Cara Menyetir Kendaraan Beroda Empat Matic Bagi Pemula Yang Benar

Bagaimana cara menyetir kendaraan beroda empat matic yang baik dan benar ? Pertanyaan tersebut sering dilontarkan para pemula yang belum tahu sama cara menyetir. Namun bagi yang sudah sering memakai kendaraan beroda empat manual, maka kendaraan beroda empat matic terasa bagaikan surga. Pasalnya cara mengendarai kendaraan beroda empat matic sangatlah mudah. Kita tak perlu mengatur kopling dan perpindahan gigi, sebab semuanya tersaji secara otomatis.


Yah, banyak orang menentukan kendaraan beroda empat matic dikarenakan lebih nyaman dari kendaraan beroda empat manual, terutama ketika berada di kemacetan. Kita hanya perlu stop and go tanpa perlu menginjak kopling dan memindahkan gigi persneling. Namun apabila belum terbiasa harus hati-hati. Pasalnya sering terjadi salah injak antara pedal gas dan pedal rem, sehingga sanggup menyebabkan kecelakaan.




Sudah banyak kasus kecelakaan kendaraan beroda empat terjun dari daerah parkir sebab salah injak gas. Kami yakin semua pemilik kendaraan beroda empat matic tidak ingin mengalami hal tersebut. Oleh sebab itulah kami sarankan untuk mencar ilmu cara menyetir kendaraan beroda empat matic hingga benar-benar mahir sebelum membawanya ke jalan raya. Ada baiknya masbro tiba ke kursus stir kendaraan beroda empat biar sanggup mencar ilmu dari driver profesional yang sudah berpengalaman.


Bagi yang tak ingin mengeluarkan uang lebih untuk membayar biaya kursus stir kendaraan beroda empat matic, maka kami sarankan untuk meminta pemberian ke saudara, teman, atau kerabat yang sudah terbiasa mengendarai kendaraan beroda empat matic. Masbro juga sanggup mencar ilmu sendiri cara menyetir kendaraan beroda empat matic, namun harus hati-hati. Nah bagi yang masih resah cara memakai kendaraan beroda empat matic yang benar, silahkan simak warta berikut ini.


Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula


1. Pastikan Tuas Dalam Posisi P (Parkir)


Bagaimana cara menyetir kendaraan beroda empat matic yang baik dan benar  Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula Yang BenarSebelum menghidupkan mesin mobil, masbro harus memastikan posisi tuas berada pada posisi P (Parking) atau N (Normal). Jangan hingga posisi tuas berada pada posisi R (Reverse) yang sanggup diartikan sebagai posisi mundur. Hal ini sangat penting biar kendaraan beroda empat sanggup dihidupkan. Biasanya kendaraan beroda empat matic hanya sanggup dihidupkan ketika posisi tuas berada di P (Parking) atau N (Normal).


2. Jangan Langsung Hidupkan Mesin


Saat masbro memasukan kunci ke lubang kunci ada baiknya menunggu hingga jarum-jarum berputar dan semua indikator telah menyala. Beberapa kendaraan beroda empat matic juga mengeluarkan bunyi indikator ketika pertama kali memasukan kunci sebagai tanda sistem kelistrikan sudah hidup. Nah sesudah bunyi indikator mati, tinggal masbro memutar kunci ke posisi start


3. Injak Pedal Rem Saat Starter


Beberapa kendaraan beroda empat matic tidak akan sanggup hidup apabila masbro tidak menginjak dan menekan pedal rem. Oleh sebab itulah kami sarankan eksklusif menginjak rem ketika menstarter kendaraan beroda empat matic. Mungkin beberapa kendaraan beroda empat matic tidak memerlukan langkah ini, jadi silahkan sesuaikan dengan jenis kendaraan beroda empat yang masbro kendarai.


4. Menekan Pedal Rem Saat Memindahkan Tuas


Bagaimana cara menyetir kendaraan beroda empat matic yang baik dan benar  Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula Yang BenarSetelah mesin sudah menyala, selanjutnya masbro tinggal memindahkan tuas dari posisi R (Parkir) atau N (Netral) ke posisi tuas D (Maju) atau R (Mundur). Namun ketika memindahkan tuas persneling kami sarankan untuk menekan pedal rem untuk menghindari kerusakan mesin.


5. Pahami Fungsi Tuas Transmisi


Persneling atau tuas transmisi menjadi kepingan penting dari sebuah mobil. Nah rata-rata kendaraan beroda empat matic mempunyai pengaturan transmisi yang terdiri dari P (Parkir), D (Berjalan Maju), R (Berjalan Mundur), N (Netral), dan M (Mode Manual). Mungkin tak semua kendaraan beroda empat matic mempunyai pengaturan yang sama. Namun yang paling penting masbro harus memahami secara betul setiap fungsi transmisi tersebut biar tidak salah memindahan gigi transmisi.


