Kelingking Beach, Nusa Penida: Pesona Keindahan Tak Terlupakan

Kelingking Beach, Nusa Penida: Pesona Keindahan Tak Terlupakan – Nusa Penida mempunyai aneka macam nirwana tersembunyi dan Kelingking Beach atau Kelingking Secret Point ialah satu di antara spot terindah yang ada di sana.


Berada di sebelah tenggara Pulau Dewata Bali, Nusa Penida yang menyimpan Kelingking Secret Point bisa dituju dengan gampang melalui Pelabuhan Sanur.


Tidak hanya melalui Pelabuhan Sanur, Kelingking Beach juga sanggup dituju melalui Padang Bai, Pelabuhan Benoa, dan Nusa Lembongan.


Baca Juga: Catatan Perjalanan ke Nusa Penida: The Golden Egg of Bali


Perjalananku ke Kelingking Secret Point, Nusa Penida menjadi salah satu pengalaman traveling yang tidak akan pernah terlupakan. Berikut pengalamanku menjelajahinya.


Catatan Perjalanan Menjelajahi Kelingking Secret Point, Nusa Penida


 Nusa Penida mempunyai aneka macam nirwana tersembunyi dan Kelingking Beach atau Kelingking Kelingking Beach, Nusa Penida: Pesona Keindahan Tak Terlupakan
Tebing yang berbentuk menyerupai Tyrannosaurus Rex, Kelingking Secret Point Beach, Nusa Penida

Sehabis menikmati keindahan Angel’s Billabong, kami melanjutkan perjalanan kami menuju Kelingking Beach. Perjalanan memakan waktu sekitar 20 menit dengan motor dan dikenakan biaya masuk area ini per orang dikenai Rp 5.000.  


Sama menyerupai menuju Broken Beach dan Angel’s Billabong, perjalanan menuju Kelingking Beach juga tak kalah sulit alasannya ialah jalanan masih belum diaspal dan banyak bebatuan yang mengganggu perjalanan.


Akhirnya kami pun datang di Kelingking Beach. Sebenarnya Kelingking Beach itu sendiri berada jauh di bawah dan kita harus melaksanakan trekking dengan menapaki ratusan anak tangga yang cukup curam di sana.


Tujuan kami, sih, tidak untuk main ke pantainya namun cukup dengan hanya melihat keindahan Kelingking Beach dari secret point-nya saja.


Baca Juga: 17 Destinasi Menarik yang Membuatmu Ingin Segera Berkunjung ke Nusa Penida, Bali


Dari daerah kami memarkirkan motor sudah terbentang terang indahnya bahari biru dan spot populer lain di barat Nusa Penida yakni Pohon Cinta, Banah Beach, dan Paluang Cliff.


Sudah tidak sabar dengan keindahan bahari biru yang sudah mengintip dari kejauhan, kami pun bergegas menuju Kelingking Secret Point tersebut.


 Nusa Penida mempunyai aneka macam nirwana tersembunyi dan Kelingking Beach atau Kelingking Kelingking Beach, Nusa Penida: Pesona Keindahan Tak Terlupakan
Kelingking Secret Point, Nusa Penida

Disebut secret point alasannya ialah dulunya, keindahan Kelingking Beach hanya bisa dinikmati dari kejauhan saja atau dari secret point/spot yang dibentuk oleh warga lokal.


Namun, seiring berjalannya waktu tepatnya sejak tahun lalu, sudah dibuka jalan untuk bisa turun ke bawah dan bisa eksklusif menikmati pantai dan bermain-main di atas pasir putihnya. Trek dari daerah parkir ke Kelingking Secret Point tidak terlalu jauh dan juga tidak sulit.


Baca Juga: Menyantap Jamuan di Warung NG, Nusa Penida, Bali


Sambil menikmati keindahan bahari biru kau bisa melihat dari kejauhan sebuah onggokan kerikil besar yang menjulang dikelilingi pasir putih dan birunya air laut. Indah sekali!


Tak terang alasan dibalik donasi nama Kelingking alasannya ialah kerikil besar itu tidak terlihat menyerupai kelingking (jari kelingking), mungkin lebih menyerupai dengan T-Rex. Ketika kami menanyakan kepada tour guides alasan dibalik donasi nama itu, mereka pun tidak mengetahuinya 😀


 Nusa Penida mempunyai aneka macam nirwana tersembunyi dan Kelingking Beach atau Kelingking Kelingking Beach, Nusa Penida: Pesona Keindahan Tak Terlupakan


Keindahan pantai ini semakin memukau di ketika siang ketika teriknya matahari sedang dalam kondisi maksimal. Dari kejauhan kami bisa melihat beberapa turis perlahan-lahan turun ke pantai tersebut. Bisa dipastikan itu turis asing!


