Harga Busi Motor Terbaik 2019 : Tipe Iridium, Platinum Racing
Harga Busi Motor – Sistem pengapian sepeda motor sangat bergantung pada busi (Spark Plug). Fungsi komponen motor ini ialah untuk mengubah tekanan listrik yang berasal dari koil menjadi percikan api untuk mengkremasi bensin yang telah dikompresi oleh piston. Walaupun bentuknya kecil, namun fungsinya sangat besar. Motor tidak bisa hidup apabila busi mati, sehingga kita harus menggantinya dengan busi baru.
Mengingat fungsinya sangat vital, maka busi motor harus diganti secara terencana setiap 7.000 hingga 13.000 km. Namun apabila ingin lebih maksimal, kami sarankan menggantinya setiap 3.000 hingga 6.000 km sekali biar daya hantar listriknya tetap stabil. Penggantian busi motor secara terencana juga menciptakan akselerasi motor tetap terjaga serta menjadikan konsumsi materi bakar lebih efisien.
DAFTAR ISI ARTIKEL
Busi akan bertambah keausannya seiring pemakaian. Untuk mengetahui kondisi busi motor bisa dilihat dari kondisi elektrodanya. Biasanya busi yang harus diganti mempunyai bentuk elektroda yang membulat dan tingkat keausannya tidak merata. Selain elektroda masih ada beberapa komponen busi lainnya yang akan mempengaruhi kinerja busi. Nah untuk mengetahui apa saja komponen busi motor, silahkan simak dibawah ini.
Komponen Busi Motor
- Terminal
- Insulator
- Ribs
- Insulator Tip
- Seal
- Metal Case
- Center Electrode
- Side Electrode (Ground)
Setiap komponen aki di atas mempunyai fungsi berbeda-beda. Dimana pada serpihan atas ada terminal yang berfungsi untuk menghubungkan busi dengan sistem ignition atau sistem pengapian. Lalu ada Insulator untuk menopang mekanik inti eletroda yang berada di serpihan tengah dan berfungsi sebagai isolator eletrik terhadap tegangan tinggi yang mengalir di inti elektroda.
Ribs bisa dikatakan sebagai lekukan busi pada serpihan insulator. Komponen ini menjadikan jarak antara inti elektroda dengan ground semakin jauh, sehingga tegangan listrik tidak eksklusif lompat ke ground sekitar busi. Kemudian ada pula Insilator Tip yang merupakan ujung dari insilator. Komponen ini memakai material yang bisa menahan temperature tinggi hingga 650 derajat celcius.
Komponen busi yang selanjutnya ialah Seal. Fungsinya ialah untuk menahan kompresi biar tidak keluar melalui celah drat busi. Semua busi juga mempunyai Metal Case yang berfungsi untuk mengunci busi ke silinder head serta sebagai konduksi untuk menghantarkan panas. Selain itu, terseda pula Center Electrode yang mempunyai fungsi untuk menyalurkan energi listrik.
Nah yang terakhir ialah Side Electrode atau Ground. Komponen busi ini merupakan serpihan ujung busi yang bersentuhan eksklusif dengan body atau ground kendaraan. Semua komponen busi tersebut akan menyempurnakan sistem pembakaran sepeda motor sehingga motor bisa hidup ketika distarter. Semua komponen tersebut bisa rusak, dan untuk mengetahui apa saja penyebabnya silahkan simak di bawah ini.
Penyebab Busi Rusak
- Salah satu penyebab busi mati ialah kebocoran kompresi motor. Hal ini terjadi dikarenakan hilangnya tekanan di ruang pembakaran silinder yang menjadikan proses pembakaran tidak tepat sehingga tarikan motor terasa lambat meski gas sudah dibuka sepenuhnya. Alhasil kompresi mesin yang bocor menjadikan busi mati dan menjadikannya berwarna hitam pekat.
- Biasanya motor yang masih memakai sistem pembakaran karburator membutuhkan setingan materi bakar yang pas. Apabila tidak pas maka karburator menjadi banjir dan menjadikan ruang mesin terlalu banyak bensin yang secara tak eksklusif menciptakan busi cepat kotor. Nah busi yang kotor akan menjadikan korsleting yang otomatis menciptakan busi cepat mati.