6. Gunakan Mode Berkendara


Teknologi kendaraan beroda empat sudah semakin canggih. Sekarang sudah banyak kendaraan beroda empat yang dilengkapi fitur mode berkendara (Riding Mode). Masbro sanggup menentukan bermacam-macam mode, dan salah satunya ialah mode untuk berkendara ekonomis. Mode tersebut sangat cocok bagi masbro yang ingin mengendarai kendaraan beroda empat matic secara santai. Sedangkan ketika ingin berkendara cepat sanggup menentukan mode Sport yang nantinya akan memaksimalkan performa mesin.


7. Menggunakan Transmisi Manual


Bagaimana cara menyetir kendaraan beroda empat matic yang baik dan benar  Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula Yang BenarRata-rata kendaraan beroda empat matic dilengkapi mode manual. Pengoperasiannya sangat mudah, sebab tidak perlu menginjak kopling untuk berpindah gigi. Nah cara menyetir kendaraan beroda empat matic tersebut ialah dengan memindahkan tuas transmisi ke mode M (Manual). Lalu untuk berpindah gigi tinggal menggeser tuas (+) untuk menambah gigi dan tuas (-) untuk mengurangi gigi. Owh yah, jangan lupa untuk terlebih dahulu menekan pedal rem ketika berpindah ke mode manual.


Saat ini juga banyak kendaraan beroda empat matic yang dilengkapi fitur Paddle Shift. Fitur tersebut berada dibalik setir kemudi dan bertuliskan (+) pada posisi kanan yang berkhasiat menambah gigi dan (-) pada kepingan kiri untuk menurangi gigi. Berbahagialah bagai masbro yang mempunyai kendaraan beroda empat dengan fitur Paddle Shift, sebab perpindahan gigi menjadi semakin gampang hanya dengan sentuhan jari tangan tanpa harus meninggalkan kemudi.


8. Cara Menyetir Mobil Matic Di Tanjakan


Bagaimana cara menyetir kendaraan beroda empat matic yang baik dan benar  Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula Yang BenarBanyak orang beranggapan bahwa kendaraan beroda empat matic tidak bertenaga di tanjakan. Padahal setiap pabrikan sudah merancang produknya biar sanggup melibas semua medan jalan, baik itu jalan lurus, menanjak, maupun menurun. Kaprikornus masbro tak perlu khawatir mengenai cara menyetir kendaraan beroda empat matic di tanjakan, sebab intinya sama ketika melewati jalan lurus. Akan tetap cara menyetir kendaraan beroda empat matic ketika ditanjakan harus memperhatikan tingkat ketinggian jalan biar sanggup memakai gigi transmisi yang sesuai dengan kondisi jalan.


Apabila melewati tanjakan yang tak terlalu tinggi, maka sanggup memakai mode D (Drive). Namun apabila tanjakannya terlalu curam, maka kami sarankan untuk berpindah ke mode manual (M). Lalu masbro menambahkan gigi ke posisi D1, D2, kemudian D3 sesuai dengan kecepatan kendaraan beroda empat biar tenaga tidak Ngempos atau terasa berat. Nah sebagai contoh kecepatannya silahkan simak dibawah ini.



  • D1 : 0-30 km/jam

  • D2 : 40-50 km/jam

  • D3 : 60 km/jam


Tidak semua kendaraan beroda empat matic mempunyai layout transmisi D1, D2, dan D3 yang sama. Beberapa kendaraan beroda empat matic juga dilengkapi tuas transmisi L yang dikhususkan untuk melibas jalur menanjak yang cukup terjal. Ada baiknya masbro terlebih dahulu membaca buku manual kendaraan yang disertakan pada setiap mobil, sebab biasanya sudah tertulis setiap fungsi tuas transmisi.


9. Cara Mengemudi Mobil Matic di Turunan


Bagaimana cara menyetir kendaraan beroda empat matic yang baik dan benar  Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula Yang BenarSetelah mengetahui cara menyetir kendaraan beroda empat matic di tanjakan, kini giliran cara menyetir kendaraan beroda empat matic ketika berada di jalan yang menurun. Saat melewati jalan menurun lebih baik memakai mode D biar pengereman mesin sanggup beroperasi dengan maksimal. Selain itu, masbro sanggup memakai mode L ketika melewati turunan curam.


Sering kali pengendara kendaraan beroda empat matic menentukan mode N (Netral) sebab dianggap sanggup menghemat materi bakar. Padahal cara menyetir kendaraan beroda empat matic di turunkan tersebut sangat salah. Pasalnya posisi gigi netral akan menciptakan pengendara sulit mengontrol laju mobil. Kaprikornus lebih baik menentukan mode transmisi D atau L sesuai dengan layout transmisi kendaraan beroda empat matic yang masbro miliki.


