Jenis Jenis Pelanggaran Ham

Pelanggaran HAM Hak asasi insan merupakan hak yang paling fundamental atau pokok yang dikaruniahkan kepada insan semenjak lahir oleh Tuhan Yang Maha Esa. Hak asasi insan terdiri atas hak hidup, hak mempunyai sesuatu, dan hak kemerdekaan.

Universal merupakan salah satu sifat hak asasi manusia. Artinya yaitu hak asasi mansuia berlaku untuk semua insan tanpa membedakan ras, bangsa, etnik, dan kedudukan. Masyarakat internasional telah menghasilkan beberapa konvensi atau perjanjian internasional yang pada pada dasarnya menjamin pelaksanaan dan penegakan hak asasi manusia. Selain itu, di daerah regional juga ada konvensi internasional hak asasi manusia.

Namun begitu, pelanggaran hak asasi insan nampaknya masih menjadi permasalahan pelik di dunia internasional. Tercatat, terdapat beberapa pelanggaran hak asasi insan yang melibatkan masyarakat dunia. Nah berikut di bawah ini akan menjelaskan jenis-jenis Pelanggaram HAM. Semoga bermanfaat.

 Hak asasi insan merupakan hak yang paling fundamental atau pokok yang dikaruniahkan kepada Jenis Jenis Pelanggaran HAM
Jenis Jenis Pelanggaran HAM | www.zonasiswa.com

1. Kejahatan Genosida

Kejahatan genocide yaitu perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa/ras. Tindakan pelanggaran hak asasi insan ini yaitu yang paling mengerikan dan membahayakan bagi kehidupan suatu bangsa. Contoh tindakan genosida terjadi pada Perang Dunia II ketika Hitler yang kala itu menjadi penguasa Jerman hendak menghilangkan hak hidup bangsa Yahudi. Ribuan orang Yahudi mati di kamp-kamp konsentrasi.

Kejahatan genosida yaitu setiap perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, kelompok agama, dengan cara:
- membunuh anggota kelompok,
- mengakibatkan penderitaan fisik atau mental yang berat terhadap anggota-anggota kelompok,
- membuat kondisi kehidupan kelompok yang akan mengakibatkan kemusnahan secara fisik baik seluruh atau sebagiannya,
- memaksakan tindakan-tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran di dalam kelompok,
- memindahkan secara paksa bawah umur dari kelompok tertentu ke kelompok lain.

2. Kejahatan Kemanusiaan

Kejahatan kemanusiaan yaitu perbuatan yang dilakukan sebagai potongan dari serangan yang meluas atau sistematik yang diketahui bahwa serangan itu ditujukan secara pribadi terhadap penduduk sipil, contohnya pembunuhan, pemusnahan, perbudakan, penyiksaan, pemerkosaan, penghilangan orang secara paksa, dan kejahatan apartheid.

3. Pembajakan dan Perampokan
Pembajakan yaitu tindakan kejahatan yang dilakukan di pesawat udara, sedangkan perampokan yaitu kejahatan yang dilakukan di laut.

4. Kejahatan Perang
Kejahatan perang yaitu tindakan kejahatan yang umumnya dilakukan oleh pribadi pada ketika perang dan berakibat banyak korban yang terlibat dalam peperangan itu, contohnya kejahatan Perang Dunia II.

BACA JUGA:
1. Pengertian HAM
2. Sejarah HAM

Demikianlah klarifikasi lengkap mengenai Jenis Jenis Pelanggaran HAM, agar apa yang dipaparkan di atas sanggup menunjukkan gosip suplemen bagi teman-teman yang sedang memempelajari bahan Hak Asasi Manusia. Apabila ada kesalahan baik berupa penulisan maupun isi penjelasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih...

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jenis Jenis Pelanggaran Ham"

Posting Komentar