- Korsleting pada jalur pengapian bisa menjadikan busi mati. Begitu pula dengan komponen pengapian lainnya, menyerupai koil, cdi, dan spul.
- Busi motor harus dipasang secara tepat dan tidak longgar. Apabila terlalu longgar maka busi bisa rusak.
Nah apabila busi sudah rusak, maka kita harus menggantinya. Ada beberapa tipe busi yang bisa dipilih, menyerupai busi Iridium, Platinum, Racing, Beresistor dan busi standar. Setiap tipenya mempunyai kelebihan berbeda-beda yang akan sangat besar lengan berkuasa terhadap performa sepeda motor. Oleh sebab itulah masbro jangan asal membeli busi baru, sebab harus diubahsuaikan dengan spesifikasi serta jenis motor. Nah untuk mengetahui harga busi motor tersebut, silahkan simak di bawah ini.
DAFTAR HARGA BUSI MOTOR TERBARU
Harga Busi Motor Iridium
TIPE BUSI IRIDIUM | HARGA |
NGK Iridium CE7HIX | Rp 128.000 |
NGK Iridium CPR8EAIX9 | Rp 108.000 |
NGK Iridium CPR9EAIX9 | Rp 100.000 |
NGK Iridium CR8EHIX9 | Rp 108.000 |
NGK Iridium DPR8EIX9 | Rp 86.500 |
NGK Iridium DR8EIX | Rp 108.000 |
NGK Iridium BR8EIX | Rp 96.000 |
NGK Iridium BPR8HIX | Rp 90.000 |
Denso Iridium Power IUF31A | Rp 90.000 |
Denso Iridium Power IUF27A | Rp 90.000 |
Denso Iridium Power IUH27D | Rp 90.000 |
Denso Iridium Power IUH24D | Rp 90.000 |
Denso Iridium Power IU24 ND | Rp 90.000 |
Denso Iridium Power IU27 | Rp 90.000 |
Denso Iridium Power IU27A | Rp 90.000 |
Denso Iridium Power IU31 | Rp 90.000 |
Denso Iridium Power IUF22 | Rp 90.000 |
Denso Iridium Power IUF27 | Rp 90.000 |
Denso Iridium Power IUH24 | Rp 86.000 |
Denso Iridium Power IUH24A | Rp 90.000 |
Denso Iridium Power IUX27 | Rp 90.000 |
Denso Iridium Power IW22 | Rp 90.000 |
Salah satu alasan mengapa harga busi motor iridium cukup mahal ialah sebab sering digunakan pada motor balap. Ciri khas busi iridium ialah mempunyai ujung elektroda yang terbuat dari nikel dan center elektroda yang terbuat dari Iridium Alloy yang membuatnya lebih tahan panas. Busi ini juga meningkatkan respon gas dan terbukti lebih infinit hingga 10 kali lipat dibandingkan busi standar.
Tidak hanya itu, busi Iridium juga mempunyai kelebihan bisa meningkatkan tenaga mesin hingga 1-3%. Pembakaran yang dihasilkan busi ini juga lebih presisi, sehingga bisa meningkatkan efisiensi materi bakar. Semua kelebihan tersebut menciptakan harga busi motor Iridium cukup mahal. Walaupun begitu harganya sebanding dengan apa yang kita dapatkan, jadi masbro jangan ragu mengganti busi standar dengan busi iridium.
Harga Busi Motor Platinum
TIPE BUSI PLATINUM | HARGA |
NGK G-Power Platinum CPR6EAGP-9 | Rp 23.000 |
NGK G-Power Platinum BR7HGP | Rp 23.000 |
NGK G-Power Platinum CR6HGP | Rp 25.000 |
NGK G-Power Platinum CPR8EAGP-9 | Rp 25.000 |
NGK G-Power Platinum CPR9EAGP-9 | Rp 25.000 |
NGK G-Power Platinum CR8EGP | Rp 25.000 |
NGK G-Power Platinum DPR8EGP-9 | Rp 25.000 |
NGK G-Power Platinum BR8EGP | Rp 26.000 |
Apabila rata-rata busi iridium mempunyai center elektroda terbaik antara 0.6 mm hingga 0.8 mm, maka untuk busi motor platimum mempunyai center eletroda 0.5 mmm hingga 0.8 mm. Harga busi motor ini lebih terjangkau, namun tetap infinit dan tahan usang di bawah suhu yang tinggi. Selain itu, busi motor Platinum bisa meningkatkan efisiensi materi bakar dan menjadikan motor lebih gampang distarter.