10. Cara Mengendarai Mobil Matic Di Kemacetan


Salah satu alasan membeli kendaraan beroda empat matic ialah lebih nyaman ketika digunakan berkendara di kemacetan. Pasalnya kita tinggal Stop and Go dengan menginjak rem sebentar saja untuk menciptakan kendaraan beroda empat berhenti beberapa detik. Saat pedal rem di lepas, maka kendaraan beroda empat akan melaju pelan secara otomatis. Alhasil berkendara di kemacetan tidak cepat melahkan, berbeda dengan kendaraan beroda empat manual yang mengaruskan kita menginjak kopling dan mengatur tuas transmisi.


11. Cara Mengerem pada Mobil Matic Di Tikungan


Bagaimana cara menyetir kendaraan beroda empat matic yang baik dan benar  Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula Yang BenarHanya ada 2 pedal pada kendaraan beroda empat matic, yaitu pedal gas dan rem. Pengoperasian dua pedal tersebut lebih baik memakai kaki kanan secara bergantian biar tidak salah injak antara pedal gas dan rem. Namun bagi yang sudah terbiasa memakai kaki kanan untuk menginjak pedal gas dan kaki kiri untuk menginjak pedal rem tentu bukan menjadi dilema asalkan sudah mahir dan punya feeling yang pas ketika menginjak salah satunya.


Cara menyetir kendaraan beroda empat matic memang sanggup diubahsuaikan dengan kebiasaan masing-masing pengendara. Begitu pula dengan ketika mengerem. Namun ketika mengerem lebih baik menginjak pedal rem dengan lembut dan jangan mendadak. Terutama ketika berada di tikungan, sebab apabila mengerem mendadak dan membanting setir ke kanan atau ke kiri secara impulsif maka sanggup menciptakan kendaraan beroda empat kehilangan keseimbangan dan sanggup terguling.


12. Cara Menyetir Mobil Matic di Lampu Merah


Memang ada baiknya memakai satu kaki untuk menginjak pedal gas dan rem demi keamanan. Lalu bagaimana cara menyetir kendaraan beroda empat matic ketika berada di lampu merah ? Saran kami ialah memakai transmisi mode N (Netral) dengan pemberian Parking Brake ketika berhenti sekitar 60 detik atau lebih. Hal ini bertujuan biar kaki tidak pegal menginjak rem dan untuk menjaga biar kendaraan beroda empat tidak maju secara tiba-tiba.


Jangan lupa menurunkan atau menonaktifkan Parking Brake ketika kendaraan beroda empat akan jalan. Namun apabila berhenti di lampu merah kurang dari 30 detik lebih baik terus menginjak pedal rem tanpa perlu mengganti transmisi dari D (Drive) ke N (Netral) biar kendaraan beroda empat sanggup eksklusif jalan ketika pedal rem di lepas.


13. Cara Menyetir Mobil Matic Saat Mundur


Bagaimana cara menyetir kendaraan beroda empat matic yang baik dan benar  Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula Yang BenarApabila ingin memundurkan kendaraan beroda empat matic, masbro harus memindahkan tuas persneling ke posisi R (Reverse). Jangan lupa untuk menginjak rem kaki terlebih dahulu hingga kendaraan berhenti total, kemudian masbro tinggal memindahkan gigi ke posisi R dan tinggal mengatur gas secara perlahan. Apabila pedal gas tidak diinjak, maka kendaraan beroda empat akan mundur secara otomatis jadi jangan lupa untuk menginjak rem ketika ingin mundur.


14. Cara Aman Parkir Mobil Matic


Setiap orang mempunyai keahlian parkir berbeda-beda. Bagi yang sudah mahir niscaya mempunyai feeling yang pas untuk memposisikan kendaraan beroda empat sesuai lokasi parkir. Nah ketika parkir memakai kendaraan beroda empat matic lebih baik biarkan kendaraan beroda empat maju atau mundur secara otomatis ketika memakai posisi D atau R tanpa perlu menekan pedal gas biar konsentrasi kita hanya tertuju pada area parkir dan pedal rem untuk menghentikan mobil.


15. Tips Saat Meningkalkan Mobil


Setelah mendapat posisi parkir yang pas, tentu masbro akan meningkatkan kendaraan diparkiran. Sebelum mematikan mesin pastikan posisi tuas pada mode P dan jangan lupa mengaktifkan parking brake. Sebelum itu jangan lupa menginjak pedal rem hingga kendaraan beroda empat dalam keadaan berhenti total. Setelah itu tarik parking brake atau rem tangan hingga full, kemudian tinggal memindahkan tuas persneling dari “D” ke “P”. Apabila semua cara menyetir kendaraan beroda empat matic tersebut dilakukan, selanjutnya tinggal cabut kunci dan keluar dari mobil.