Bli yang menjadi guide kami tidak merekomendasikan kami untuk turun ke bawah alasannya ialah memang trek-nya cukup jauh, sangat terjal, dan curam. 


Tidak terbayangkan berapa usang kami harus menghabiskan waktu untuk perjalanan turun dan naik lagi mengingat spot tersebut sangat jauh di bawah dari secret point itu sendiri.


 Nusa Penida mempunyai aneka macam nirwana tersembunyi dan Kelingking Beach atau Kelingking Kelingking Beach, Nusa Penida: Pesona Keindahan Tak Terlupakan
Bersama dengan dua Bli yang menjadi Pemandu Wisata kami, Kelingking Secret Point

Sehabis memanjakan mata dengan keindahan Kelingking Beach dan berfoto-foto, kami pun kembali naik dan duduk di padang rumput di bawah pohon hanya untuk memandang keindahan bahari biru dari kejauhan sembari beristirahat ditemani dengan tiupan angin pantai yang sepoi-sepoi.


Perjalanan panjang dan udara panas membuatku jadi aneka macam minum sehingga kebelet pipis, untungnya ada toilet umum di seberang daerah parkir. Tidak ada penjaga di toilet tersebut namun terdapat kotak untuk daerah membayar biaya buang air.


Baca Juga: 10 Tips Wajib yang Perlu Diketahui Sebelum Plesiran ke Nusa Penida


Tarif yang dikenakan untuk buang air kecil sebesar Rp 2.000, buang air besar Rp 3.000, dan mandi Rp 10.000. Toilet-toilet di Nusa Penida umumnya higienis baik yang ada di warung makan, daerah wisata, dan daerah umum lainnya.


Mungkin alasannya ialah sasaran wisatawan ialah mancanegara jadi standarnya cukup baik walaupun pada kondisi desa menyerupai Nusa Penida. Sembari leyeh-leyeh di atas rumput, kami mengumpulkan tenaga untuk ke Pohon Cinta alasannya ialah butuh tenaga dan perjuangan untuk ke situ yaitu manjat hehe 😀




Kelebihan dan Kekurangan Kelingking Secret Point, Nusa Penida


 Nusa Penida mempunyai aneka macam nirwana tersembunyi dan Kelingking Beach atau Kelingking Kelingking Beach, Nusa Penida: Pesona Keindahan Tak Terlupakan


Kelebihan Kelingking Secret Point Nusa Penida:


  • Spot pantai yang anggun dan indah

  • Terdapat warung makan

  • Terdapat toilet umum

  • Area wisata yang bersih

  • Terdapat signal walaupun tidak terlalu kuat


Kekurangan Kelingking Secret Point Nusa Penida:


  • Potensi wisata yang masih harus dikembangkan

  • Infrastruktur yang harus dikembangkan secepatnya

  • Ke depannya akan lebih baik dibentuk kereta gantung menuju Kelingking Beach sehingga wisatawan tidak perlu trekking sangat jauh ke bawah bila ingin menikmati pantai dari dekat




Perjalananku Mengelilingi Nusa Penida Bagian Barat – Hari Pertama



(Note: klik dot/pinpoint pada peta di atas untuk melihat detil masing-masing lokasi)


Broken Beach (Pasih Uug)Angel’s BillabongKelingking BeachPohon CintaPaluang CliffCrystal Bay




Peta Lokasi Kelingking Secret Point Beach, Nusa Penida, Bali




  • Alamat Lengkap: Bunga Mekar, Nusa Penida, Bunga Mekar, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771

  • Lokasi: Desa Karang Dawa, Pulau Nusa Penida, Kabupaten Klungkung




Itulah catatan perjalananku selama menjelajahi Kelingking Secret Point, Nusa Penida, yang bagiku pribadi memperlihatkan pengalaman luar biasa sekaligus tak terlupakan. Perjalanan ini pun menjadi salah satu pengalaman traveling yang sangat berkesan bagiku.


Masih ada kisah perjalanan lainnya ketika menjelajahi bab barat Nusa Penida, so baca terus artikel lainnya ya!


Semoga ceritaku ini bisa menginspirasi kau dan jikalau kau suka catatan perjalanan ini, silakan bagikan ke teman-temanmu. Selamat berlibur! 😀



Sumber https://ladypinem.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kelingking Beach, Nusa Penida: Pesona Keindahan Tak Terlupakan"

Posting Komentar