Cara Merawat Rumput Gajah Mini Untuk Karpet Taman

Tentunya mempunyai pekarangan indah kolam hamparan permadani hijau menyejukkan mata ialah cita-cita anda bukan? Maka dari itu segala upaya anda lakukan untuk memperoleh pekarangan indah itu. Salah satu upaya yang terkenal dilakukan belakangan ini ialah upaya penanaman rumput hias. Pada artikel sebelumnya, telah dibahas tata cara penanaman salah satu tumbuhan rumput hias, yaitu rumput gajah mini.


Tentunya mempunyai pekarangan indah kolam hamparan permadani hijau menyejukkan mata ialah im Cara Merawat Rumput Gajah Mini Untuk Karpet Taman
Perawatan harus dilakukan untuk mendapat bentuk rumput gajah mini sesuai dengan keinginan anda.

Perlu diketahui bahwa sehabis menanam rumput gajah mini bukan berarti anda sudah harus lepas tangan dan membiarkannya begitu saja. Tidak ibarat jenis rumput yang banyak dipakai sebagai pakan ternak, tumbuhan yang banyak difungsikan sebagai tanaman ground cover ini memang sanggup tumbuh dengan mudah, namun hakikatnya perlu dilakukan perjuangan perawatan yang benar, biar rumput yang telah anda tanam sanggup menutupi tanah dengan sempurna, membuat halaman yang asri nan sejuk di rumah Anda. Sesuai dengan apa yang Anda harapkan.  Namun anda tidak perlu khawatir, merawat rumput ini tidak akan menyita banyak waktu anda. Adapun cara merawat rumput gajah mini adalah:



  • Pemupukan


Rumput gajah yang telah ditanam selama 20 hari diberi pupuk dasar ibarat pupuk urea atau pupuk NPK. Setelah sebulan, beri pupuk lagi. Hal ini akan menunjang pertumbuhannya lantaran pupuk merupakan nutrisi yang penting bagi tanaman. Pupuk yang dipakai sanggup berupa pupuk tunggal yang hanya tercampur satu unsur hara ibarat pupuk TSP, urea atau KCL. Bisa juga pupuk beragam yang tercampur beberapa unsur hara ibarat NPK.



  • Penyiraman


Tentunya mempunyai pekarangan indah kolam hamparan permadani hijau menyejukkan mata ialah im Cara Merawat Rumput Gajah Mini Untuk Karpet Taman
Proses penyiraman rumput gajah mini sebaiknya dilakukan dengan memakai gembor biar tidak terjadi genangan tanah yang sanggup membuat pertumbuhan rumput gajah mini menjadi kurang baik.

Cara penyiramannya memakai gembor atau semprotan halus yang mempunyai lubang-lubang kecil, hindari penggunaan gayung. Hal ini bertujuan biar pada ketika penyiraman, tidak akan terbentuk genangan air yang akan membuat tanahnya menjadi becek. Lakukan peroses penyiraman sebanyak 2 kali sehari dengan air tawar. Namun kalau ekspresi dominan penghujan, tidak perlu disiram. Karena pada ekspresi dominan penghujan, rumput akan tetap memndapatkan suplay air yang banyak.



  • Pengasingan gulma


Cabutlah gulma-gulma yang tumbuh di sekitarnya. Walaupun pertumbuhan gulma biasanya kalah bersaing oleh rumput gajah hijau, namun ada baiknya kalau tetap memperhatikannya.



  • Pemangkasan atau Edging


Proses pemangkasan dilakukan 1 atau 2 kali sebulan saja, lantaran rumput jenis ini tidak tumbuh lebat dengan cepat. Proses ini juga dikenal dengan proses edging atau pembatasan pertumbuhan rumput. Proses edging dilakukan biar pada ketika tumbuh lebat, daunnya tetap tertata rapi dan terlihat ibarat karpet sungguhan.



  • Penggemburan tanah


Penggemburan tanah kembali dilakukan pada ketika rumput ini sudah tumbuh subur, lantaran biasanya tanah akan menjadi kering dan keras. Penggemburan tanahnya sanggup dilakukan dengan cara mengungkit-ungkit tanahnya bertahap dengan memakai alat bantu garpu tanah. Upaya ini dilakukan untuk memudahkan perembesan air dan aerasi udara dalam tanah yang padat dan kering.



  • Pengendalian hama


Untuk menghilangkan hama atau penyakit tanaman, maka sanggup disemprotkan pestisida. Walaupun ulat pemakan daun sangat jarang ditemukan pada rumput gajah mini, namun kadang terdapat jamur yang tumbuh pada akarnya. Hal ini disebabkan lantaran bawaan pupuk ibarat pupuk sangkar yang kurang steril.



  • Peremajaan rumput


Tentunya mempunyai pekarangan indah kolam hamparan permadani hijau menyejukkan mata ialah im Cara Merawat Rumput Gajah Mini Untuk Karpet Taman
Proses peremajaan atau penghijauan kembali dilakukan ketika warna rumput gajah mini mulai menguning.

Rumput gajah mini yang telah tumbuh dalam waktu yang usang biasanya akan berkembang menjadi warna kekuningan. Untuk membuat warnya menjadi hijau segar kembali, maka perlu dilakukan proses peremajaan. Caranya dengan memotong seluruh rumputnya hingga menyisakan sedikit batangnya. Tunggulah hingga daunnya tumbuh lagi. Maka daun gres yang tumbuh akan berwarna hijau segar kembali.


Tentunya mempunyai pekarangan indah kolam hamparan permadani hijau menyejukkan mata ialah im Cara Merawat Rumput Gajah Mini Untuk Karpet Taman
Dengan perawatan telaten yang dilakukan pada rumput gajah mini di pekarangan anda , maka pekarangan rumah anda akan nampak lebih indah, sejuk dan segar.

Itulah cara perawatan rumput gajah mini yang telah anda tanam. Tidak sulit kan? Hanya membutuhkan ketekunan dan keuletan anda saja, maka anda akan mendapat bentuk rumput gajah mini sesuai dengan apa yang anda inginkan. Produk tumbuhan rumput pun gampang ditemukan, tinggal klik disini aja.


Semoga bermanfaat dan silahkan mencoba.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Merawat Rumput Gajah Mini Untuk Karpet Taman"

Posting Komentar