Cara menyetir kendaraan beroda empat matic di atas sanggup menjadi panduan untuk mengemudikan kendaraan beroda empat matic secara benar dan aman. Namun sering kali beberapa orang asal-asalan dalam mengendarai kendaraan beroda empat matic sehingga berakibat kerusakan pada beberapa komponen transmisi matic yang otomatis membutuhkan biaya perbaikan hingga jutaan. Nah untuk menghindari hal tersebut, lebih baik masbro mengikuti tips-tips cara menyentir kendaraan beroda empat matic berikut ini


16. Gunakan Parking Brake


Bagaimana cara menyetir kendaraan beroda empat matic yang baik dan benar  Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula Yang BenarSaat berhenti dalam waktu lama. Masbro harus eksklusif memindahkan tuas transmisi ke Posisi P (Parkir), dan jangan lupa menarik rem tangan atau Parking Brake ketika parkir meski tuas transmisi pada posisi P agar transmisi tidak bekerja terlalu ekstra dalam menahkan mobil, terutama ketika parkir di medan yang menurun.


17. Pakai Mode Transmisi Yang Sesuai


Sering kali pengguna kendaraan beroda empat matic salah memakai transmisi ibarat ketika melewati jalanan tanjakan atau turunan curam. Masbro harus menyesuaikan mode transmisi sesuai dengan medan yang dilalui biar tenaga tidak ngempos dan bensin tidak boros.


18. Jangan Gunakan Mode N Saat Di Turunan


Kami yakin banyak orang yang memakai mode N (Netral) ketika melewati jalanan menurun dengan tujuan untuk menghemat materi bakar. Namun nyatanya cara menyetir kendaraan beroda empat matic tersebut sangat salah, sebab lebih baik memposisikan tuas ke D atau L ketika berada diturunan.


19. Jangan Pindahkan Tuas Dari “D” ke “R” Sebelum Mobil Berhenti


Tips cara menyetir kendaraan beroda empat matic selanjutnya ialah jangan memindahkan tuas dari D ke R ketika kendaraan beroda empat belum berhenti. Apabila hal ini dilakukan secara terus menerus maka nantinya sanggup merusak komponen transmisi. Komponen yang rusak tentu harus diganti. Nah apabila hal ini terjadi, maka masbro harus menyiapkan uang sangat banyak untuk overhaul transmisi yang biasanya membutuhkan biaya berkisar mulai 3 Jutaan hingga 20 Jutaan tergantung dari kerusakan komponen yang harus diganti.


20. Tips Merawat Mobil Matic


Bagaimana cara menyetir kendaraan beroda empat matic yang baik dan benar  Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula Yang BenarSetelah mengetahui cara menyetir kendaraan beroda empat matic dengan baik dan benar. Sekarang giliran kita membahas mengenai cara merawatan transmisi kendaraan beroda empat matic. Yah, setiap komponen kendaraan beroda empat memang butuh perawatan biar mempunyai masa pakai yang usang dan tidak cepat rusak. Caranya ialah dengan selalu melaksanakan service secara terjadwal untuk mengecek setiap kepingan mesin, terutama pada kepingan transmisi.


Mobil matic juga membutuhkan pelumus khusus untuk melumasi kepingan transmisi. Biasanya digantik secara terjadwal setiap 25.000 km dan maksimal hingga 50.000 km. Masbro jangan asal menentukan oli transmisi, sebab harus diubahsuaikan dengan jenis mobil. Ada baiknya mengikuti rekomendasi produsen kendaraan beroda empat dalam menentukan oli transmisi biar kekentalannya sesuai dengan standar yang ditentukan setiap pabrikan.
















Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Bagaimana cara menyetir kendaraan beroda empat matic yang baik dan benar  Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula Yang BenarHarga Helm AraiBagaimana cara menyetir kendaraan beroda empat matic yang baik dan benar  Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula Yang BenarHarga Helm Shoei
Bagaimana cara menyetir kendaraan beroda empat matic yang baik dan benar  Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula Yang BenarCara Jumper Aki MobilBagaimana cara menyetir kendaraan beroda empat matic yang baik dan benar  Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula Yang BenarTekanan Ban Mobil

Nah itulah warta mengenai cara menyetir kendaraan beroda empat matic yang sanggup masbro jadikan panduan ketika mencar ilmu mengendarai motor matic. Apabila mengikuti tips-tips otomotif di atas, kami yakin masbro akan eksklusif jago. Namun jikalau masih ragu mencar ilmu sendiri, maka ada baiknya masbro memakai jasa kursus stir kendaraan beroda empat biar mendapat ilmu menyetir kendaraan beroda empat matic dari yang sudah berpengalaman dan terlihat secara profesional.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menyetir Kendaraan Beroda Empat Matic Bagi Pemula Yang Benar"

Posting Komentar