakni flora sejenis perdu yang tumbuh tegak dengan batang mencapai 2 meter. Daunnya berbentuk lonjong bertekstur licin mirip kulit dengan permukaan yang mengkilap, berbunga tunggal dengan warna putih yang beraroma wangi, kelopak bunganya ibarat kelopak bunga mawar putih. Tanaman ini mempunyai buah berbentuk mirip telur dan bijinya banyak yang disebut Cape Jasmine.


 Apakah terbuat dari beling dan berbentuk piring Manfaat beling piring bagi kesehatan
Bunga beling piring berwarna putih bersih, bertekstur lembut dengan kelopak berlapis-lapis ibarat bunga mawar putih. Merebakkan aroma khas yang wangi.

Kaca piring bersama-sama berasal dari Cina dan Jepang. Oleh alasannya yakni itu, flora ini sudah dimanfaatkan semenjak dulu di negara-negara tersebut. Di Cina biasanya bunganya dipakai sebagai penambah rasa teh dan penambah aroma pada teh. Sementara di jepang, buahnya yang pahit dipakai sebagai pewarna makanan dan pewarna tekstil lantaran buahnya mengandung pigmen warna kuning yang alami.


Di Bali, bunga beling piring bahkan sangat populer. Orang-orang Denpasar juga turis-turis yang tiba ke bali mengaitkan bunga beling piring itu di sisi pendengaran mereka.Itulah yang menciptakan bunga beling piring disebut sebagai maskot kota Denpasar. Namun di kota dewata itu flora ini lebih dikenal dengan nama jempiring.


 Apakah terbuat dari beling dan berbentuk piring Manfaat beling piring bagi kesehatan
Permukaan daunnya hijau mengkilap dengan kandungan senyawa alami yang mempunyai kegunaan menyembuhkan banyak sekali penyakit.

Di daerah-daerah Indonesia lainnya, flora ini biasanya dijadikan tanaman hias lantaran kelopak bunga putihnya yang berlapis-lapis sangat menarik perhatian mata. Dan lantaran aromanya yang wangi, hampir mirip bacin melati, flora ini dimanfaatkan untuk dibentuk farfum atau pengharum ruangan. Selain indah dan wangi, flora ini juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Bagian yang sanggup dimanfaatkan untuk mengatasi dilema kesehatan yakni akar, daun, bunga dan buahnya yang matang. Adapun beberapa dilema kesehatan yang sanggup ditangani oleh flora ini adalah:



  • Membantu mengatasi diabetes melitus

    Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seekor tikus wistar yang sebelumnya telah disuntikkan kadar glukosa, diberikan infus daun beling piring. Dan alhasil kadar gula darah tikus wistar tersebut mengalami penurunan. Untuk penderita diabetes melitus, sanggup menciptakan ramuan sederhana ini dengan mudah. Pertama-tama sediakan 12 lembar daun kacapiring yang segar. Kemudian basuh higienis daun-daun itu kemudian rebus kedalam 2 gelas air putih. Tunggu hingga air rebusannya berkurang hingga 1 gelas saja.Setelah itu saring dan dinginkan air hasil rebusannya. Minum ramuan itu segelas dalam sehari. Lakukan secara rutin semoga kadar gula darah sanggup turun secara signifikan.

  • Mengatasi susah buang air besar (BAB)

    Untuk melancarkan pencernaan, manfaatkan buah beling piring. Caranya dengan merebus 3 biji buah beling piring ke dalam 2 gelas air. Hasil rebusannya yang tinggal segelas sanggup diminum setiap hari dengan catatan jangan meminumnya pada dikala terkena diare.


 Apakah terbuat dari beling dan berbentuk piring Manfaat beling piring bagi kesehatan
Buah beling piring biasanya diolah dengan cara direbus, digiling atau ditumbuk. Buah kecil yang disebut Cape Jasmine ini kaya akan manfaat.


  • Mengobati sariawan

    Bagi penderita sariawan, sebaiknnya memanfaatkan daun beling piring. Daun beling piring sebanyak 7 lembar diremas-remas kemudian diberikan segelas air hangat. Setelah itu disaring dan tambahkan 2 sendok makan madu juga sepotong gula aren. Aduk hingga tercampur rata. Air hasil gabungan itu sanggup diminum dua kali sehari.

  • Mengatasi demam

    Jika demam tidak kunjung berhenti, maka cobalah memakai ramuan sederhana dengan menyiapkan 7 lembar daun beling piring dan sepotong gula batu. Pertama-tama remas-remas daun-daun beling piring itu bersama dengan segelas air hangat. Kemudian saring daunnya dan ambil airnya saja. Selanjutnya tambahkan sepotong gula watu kemudian aduk hingga rata. Ramuan ini sanggup diminum 1 kali saja dalam sehari.


Selain itu, untuk sakit mirip seakan-akan bisul, keseleo, memar, borok atau luka bakar, sanggup diolah dengan pemakaian luar, caranya dengan menggiling buah kacapiring yang masih segar. Setelah benar-benar halus, tambahkan arak putih atau putih telur. Aduk hingga rata dan tempelkan pada area yang sakit.


 


 Apakah terbuat dari beling dan berbentuk piring Manfaat beling piring bagi kesehatan
Tanaman beling piring sangat ideal dijadikan flora hias pada wadah atau ditanam eksklusif pada lahan tanah pekarangan. Terlebih mempunyai kegunaan menyembuhkan banyak penyakit membuatnya jadi flora indah multifungsi.

Saat ini orang-orang berlomba membudidayakan beling piring. Hal ini sudah terperinci lantaran flora dengan nama latin Gardenia augusta ini banyak dicari-cari lantaran kecantikannya terlebih khasiatnya.


Produk bibit flora beling piring sanggup diperoleh disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Beling Piring Bagi Kesehatan"

Posting Komentar