Busi platinum mempunyai ujung elektroda yang terbuat dari nikel dan center elektroda dari platinum. Material tersebut bisa mengurangi tingkat panas sehingga bisa meminimalisir kerusakan pada sistem elektronik. Bahkan kemampuan menahan panas busi ini 21% lebih baik dibandingkan busi standar.
Harga Busi Motor Standar
TIPE BUSI STANDAR | HARGA |
Busi NGK JP CPR6EA9 | Rp 9.200 |
Busi NGK JP C7HSA | Rp 11.500 |
Busi NGK C6HSA | Rp 12.000 |
Busi NGK CPR8EA9 | Rp 11.500 |
Busi NGK CPR9EA9 | Rp 13.000 |
Busi NGK C7HSA | Rp 11.000 |
Busi NGK CR8E | Rp 15.000 |
Busi NGK CR7E | Rp 13.500 |
Busi NGK D8EA | Rp 13.000 |
Busi NGK DP8EA9 | Rp 15.000 |
Busi Denso U20EPR-9S | Rp 13.500 |
Busi Denso U22FS-U | Rp 12.500 |
Busi Denso U22FER-9 | Rp 12.000 |
Busi Denso U22EPR-9 | Rp 12.000 |
Busi Denso W22EP-U | Rp 12.500 |
Busi Denso U24ESR-N | Rp 17.000 |
Busi Denso U24EPR-9 | Rp 17.500 |
Busi Denso X24EP-U9 | Rp 11.500 |
Busi Denso W24FP-Us10 | Rp 15.000 |
Busi Denso W24ES-U | Rp 15.000 |
Selisih antara harga busi motor standar dengan busi iridium atau platinum sangat banyak. Busi ini merupakan bawaan motor orisinil dari pabrikan, jadi masuk akal apabila harganya jauh lebih murah. Rata-rata busi standar juga bisa digunakan hingga jarak 20.000 km sehingga tergolong cukup awet. Rata-rata busi standar juga mempunyai center elektroda berdiameter 2.5 mm dan ujung elektrodanya terbuat dari nikel.
Harga Busi Motor Racing
TIPE BUSI RACING | HARGA |
Brisk Cooper | Rp 55.000 |
Brisk Racing AR10ZS | Rp 250.000 |
Daytona Double Iridium CPR9EA-9 | Rp 100.000 |
TDR Twin Iridium 085RT | Rp 160.000 |
NGK Iridium IX CR7EIX | Rp 94.000 |
NGK Iridium IX CR8EIX | Rp 94.000 |
NGK Iridium IX CR9EIX | Rp 94.000 |
NGK Iridium IX BR9EIX | Rp 94.000 |
Apabila ingin busi motor terbaik, maka pilihlah busi racing. Harga busi motor ini memang cukup mahal, namun sebanding dengan kemampuannya dalam menahan kompresi tinggi serta temperatur mesin yang tinggi. Busi Racing sering diaplikasikan pada motor balap yang biasanya sudah di bore-up. Sayangnya busi racing kurang cocok digunakan sebagai motor harian, sebab harus diimbangi dengan modifikasi komponen pengapian lainnya, menyerupai pulser, CDI, dan koil.
Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya | |
Pengertian Rem ABS | Fungsi Kiprok Motor |
Cara Mengatasi Mesin Overheat | Cara Memperbaiki Aki Kering |
Busi racing memang dikhususkan untuk mesin full modifikasi, sehingga kurang cocok untuk motor standar. Sebagai alternatifnya masbro bisa menentukan busi Iridium atau busi Platium yang kualitasnya sama-sama baik. Apabila masih ragu memilihnya, maka kami sarankan bertanya terlebih dahulu ke teknisi atau montir untuk menentukan busi motor yang sesuai dengan spesifikasi mesin serta jenis motor yang kita miliki. Nah demikianlah tips otomotif kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.
Sumber https://www.otomotifo.com
0 Response to "Harga Busi Motor Terbaik 2019 : Tipe Iridium, Platinum Racing"
Posting Komentar