Cara Merubah Layer Autocad Menjadi Standar Secara Otomatis

Di video ini saya mengatakan Cara Merubah Layer AutoCAD Menjadi Standar Secara Otomatis. Tutorial ini dapat dipraktekkan baik di AutoCAD maupun AutoCAD Map.


Yang pertama tentu saja kita harus terlebih dahulu menciptakan dan mendefinisikan layer-layer standar yang akan digunakan. Namun perlu diketahui standar layer belum tentu sama antara di daerah saya bekerja dengan di daerah anda bekerja.


Walaupun beda tidak menjadi masalah, alasannya ialah disini saya akan mengatakan mulai dari cara menciptakan dan mendefinisikan layer standar sesuai dengan impian anda. Makara silahkan simak tutorialnya dibawah ini.


Cara Membuat Dan Mendefinisikan Layer Standar


1. Buat drawing baru, tetapi tidak perlu menggambar objek apapun. Caranya klik sajian File > New


2. Buka Layer Properties Manager. Bisa dengan cara ketikkan perintah layer pada command prompt.


3. Buat layer gres dan sesuaikan dengan standar yang anda gunakan, baik nama layer, warna, jenis garis, dan yang lainnya.


4. Buat layer standard sebanyak dan selengkap yang anda butuhkan.


5. Simpan file gambar tanpa objek ini.


Membuat dan mendefinsikan layer standar ini cukup satu kali saja. Nantinya file ini dapat dipakai berulang kali untuk merubah gambar-gambar lain yang belum standar.


Kalau mau merubah atau menambah layer standarnya, tinggal buka lagi saja file ini, lalu tinggal edit layernya di Layer Properties Manager. Setelah itu jangan lupa disimpan.


Sebagai contoh, akan kita gunakan file yang sudah dibentuk ditahap ini untuk merubah sebuah gambar yang layernya belum standar. Untuk caranya, silahkan simak dibawah ini.


Cara Merubah Layer AutoCAD Menjadi Standar


1. Buka gambar AutoCAD yang layer-layernya belum standar. Atau buka gambar yang akan distandar kan layernya.


2. Pada command prompt ketikkan perintah LAYTRANS atau dapat juga klik sajian Tools > CAD Standards > Layer Translator


3. Pada kotak obrolan Layer Translator yang sudah muncul, lakukan pengaturan sebagai berikut:


Pada bab Translate To, klik Load


Cari dan buka gambar AutoCAD yang mengandung layer-layer standard yang sudah kita buat pada tahap sebelumnya.


Pada bab Translate From, klik nama layer (Misalnya Jalan). Kemudian pada bab Translate To, klik nama layer standar yang seharusnya untuk Jalan (Misalnya 040100). Kemudian klik tombol Map


Lakukan hal yang sama pada semua layer yang akan distandarkan, hingga tidak ada lagi nama layer di bab Translate From. Agar lebih terperinci lihat gambar dibawah ini.


Di video ini saya mengatakan Cara Merubah Layer AutoCAD Menjadi Standar Secara Otomatis Cara Merubah Layer AutoCAD Menjadi Standar Secara Otomatis


Setelah semua layer dipasangkan dengan layer standardnya, lalu klik Translate


4. Apabila muncul kotak dialog, pilih saja Translate Only


5. Apabila langkahnya betul, maka layer pada gambar akan otomatis berubah semuanya. Baik nama layer, warna, jenis garis, dan yang lainnya sesuai dengan layer standar yang sudah kita tentukan sebelumnya.


Demikian video dan artikel ini supaya bermanfaat untuk anda. Jika anda ingin d0wnl0ad video dan sample data yang saya gunakan, silahkan klik disini untuk mengetahui caranya.




Sumber https://www.asifah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Merubah Layer Autocad Menjadi Standar Secara Otomatis"

Posting Komentar