Cara Stek Pohon Apel India Dan Perawatannya Semoga Subur

Apel india yang dikenal dengan nama Ziziphus muritania alias Putsa ini merupakan salah sat Cara Stek Pohon Apel India dan Perawatannya Agar Subur


Apel india yang dikenal dengan nama Ziziphus muritania alias Putsa ini merupakan salah satu jenis tumbuhan tropis. Apel india sendiri termasuk kedalam kelompok rhamnaceae.


Biasanya, buah apel india yang terbentuk akan bewarna hijau dengan ketinggian pohon dapat mencapai 12 meter.


Diameter dari buah apel india ini sendiri mencapai 3 – 5 cm. Walaupun kulitnya bewarna kehijau-hijauan, namun rasa daging buah yang dihasilkan tetap manis. Untuk itu banyak yang mencoba membudidayakannya, salah satunya yaitu dengan cara stek pohon apel india berikut ini.


Persiapan Cara Stek Pohon Apel India


Seperti halnya Cara Stek Pohon Melinjo, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan semoga cara stek pohon apel india ini berhasil. Hal-hal tersebut nantinya akan menjadi faktor penunjang yang akan memudahkan pertumbuhan calon bibit semoga dapat ditanam.


Kita harus terlebih tahu apa saja yang menunjang pertumbuhan bibit sesudah melaksanakan cara stek pohon apel india tersebut. Tujuannya untuk menunjang kualitas hidup. Berikut ini beberapa tingkatan dalam cara stek pohon apel india, yaitu:


1. Persiapan Indukan


Tentunya, anda memerlukan pohon indukan sebelum memulai langkah stek. Ini tidak jauh berbeda dengan Cara Stek Tanaman Sirih Gading. Dimana pohon indukan yang akan dipakai untuk perbanyak pembibitan haruslah pohon yang dewasa, tidak mempunyai penyakit dan unggulan.


Karena, nantinya hasil dari stek ini akan lebih banyak membawa sifat orisinil dari indukan daripada harus mengembangkannya dengan cara menanam biji. Jadi, pilihlah pohon indukan yang tidak mengalami gangguan menyerupai yang dijelaskan di atas. Usahakan menentukan pohon indukan yang terbaik.


2. Alat dan Bahan


Tentu saja ini tidak akan jauh berbeda dengan Cara Stek Pucuk Tanaman Hias. anda harus menyiapkan terlebih dahulu alat dan materi yang diharapkan untuk melaksanakan stek tumbuhan ini, yaitu:



  • Persiapan pisau yang tajam untuk memotong ujung ranting tumbuhan yang akan distek. Pastikan pisau ini tidak berkarat semoga cabang tumbuhan yang akan distek tidak terkena benjol penyakit.

  • Zat perangsang tumbuhnya akar semoga lebih gampang mendapat akar gres pada tumbuhan hasil stek.

  • Polybag atau pot semoga dapat menampung media tanam dan hasil pemotongan stek batang yang akan dijadikan sebagai kawasan tumbuh.

  • Media tanam berupa tanah humus, kompos yang dicampur semoga dapat menawarkan unsur hara yang pas untuk calon bobot pohon apel india.


3. Pemilihan Batang


Ya, yang akan distek nantinya yaitu batang pohon indukan yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Sama halnya dengan pemilihan di dalam Cara Stek Pohon Langsat. Berikut langkah-langkahnya:



  • Pastikan kau emmilih cabang yang terlihat sehat dan tidak terkena benjol apapun.

  • Siapkan pisau tajam yang higienis untuk memotong cabang yang berada di bersahabat penggalan pangkal.

  • Potong secara melintang dan pastikan tidak terlalu melukai penggalan dalam batang tersebut.

  • Potong penggalan pangkal cabang sebanyak mungkin untuk dapat memperbanyak bibit pohon india.

  • Rendam hasil potongan cabang memakai larutan untuk meransang pertumbuhan akar.







4. Penanaman Calon Bibit


Setelah dilakukan perendaman dengan zat perangsang akar maka hal berikutnya yaitu penanaman di dalam polybag atau pot. Siapkan terebih dahulu media tanam dan polybag tersebut. Kemudian masukkan dan tanamkan calon bibit yang telah dipotong dari pohon indukan.


Setelah calon bibit pohon apel india ditanam, maka letakkan di kawasan yang teduh. Jangan eksklusif tempatkan diarea terbuka yang mendapat sinar matahari eksklusif dan mendapat air hujan. Kontrol kebutuhan air, semoga tidak membusuk.


Pastikan temapat tersebut cukup hangat, tidak terlalu lemabab. Karena akan memudahkan tumbuhnya jamur. Pastikan juga media tanam tidak terlalu banyak tersiram air. Tunggu hingga muncul tunas baru.


5. Perawatan Bibit


Setelah semuanya terjadi dengan baik dan tunas gres sudah muncul, maka hal berikutnya yaitu perawatan bibit. Pastikan tidak terlalu menyiram berlebihan. Silahkan menanam ketanah jikalau sudah ingin menanamnya dan pastikan memangkas pucuk jikalau terlalu lebat.


Demikianlah cara stek pohon india yang dapat kami sampaiakan di artikel kali ini. Semoga memebrikan indormasi yang bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Stek Pohon Apel India Dan Perawatannya Semoga Subur"

Posting Komentar